8 Rekomendasi Aplikasi Selain Whatsapp - IDS Digital College

8 Rekomendasi Aplikasi Selain Whatsapp yang Lebih Menjaga Privasi Penggunanya

Ketika perusahaan media sosial raksasa seperti Facebook (sekarang Meta) membeli messaging app seluler favorit semua orang, WhatsApp, pengguna dijanjikan jika data mereka akan bersifat pribadi dan bahwa para pengguna WhatsApp tidak akan tunduk pada hal-hal kurang jujur yang telah kita ketahui oleh Mark Zuckerberg dan krunya. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak privasi yang diambil dari pengguna Whatsapp atas nama “data analitik.”

Lewatlah sudah hari-hari ketika kamu dapat mempercayai aplikasi ini sepenuhnya secara pribadi dan tidak berharap mendapatkan data yang ditambang untuk informasi berharga informasi yang dapat dengan mudah dijual kepada pengiklan. Di sini kami menunjukkan alternatif terbaik selain WhatsApp yang benar-benar menjaga privasi penggunanya.

Aplikasi Selain Whatsapp

Fitur Utama Alternatif WhatsApp yang Baik

Ada beberapa fitur utama WhatsApp yang ingin kami lihat direplikasi dalam messaging app alternatif ini. Salah satunya adalah messaging app tersebut harus terasa seperti obrolan yang modern dan bersih. Aspek penting lainnya adalah bahwa aplikasi ini harus menawarkan panggilan (video dan suara). Ini lah mengapa begitu banyak orang berduyun-duyun memiliki WhatsApp untuk kebutuhan komunikasi mereka. Selama bertahun-tahun aplikasi milik Facebook telah berubah menjadi semacam FaceTime untuk pengguna Android. Ini juga disukai oleh penggunanya yang melakukan panggilan di luar negara.

Sementara WhatsApp memiliki enkripsi, dengan Facebook dalam persamaan, sulit untuk mengatakan dengan tepat apa yang mereka akses. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, melalui artikel ini kita akan melihat beberapa aplikasi obrolan selain WhatsApp yang dirancang dengan rapi dengan panggilan dan end-to-end encryption yang sebenarnya.

  1. Element

Sebelumnya dikenal sebagai Riot.im, Element (Android | iOS | Web) menggunakan Matrix sebagai backend. Element adalah aplikasi obrolan luar biasa bagi mereka yang menyukai open source dari awal hingga akhir. Semuanya dari sistem obrolan, protokol obrolan, dan perangkat lunak konferensi video adalah sumber terbuka. Ini menjelaskan mengapa Element sangat menghormati privasi Anda.

Dalam komunitas open source, orang umumnya sangat sadar akan privasi mereka. Jadi mereka akan sering melihat kode sumber untuk memastikan perangkat lunak yang mereka andalkan aman untuk digunakan.

Penyiapan akun Element sederhana daftar langsung dari aplikasi tanpa nomor telepon (nilai tambah yang besar jika kamu tidak memiliki akses ke nomor tersebut). Opsi aplikasi cukup transparan, dan terdapat aplikasi desktop juga. Untuk pengguna FOSS-to-the-hilt, kami dengan senang hati merekomendasikan Element.

  1. Wire

Wire (Android | iOS) memungkinkanmu mendaftar menggunakan nomor telepon atau alamat email, yang merupakan nilai tambah yang baik. Aplikasi ini menggunakan protokol perpesanan Proteus untuk menyediakan end-to-end encryption untuk pesan teks.

Kami harus menyebutkan disini bahwa baik Proteus dan aplikasi Wire telah diaudit secara publik, yang merupakan sesuatu yang tidak dapat dibanggakan oleh banyak aplikasi lain. Untuk panggilan suara dan video, end-to-end encryption disediakan melalui DTLS dengan bantuan SRTP. Hal ini mempertahankan integritas pesan dan mencegah penyadapan dan gangguan.

Adapun fitur untuk penggunaan sehari-hari, Wire mengemas semua hal yang tepat. Termasuk hal-hal seperti panggilan video grup, berbagi layar, dan opsi penghapusan pesan yang telah terkirim. Aplikasi ini dapat diakses secara gratis untuk penggunaan pribadi, tetapi untuk akun bisnis penggunaannya berbayar.

  1. Telegram

Telegram (Android | iOS | Web) mungkin merupakan alternatif yang paling layak untuk WhatsApp. Sebagai permulaan, pengaturannya sangat sederhana. Ini memandumu melalui semuanya langkah demi langkah, dan sangat mudah untuk mulai mengobrol dengan kontak yang kamu simpan.

Plus, pada dasarnya Telegram memiliki fitur yang sebanding seperti pesan suara dan video, sistem login berbasis nomor telepon, stiker, emoji, bot obrolan, grup, saluran, dan banyak lagi. Seiring dengan fitur-fitur keren itu, kamu dapat mengintegrasikannya dengan asisten digital di smartphone

Yang terbaik adalah, kamu dapat dengan mudah mengimpor obrolan WhatsApp ke Telegram. Selain itu, kamu dapat menggunakan Telegram di web atau langsung di desktop Windows, Mac, atau Linux. Yang terpenting, Telegram mendukung end-to-end encryption untuk obrolan dan panggilan rahasia, serta two-step verification.

  1. Signal

Signal (Android | iOS) juga tersedia di Windows, macOS, Linux, dan Chrome. Aplikasi ini dirancang dengan prinsip yang mirip dengan Telegram. Komunikasi pribadi didasarkan pada nomor telepon, dan mereka menjanjikan akan menghindari biaya SMS dan MMS, karena nomormu hanya digunakan sebagai ID dan bukan titik transmisi.

Signal adalah sistem obrolan sumber terbuka yang paling didukung berdasarkan dari advokat privasi Edward Snowden yang terkenal, meskipun agak kontroversial.

Signal memberikan keseimbangan sempurna antara pribadi dan tetap menyenangkan untuk digunakan. Jika kamu mencari alternatif untuk WhatsApp, Signal menawarkan sebagian besar fitur yang kamu harapkan termasuk 2FA, pesan yang hilang, dan verifikasi komunikasi yang aman.

Di era privasi Internet ini, semakin jelas bahwa jika tidak ada produk, kamu dan data milikmu adalah produknya. Itulah mengapa lebih penting dari sebelumnya untuk mengembalikan privasi pribadi ke tangan sendiri, dimulai dengan aplikasi seperti ini.

Aplikasi Selain Whatsapp

  1. Wickr Me

Wickr Me mungkin dalam dukungan terbaik dari aplikasi perpesanan berorientasi privasi, Wickr Me (Android | iOS) dilaporkan digunakan oleh jurnalis, pemimpin dunia, dan profesi lain yang ingin menjaga privasi bisnis pribadi mereka.

Seperti Element, Wickr Me tidak memerlukan nomor telepon untuk masuk dan berisi segala macam fitur konyol dan menyenangkan, seperti stiker dan emoji. Tapi di situlah kesamaannya berakhir. Wickr tidak menyimpan kontak kamu di servernya, tidak menyimpan metadata, dan menghapus pesan secara permanen dari ponsel saat kamu memintanya. Aplikasi ini gratis, tidak melibatkan iklan, dan sangat banyak mengenkripsi data.

  1. Delta Chat

Delta Chat (Android | iOS | Web) adalah aplikasi menarik yang layak mendapat tempat di daftar ini. Secara teknis, Delta Chat adalah aplikasi email tetapi memiliki antarmuka obrolan modern yang melekat di dalamnya untuk kenyamanan maksimal.

Delta Chat bekerja dengan memungkinkanmu mengirim pesan ke hampir semua orang, kamu hanya perlu alamat email mereka. Penerima pesanmu tidak perlu menggunakan Delta Chat sendiri dan dapat membalas pesanmu langsung dari email. Kamu kemudian akan melihat balasan mereka di Delta Chat. Cukup nyaman, bukan?

Delta terlihat seperti aplikasi obrolan biasa (walaupun antarmukanya tidak semodern dalam kasus lain), tetapi kabar baiknya adalah, aplikasi ini tidak melibatkan pelacakan dan kontrol terpusat. Tidak ada server Delta yang membuat informasi pribadi pengguna dapat diunggah.

Aplikasi mengatur end-to-end encryption secara otomatis saat obrolan dimulai. Hal ini tidak hanya berfungsi di antara aplikasi Delta Chat, tetapi juga dengan aplikasi email lainnya (asalkan mereka mendukung standar enkripsi Autocrypt Level 1).

Pengguna dapat menambahkan akun ke Delta Chat sebanyak yang mereka inginkan dan bahkan dapat menggunakan aplikasi tanpa nomor telepon. Aplikasi ini pasti patut dicoba.

  1. Conversations

Conversations (Android) adalah messaging dan VoIP app yang benar-benar membuat kamu membayar uang untuk menggunakannya. Meskipun membayar beberapa dolar untuk sebuah aplikasi mungkin tampak aneh di zaman sekarang ini, jika perhatian utama kamu adalah privasi, maka uang yang kamu keluarkan benar-benar harga yang kamu dapatkan untuk itu, mengingat bahwa aplikasi “gratis” cenderung mengandalkan data ke tingkat yang lebih tinggi atau tingkat yang lebih rendah untuk menghasilkan uang.

Conversations adalah aplikasi gratis dan sumber terbuka berdasarkan protokol Jabber/XMPP. Perusahaan menggunakan server XMPP-nya sendiri dan berjanji untuk “tidak pernah mengunggah data ke pengembang.” Fakta bahwa aplikasi ini open source berarti siapa pun dapat membuka GitHub untuk melihat apa yang terkandung dalam kode (misalnya masalah privasi yang cerdik) dan memberikan kontribusi sendiri. Conversations adalah aplikasi yang berkomitmen untuk terbuka.

Kamu tidak perlu menggunakan akun Google atau nomor telepon di sini, dan hanya membutuhkan sedikit izin (walaupun tentu saja akan memerlukan akses kamera dan mikrofon jika kamu ingin menggunakan fitur video dan suaranya). Aplikasi perpesanan ini sangat hemat pada baterai juga!

  1. Threema

Threema (Android | iOS | Web) adalah alternatif berbayar. Bagian terbaik tentang layanan ini adalah dapat digunakan sepenuhnya secara anonim, tanpa kamu harus membagikan apa pun yang tidak kamu inginkan seperti email atau nomor telepon.

Seperti banyak entri dalam daftar ini, Threema adalah open source dan kode perangkat lunaknya dapat dilihat oleh siapa saja. Aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan panggilan suara dan video end-to-end encryption, serta membuat polling. Di Android, pengguna juga dapat memanfaatkan daftar distribusi yang memungkinkan penggunanya mengirim pesan ke banyak penerima.

Dengan Threema, metadata akan  dijaga seminimal mungkin. Misalnya, aplikasi ini menegaskan bahwa mereka tidak menyimpan catatan tentang siapa yang bertukar pesan dengan siapa. Akses Threema membutuhkan satu kali pembayaran $3,99, yang bukan jumlah yang besar jika kamu benar-benar menghargai privasimu.

 

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Bagaimana saya bisa mempertahankan percakapan WhatsApp saya?

Kamu dapat mengekspor riwayat obrolan WhatsApp dalam format .txt dari aplikasi. Jika kamu beralih ke aplikasi alternatif WhatsApp, periksa apakah aplikasi perpesanan tersebut memungkinkan kamu untuk mengimpor obrolan dari WhatsApp. Telegram adalah salah satu aplikasi yang memiliki fitur ini.

Apakah menggunakan WhatsApp berbahaya?

Salah satu masalah utama dengan aplikasi perpesanan populer adalah bahwa mereka sekarang dimiliki oleh Meta (sebelumnya Facebook) dan membuat penderitaan dengan banyak bahaya privasi yang sama dengan perusahaan induknya. Ini mungkin salah satu alasan utama mengapa sejumlah besar pengguna memilih untuk bermigrasi ke platform yang berbeda.

Dengan mengesampingkan Meta dan praktiknya yang meragukan, WhatsApp masih menghadapi risiko keamanan lainnya. Misalnya, WhatsApp Web dapat menjadi tempat yang kaya untuk aktivitas kejahatan dunia maya seperti peretas yang menyebarkan perangkat lunak berbahaya sebagai aplikasi desktop WhatsApp. Selain itu, WhatsApp diketahui terlibat dalam penyebaran berita dan informasi palsu di berbagai wilayah di dunia. Untungnya, perusahaan menerapkan beberapa perubahan yang dimaksudkan untuk mencegah praktik ini seperti membatasi penerusan. Meski begitu, kemungkinan mendapatkan pesan acak yang sifatnya meragukan masih membayangi.

Pada aplikasi alternatif Whatsapp yang memerlukan nomor telepon untuk masuk, siapa yang dapat melihat nomor saya setelahnya?

Itu tergantung pada aplikasi yang kamu gunakan. Misalnya, Telegram memungkinkan penggunanya membatasi visibilitas nomor telepon sendiri. Kamu dapat melakukannya dari “Pengaturan-> Privasi & Keamanan-> Nomor telepon.” Namun, pada Signal, opsi ini tidak tersedia. Periksa pengaturan aplikasinya untuk melihat apakah kamu dapat menyembunyikan nomor telepon pribadi dari orang yang telah kamu tambahkan sebagai kontak di aplikasi.

Sumber: maketecheasier.com

Posted in: News



    WhatsApp chat