Perhatikan Hal Ini Saat Belajar Coding - IDS Digital College

Ingin Belajar Coding? Ini Hal yang Harus Kamu Lakukan

Siapa dari kalian yang ingin belajar coding? tapi sebelumnya kalian harus tau terlebih dahulu apa itu coding. Coding adalah salah satu skill  yang saat ini tengah ramai dibutuhkan dalam dunia kerja. Berbagai perusahan kini kian gencar mencari SDM yang memiliki kemampuan ini. Coding memiliki peran penting dalam pengembangan software dan pemrograman komputer.

Bagi kamu yang ingin mempelajari kemampuan satu ini, kamu bisa banget mempelajarinya tanpa harus mengenyam bangku kuliah atau pendidikan formal.

Berikut 9 tips belajar coding yang bisa kamu ikuti!

Pahami Konsep Dasar Coding

menguasai coding

Sebelum kamu sampai ke tahap mempelajari bahasa pemrograman, terlebih dahulu kamu harus memahami konsep dasar coding. Adapun konsep coding diantaranya:

  • Variabel

Variabel yang dimaksud disini adalah nilai, angka, character string, maupun memory address yang digunakan oleh programmer untuk membuat sebuah program.

  • Control Structure

Control Structure merupakan serangkaian blok pemrograman yang berfungsi untuk menganalisis variabel dan menentukan arah selanjutnya.

  • Struktur Data

Struktur Data merupakan format khusus yang digunakan untuk menganalisis serta menyimpan data sesuai tujuan tertentu.

  • Syntax

Syntax adalah kode atau script yang dipahami oleh komputer sesuai dengan tujuan dari programmer

  • Tools

Tool merupakan serangkaian program komputer yang berguna menciptakan, memelihara, mendukung dan menjalankan debug terhadap software

Menemukan Bahasa Pemrograman yang Tepat

bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman yang digunakan biasanya sesuai dengan tujuan coding sendiri. Maka dari itu, tentukan dahulu tujuan coding agar bahasa pemrograman yang digunakan tepat.

Adapun bahasa pemrograman yang digunakan berbeda-beda. Contohnya bahasa pemrograman untuk sebuah situs tentu berbeda dengan yang diperuntukkan perancang mobile game.

Kebanyakan bahasa coding mempunyai konsep dasar yang serupa sehingga bisa digunakan oleh pemula sekalipun.

Pelajari Bahasa Pemrograman Secara Perlahan

Bagi seorang pemula yang ingin belajar coding, terlebih dahulu kamu sebaiknya fokus mempelajari suatu jenis bahasa pemrograman satu persatu. Hal ini bertujuan agar kamu tidak kebingungan dengan beragam syntax.

Adapun bahasa pemrograman yang cukup sederhana dan bisa kamu pelajari terlebih dahulu yaitu bahasa pemrograman Python, JavaScript, atau HTML/CSS/. Namun tak menutup kemungkinan kamu mempelajari HTML dan CSS secara bersamaan.

Pelajari Dasar dari Bahasa Pemrograman

Untuk mengerti bahasa pemograman hal yang harus dilakukan dengan mempelajari dari dasarnya. Contoh, jika kamu ingin mempelajari Python, maka cobalah dengan mempelajari bagian pengenalan dan tutorial.

Mengikuti Kursus Coding

Saat ini beragam online course yang bisa diakses untuk belajar coding. Bentuk online course yang hadir kian beragam mulai dari berbasis teks, video tutorial, dari yang paling dasar, hingga untuk tingkat profesional.

Selain itu, terdapat juga course interaktif, dimana penggunanya tidak hanya sekedar mendengar materi saja, namun diajak untuk praktek langsung mengenai materi yang spesifik.

Kamu bisa mencoba belajar melalui berbagai situs mulai dari berbayar hingga gratis seperti Codecademy, Code.org, Khan Academy, bahkan Scratch.

Belajar Coding yang Telah Dibuat Orang Lain

Cobalah untuk temukan coding yang telah dibuat orang lain. Biasanya potongan coding ini open source i yang bisa diakses oleh semua orang. Jika sudah, maka amati beberapa aspek berikut:

  • Apakah metode yang digunakan setiap line coding tergolong efektif?
  • Apakah terdapat kesalahan dalam potongan coding yang ditemukan?
  • Bagaimana cara mengubah fungsi dari suatu kode?

Belajar Coding dari Game Online

Kamu bisa mempelajari coding android  melalui game online yang dibuat oleh developers. Saat ini banyak game.

Saat ini banyak game online yang dibuat berdasarkan bahasa pemrograman Java, JavaScript hingga C++. Seperti Angry Birds, Counter Strike, Polycraft, Football Pro dan lain-lain.

Banyak Membaca Buku

Tak dapat dipungkiri buku adalah sumber ilmu. Kamu bisa mempelajari coding dengan banyak membaca buku pemrograman seperti buku karya Elizabeth Tweedale berjudul ‘Coding Membuat Program’ yang telah dialihbahasakan. Ada pula buku karya Yuniar Supardi dengan judul ‘Coding Android bagi Pemula’

Bergabung Komunitas

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menjadi seorang coding pemula adalah bergabung di komunitas-komunitas. Disana kamu akan bertemu banyak programmer dan developer yang bisa kamu jadikan teman diskusi bahkan mentor nantinya.

Posted in: News



    WhatsApp chat