Fitur Baru WhatsApp, Edit Pesan yang Telah Dikirim - IDS Digital College

Fitur Baru WhatsApp, Bisa Edit Pesan yang Telah Dikirim

Di jaman ini siapa sih yang tidak menggunakan WhatsApp

WhatsApp Messenger merupakan aplikasi perpesanan instan yang menyediakan layanan bertukar pesan, panggilan suara dan video. 

Aplikasi ini mulai diluncurkan secara gratis pada tahun 2009. Untuk dapat bertukar pesan atau menerima panggilan, pengguna dapat menggunakan koneksi seluler ataupun melalui koneksi Wifi. 

Bagian menarik dari WhatsApp yang menjadikannya banyak disukai banyak orang adalah, aplikasi ini dapat digunakan secara lintas platform, baik di ponsel maupun di komputer, ia tetap berfungsi secara baik di berbagai sistem. Sehingga pengguna dapat menggunakan WhatsApp di mana saja dan kapan saja.

Sebagai pengguna WhatsApp kamu sudah tahu belum kalau aplikasi perpesanan instan ini punya pembaruan baru terkait fitur pengiriman pesan?

WA

Fitur terbaru ini juga sudah ditunggu-tunggu kehadirannya bagi pengguna WhatsApp. 

Saat mengirim pesan di WhatsApp pasti kita sering mengirimkan pesan yang salah tik atau bahkan kita sering menyesal dengan susunan kalimat yang rasanya tidak pas.

Kabar gembiranya kini pengguna WhatsApp dapat mengedit pesan yang telah mereka kirim. 

Sehingga kamu tidak perlu lagi khawatir dengan pesan typo atau salah tik yang terlanjur terkirim. Sekarang, kamu bisa mengedit pesan dengan cepat dan mudah. 

Info ini pertama kali dikabarkan oleh WABetaInfo pada bulan Juni 2022 bahwa WhatsApp akan memiliki fitur edit pesan. Saat itu, informasi yang dilayangkan WABetaInfo masih belum jelas, hanya sedikit penjelasan yang diungkapkan mereka saat itu. 

Selang beberapa bulan, WABetaInfo akhirnya memberikan informasi yang lebih lengkap mengenai cara kerja fitur edit pesan di WhatsApp. Pengguna dapat menemukan fitur ini dengan melakukan update aplikasi. Fitur terbaru ini dapat ditemukan di WhatsApp beta versi 2.22.22.14. 

Pengguna WhatsApp bisa mengedit pesan dengan melakukan tap dan tahan pesan yang ingin diedit, kemudian klik ikon tiga titik di sudut kanan atas, lalu pilih edit, setelahnya kamu dapat mengedit pesan WhatsApp yang telah terkirim.

WhatsApp memberikan waktu selama 15 menit kepada pengguna untuk mengedit pesan yang telah mereka kirim. Waktu ini jauh lebih singkat daripada fitur edit pesan yang dimiliki Telegram yang memungkinkan penggunanya dapat mengubah isi pesan bahkan setelah 48 jam pesan terkirim.

Nantinya, pesan yang telah diedit akan memiliki label “Edited” di sisi sebelah kanan pesan, seperti yang dibagikan oleh WABetaInfo. Sebuah indikator yang menunjukkan jika pesan tersebut telah mengalami pengubahan.

WA

Namun, masih belum diketahui apakah WhatsApp bakal menampilkan riwayat edit pesan seperti yang telah dimiliki Twitter.

WABetaInfo juga menambahkan jika pesan WhatsApp dapat benar-benar bisa diedit jika penerima pesan telah mengaktifkan perangkatnya dalam jangka waktu tertentu. Dapat terlihat jika fitur ini memiliki cara kerja yang sama dengan fitur hapus pesan. 

Karena fitur ini dapat bekerja di versi WhatsApp beta terbaru, maka penerima pesan juga harus memiliki aplikasi WhatsApp versi terbaru.

Sayangnya, fitur yang telah ditunggu-tunggu pengguna WhatsApp ini masih berada dalam tahap pengembangan sehingga belum sepenuhnya untuk beta tester. 

Begitu fitur ini diluncurkan, maka fitur edit pesan di WhatsApp akan langsung tersedia untuk WhatsApp beta di Android, Ios, dan Desktop. 

Setidaknya, meskipun pembaruan fitur baru WhatsApp edit pesan ini masih dalam tahap uji coba, namun kita tetap dapat mengetahui sejumlah informasi tambahan menjelang perilisan resminya.

Lebih baik kita tunggu saja, kapan fitur baru WhatsApp edit pesan ini benar-benar diluncurkan dan dapat digunakan seluruh pengguna. 

Posted in: News



    WhatsApp chat