Ini Alasan Apple Tak Ingin Kembangkan iMessage di Perangkat Android - IDS Digital College

Ini Alasan Apple Tak Ingin Kembangkan iMessage di Perangkat Android

Saat mendengar aplikasi instant messaging, mungkin kamu nggak asing sama yang namanya WhatsApp, Line, atau Telegram. Namun bagi pengguna iOS, mereka pasti akrab dengan yang namanya iMessage. Bagi seorang developer atau kamu yang tengah mengambil program ekstensi D3 ke S1 jurusan Teknik Informatika, mengerti bagaimana cara mengembangkan sebuah aplikasi di OS tertentu bisa diakses di berbagai sistem operasi pada perangkat mobile. Namun tetap saja, Apple tidak ingin membuat iMessage versi Android. Apa alasannya? Tidak Ingin Pengguna Beralih ke Perangkat Android Apple sendiri menganggap iMessage jadi salah satu alasan pengguna untuk tetap berada di dalam ekosistem mereka. Karena inilah, perusahaan tersebut secara sengaja tidak mengembangkan aplikasi pesan instan tersebut ke versi Android. Hal ini bertujuan agar pengguna tidak beralih ke perangkat dengan sistem operasi dari Google tersebut. Kabar ini terungkap dalam disposisi dan email dari karyawan Apple, termasuk beberapa eksekutif tingkat tinggi di manajemen perusahaan dalam surat yang diajukan oleh Epic Games di pengadilan. Epic berpendapat bahwa Apple sengaja membuat pelanggannya berada di dalam ekosistem mereka dan iMessage jadi salah satu layanan yang penting. Pengguna Sengaja Dikunci Menggunakan iMessage Dilansir dari laman The Verge, kabar terkait iMessage yang tidak ingin dikembangkan ke versi Android diperkuat oleh pernyataan wakil presiden senior Apple untuk Software dan Internet Service, Eddy Cue, wakil presiden Senior Software Engineer, Craig Federighi dan Apple Fellow, Phil Schiller. “Alasan utama dan tersulit untuk meninggalkan ekosistem aplikasi Apple adalah iMessage. iMessage sama dengan penguncian yang serius,” tulisnya. Apple Berpotensi Akan Merugi Phill juga menjelaskan alasan mengapa tidak ada pengembangan terkait iMessage di Android, “Memindahkan iMessage ke Android akan lebih merugikan kami ketimbang membantu kami,” tulisnya. Berdasarkan informasi Epic, mengutip Eddy Cue, Apple memutuskan tidak mengembangkan iMessage untuk Android pada awal 2013, setelah peluncuran layanan pengiriman pesan tersebut di iOS 5. Cue mengakui, Apple sebenarnya bisa saja membuat versi di Android yang bekerja dengan iOS sehingga pengguna dari kedua platform dapat bertukar pesan dengan mulus satu sama lain. Namun, versi tersebut tidak pernah dikembangkan. Ternyata Apple bukan tidak mampu mengembangkan iMessage agar digunakan di Android, tapi perusahaan tersebut memiliki alasan lain. Setelah menyimak informasi di atas, apakah kamu tertarik dalam mengembangkan aplikasi dan software? Kalau iya, yuk kuliah jurusan Teknik Informatika di IDS Digital College! Nggak cuma itu, kamu juga bisa mengambil program ekstensi D3 ke S1, lho. Mau tau informasi lebih lanjut? Kunjungi langsung website-nya, ya.

Saat mendengar aplikasi instant messaging, mungkin kamu nggak asing sama yang namanya WhatsApp, Line, atau Telegram. Namun bagi pengguna iOS, mereka pasti akrab dengan yang namanya iMessage. Bagi seorang developer atau kamu yang tengah mengambil program ekstensi D3 ke S1 jurusan Teknik Informatika, mengerti bagaimana cara mengembangkan sebuah aplikasi di OS tertentu bisa diakses di berbagai sistem operasi pada perangkat mobile. Namun tetap saja, Apple tidak ingin membuat iMessage versi Android. Apa alasannya?

Tidak Ingin Pengguna Beralih ke Perangkat Android

Apple sendiri menganggap iMessage jadi salah satu alasan pengguna untuk tetap berada di dalam ekosistem mereka. Karena inilah, perusahaan tersebut secara sengaja tidak mengembangkan aplikasi pesan instan tersebut ke versi Android. Hal ini bertujuan agar pengguna tidak beralih ke perangkat dengan sistem operasi dari Google tersebut.

Baca Juga: Apple Music Tambahkan Fitur Gratis Dolby Atmos, Dengerin Lagu Makin Asyik!

Kabar ini terungkap dalam disposisi dan email dari karyawan Apple, termasuk beberapa eksekutif tingkat tinggi di manajemen perusahaan dalam surat yang diajukan oleh Epic Games di pengadilan. Epic berpendapat bahwa Apple sengaja membuat pelanggannya berada di dalam ekosistem mereka dan iMessage jadi salah satu layanan yang penting. 

Pengguna Sengaja Dikunci Menggunakan iMessage

Dilansir dari laman The Verge, kabar terkait iMessage yang tidak ingin dikembangkan ke versi Android diperkuat oleh pernyataan wakil presiden senior Apple untuk Software dan Internet Service, Eddy Cue, wakil presiden Senior Software Engineer, Craig Federighi dan Apple Fellow, Phil Schiller. “Alasan utama dan tersulit untuk meninggalkan ekosistem aplikasi Apple adalah iMessage. iMessage sama dengan penguncian yang serius,” tulisnya.

Apple Berpotensi Akan Merugi

Phill juga menjelaskan alasan mengapa tidak ada pengembangan terkait iMessage di Android, “Memindahkan iMessage ke Android akan lebih merugikan kami ketimbang membantu kami,” tulisnya. Berdasarkan informasi Epic, mengutip Eddy Cue, Apple memutuskan tidak mengembangkan iMessage untuk Android pada awal 2013, setelah peluncuran layanan pengiriman pesan tersebut di iOS 5.

Cue mengakui, Apple sebenarnya bisa saja membuat versi di Android yang bekerja dengan iOS sehingga pengguna dari kedua platform dapat bertukar pesan dengan mulus satu sama lain. Namun, versi tersebut tidak pernah dikembangkan.

Ternyata Apple bukan tidak mampu mengembangkan iMessage agar digunakan di Android, tapi perusahaan tersebut memiliki alasan lain. Setelah menyimak informasi di atas, apakah kamu tertarik dalam mengembangkan aplikasi dan software? Kalau iya, yuk kuliah jurusan Teknik Informatika di IDS Digital College! Nggak cuma itu, kamu juga bisa mengambil program ekstensi D3 ke S1, lho. Mau tau informasi lebih lanjut? Kunjungi langsung website-nya, ya.

Posted in: News



    error

    Enjoy this blog? Please spread the word :)

    WhatsApp chat