Ini Dia Nih 4 Prediksi Isu Keamanan Siber Tahun 2021 - IDS Digital College

Ini Dia Nih 4 Prediksi Isu Keamanan Siber Tahun 2021

Pandemi yang tak kunjung usai ini memang secara langsung memaksa banyak orang untuk beralih ke arah digital dalam untuk mempermudah proses komunikasi, baik itu untuk pekerjaan atau pembelajaran. Hal ini membuat uji ketahanan digital semakin diuji di masa-masa seperti ini. Karena sejak adanya work from home, dan panduan PSBB membuat hampir semua aktivitas dilakukan di rumah via daring. 

 

“Keadaan ini kemungkinan masih akan dirasakan hingga beberapa tahun kedepan,” ujar Sean Duca selaku VP & Regional Chief Security Officer Asia Pasifik dan Jepang Palo Alto Network dalam acara Prediksi Keamanan Siber 2021 yang diselenggarakan Desember 2020 kemarin . 

 

Sean juga menjelaskan bahwa pandemi ini memaksa banyak organisasi, perusahaan dan individu untuk mengkaji kembali keamanan cyber mereka. Karena dengan semakin meningkatnya pengguna internet, maka kemungkinan untuk terjadinya cyber crime dan cyber attack juga semakin meningkat. Perusahaan keamanan cyber asal Amerika Serikat, Palo Alto Networks memprediksi empat isu terkait keamanan cyber pada 2021. 

 

 

  • WFH yang masih akan terus berlanjut

 

 

Sejak awal pandemi terjadi, mau tidak mau membuat banyak pihak di seluruh dunia membuat keputusan untuk melakukan WFH (Work From Home) atau kerja dari rumah yang akhirnya mendorong orang-orang untuk memanfaatkan ranah internet dan digital dalam melakukan pekerjaan mereka termasuk meeting dan mengirim file. 

 

Salah satu teknologi yang sering diterapkan oleh perusahaan agar para karyawannya bisa melakukan WFH adalah dengan cloud computing. Cloud computing ini mampu membantu perusahaan untuk menyediakan perangkat terhubung yang lebih sederhana dimana karyawan bisa mengakses program dan sumber daya yang dibutuhkan secara daring. 

 

Namun sayang masih banyak yang mengandalkan teknologi lama seperti VPN yang tidak stabil, alat token fisik, hingga gembok digital berbasis teknologi yang memang tidak dirancang untuk mendukung  konektivitas secara simultan. Teknologi lama yang terlalu kompleks bagi sebagian karyawan yang tidak paham bisa memberikan dampak terhadap keamanan siber. 

 

 

  • Data pribadi yang tersebar 

 

 

Salah satu isu dan permasalahan cyber crime yang akan terjadi di tahun ini adalah tentang semakin banyaknya data pribadi yang tersebar. Prediksi ini didasari atas tren travelling pasca pandemi. Dimana banyak orang yang akan melakukan perjalanan baik dalam maupun luar negri. Untuk beberapa daerah dan negara tertentu akan meminta data diri untuk melakukan contact tracing. 

 

Contact tracing yang dilakukan akan membuat banyak data harus dibagikan mulai dari nama, alamat, lokasi hingga riwayat kontak orang yang melakukan perjalanan tersebut. Permasalahan data privasi ini menjadi sebuah kekhawatiran, terlebih dengan adanya sejumlah perusahaan teknologi yang tidak mematuhi general data protection regulation dan melanggar penggunaan privasi data pribadi milik orang lain. 

 

 

  • Penetrasi cloud yang meningkat

 

 

Banyaknya kegiatan yang dilakukan di ranah ditinggal membuat perusahaan mau tidak mau meninjau kembali sistem keamanan yang ada di cloud computing mereka. Kontrol keamanan jaringan menjadi tujuan utama untuk mendukung keamanan cloud, selain itu perusahaan harus bisa memperkuat kontrol keamanan dengan lapisan tambahan terutama di bagian pengelolaan identitas dan manajemen akses. 

 

 

  • Kesiapan menghadapi 5G

 

 

Jaringan 5G sudah muncul di beberapa negara, dimana Indonesia juga sedang berusaha untuk membuat jaringan 5G ini bisa digunakan di Indonesia. Namun dengan adanya 5G berarti tantangan tentang potensi cyber crime juga semakin meningkat sehingga harus dilakukan pencegahan dan pendekatan yang berbeda agar tidak ada serangan cyber yang terulang seperti yang terjadi pada 3G dan 4G. 

Jika kamu tertarik dengan dunia cyber security, kamu bisa ambil kelas jurusan Teknik Informatika di IDS Digital College yang berstandar internasional ini!

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat