Mabes Polri Manfaatkan Kecerdasan Buatan untuk Keamanan Siber - IDS Digital College

Mabes Polri Manfaatkan Kecerdasan Buatan untuk Keamanan Siber

Kini Mabes Polri telah memanfaatkan layanan kecerdasan buatan (AI) dan Internet of Things (IoT) untuk keamanan siber mereka. Hal ini dipercaya akan membuat institusi kepolisian semakin modern dan terpercaya.

 

“Pemanfaatan kecerdasan buatan mampu meningkatkan pelayanan polisi terhadap masyarakat. Kedepannya visi polisi mengubah pemolisian dengan digital,” Brigjen Pol Yehu Wangsa Jaya yang merupakan pengembang TI kepolisian 32 divisi TIK Mabes Polri.

 

Pada Juli 2020 Presiden Joko Widodo sempat mengungkapkan bahwa Covid19 telah membuat dunia untuk mempercepat penerapan digital otomatisasi, pengembangan kecerdasan buatan dan konsep big data. Presiden juga berharap bahwa perwira TNI Polri di masa depan bisa bekerjasama dengan cara yang lebih cepat dibanding pihak lain dalam menggunakan teknologi digital yang ada. 

 

“Dunia berubah dengan cepat, disrupsi teknologi telah berdampak pada semua sektor kehidupan. Penerapan artificial intelligence dan big data mengalami percepatan, dan semakin dipercepat karena terjadinya pandemi covid19 sekarang ini,” ujar Presiden Jokowi.

 

Selain itu kepolisian juga menghadapi tantangan yang meningkat karena meningkatnya penggunaan teknologi cyber dan cyber crime yang terjadi di Indonesia. “Kita tidak lagi berpikir dengan cara biasa-biasa saja, tidak bisa lagi menggunakan cara bekerja yang monoton, tidak bisa lagi dengan kemampuan yang standar-standar saja,” lanjut Jokowi. 

 

Kepolisian menanggapi akan hal itu, dan sedang berusaha untuk menyelesaikan tantangan yang diberikan. “Kami sedang membangun itu semua serta mengembangkan setiap layanan polisi dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan,” ujar Brigjen Pol Yehu. 

 

Yehu juga menjelaskan bahwa kecerdasan buatan akan mengolah data yang dapat meningkatkan kemampuan manusia untuk mewujudkan tujuan-tujuan yang bersifat humanis. Di berharap kedepannya polri bisa memiliki RoboCop untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta menerima laporan laporan yang akan membantu melayani masyarakat. 

 

Indonesia memang sedang membutuhkan bakat-bakat di bidang keamanan siber atau cyber security. Jika kamu tertarik dengan cyber security, kamu bisa bergabung dengan ID Digital College dimana kamu bisa mengambil jurusan Teknik Informatika yang akan membawamu menjadi cyber security professional.

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat