Ini Lho 3 Kerjaan IT yang Paling Dicari selama Pandemi - IDS Digital College

Ini Lho 3 Kerjaan IT yang Paling Dicari selama Pandemi

Banyak perusahaan mengubah berbagai sistem informasi dan teknologi saat work from home (WFH). Ini menyebabkan lulusan jurusan sistem informasi semakin dibutuhkan saat wabah Covid-19.

Dilansir dari konsultan manajemen bisnis McKinsey, ada dua prioritas yang harus diperhatikan perusahaan terkait cyber security. Pertama, perusahaan harus menjaga keamanan sistem WFH skala besar. Kedua, perusahaan harus menjaga kerahasiaan, integritas, dan kelancaran lalu lintas jaringan ketika volume pengaksesan situs perusahaan lebih tinggi akibat banyak orang di rumah.

 

Dinilai dari 2 prioritas tersebut, peran pekerja di bidang IT sangat penting dalam menjamin cyber security Indonesia saat wabah Covid-19.

Berikut 5 pekerjaan IT paling dicari saat pandemi. Mahasiswa jurusan sistem informasi wajib tahu!

 

1. IT Support

Peran ini bertugas untuk memelihara dan melakukan perbaikan sistem jika ada kendala. Selain itu, ia juga bertugas memberikan training tentang penggunaan sistem ke karyawan lain yang membutuhkan.

Lebih spesifik, seorang IT Support bertanggung jawab atas instalasi, evaluasi, dan peningkatan sistem. Tiga objek utamanya, yaitu software, komputer, dan pengembangan sistem jaringan (network system).

Pekerjaan IT Support paling banyak dicari saat masa WFH terutama bagi perusahaan yang memberikan fasilitas kerja, seperti laptop, kepada karyawannya. Pasalnya, saat WFH karyawan bisa menemukan banyak kendala di sistem barunya. Oleh karena itu, bagi karyawan yang masih beradaptasi dengan sistem, IT Support sangat dibutuhkan.

 

2. Information Security Analyst

Kebocoran informasi internal perusahaan ataupun data pelanggan sangat mungkin terjadi. Maka jika sistem cyber security perusahaan kurang kuat, akan sangat merugikan bagi perusahaan. Ini terbukti dari munculnya berita tentang kebocoran data pelanggan marketplace ternama yang sempat merebak belakangan ini.

Di sinilah information security/cyber security analyst dibutuhkan. Dikutip dari Cyber Degrees, kebutuhan perusahaan terhadap information security analyst diperkirakan meningkat hingga 32% pada 2018-2028.

Information security analyst bertugas melakukan analisis terkait pengembangan sistem dan jaringan keamanan perusahaan. Ia harus mampu mencegah, menghentikan, dan memulihkan segala akibat yang terjadi dari pencurian data.

Saat WFH, hampir semua pekerjaan dilakukan secara online. Oleh karena itu, cyber security harus diperhatikan perusahaan. Jadi, bagi lulusan jurusan sistem informasi yang masih bingung ingin bekerja di bidang apa,  information security analyst boleh dipertimbangkan.

 

3. Business Intelligence

Selanjutnya, pekerjaan di bidang IT yang paling dicari saat pandemi adalah Business Intelligence (BI). Seorang BI akan banyak berurusan dengan big data dan data mining. Ia akan mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis data dari kegiatan bisnis sebuah perusahaan. Hasil analisisnya nanti akan menjadi tolak ukur bagi perusahaan untuk mengambil keputusan yang tepat.

Selain itu, seorang BI harus melihat perkembangan data yang ada sehingga perusahaan bisa menentukan strategi sesuai tren saat ini. Untuk menjadi BI, mahir di bidang IT aja belum cukup, seorang BI juga harus memahami bisnis dan mampu berpikir kritis. Pada masa pandemi Covid-19, banyak perusahaan mengalami perubahan pada strategi bisnisnya. Oleh karena itu, BI menjadi salah satu pekerjaan IT paling dicari saat pandemi.

Tertarik? Untuk dapat menyesuaikan diri dengan situasi, peran BI sangat vital untuk menentukan langkah yang harus diambil perusahaan.

 

Itulah 3 pekerjaan IT paling dicari saat wabah Covid-19. Bagi kamu yang masih mengenyam perkuliahan sistem informasi, ayo belajar lebih giat lagi untuk jaga cyber security Indonesia.

Posted in: News


WhatsApp chat