Ini List Game Developer Besar yang Harus Kamu Ketahui! - IDS Digital College

Ini List Game Developer Besar yang Harus Kamu Ketahui!

Game developer sebenarnya memiliki pekerjaan spesifik sebagai pencipta video game. Mereka menciptakan software untuk berbagai macam permainan, yang dapat diakses via permainan video game seperti PlayStation, Nintendo, ataupun aplikasi berbasis Android dan iOS. 

Seorang pencipta game pastinya harus mempelajari konsep-konsep penting dari pembuatan sebuah aplikasi permainan, serta memberikan detail kode dan program coding and programming.  Area pekerjaan dari seorang game developer mencakup pembuatan audio yang tepat, desain grafis dari permainan tersebut, produksi aplikasi, serta seni visualnya.

Tugas utama seorang pencipta permainan atau game adalah menyatukan komponen-komponen yang terlibat dalam pembuatan dan pengembangan fitur sebuah permainan. Desainer, produser, serta juru grafis berkontribusi bersama sang pencipta game untuk menyelesaikan hasil akhir. 

Tetapi, programer dan perancang software mengubah ide-ide tersebut menjadi sebuah kode, yang akhirnya membuat permainan tersebut memiliki detail tentang cara bermain. Pencipta game dan software tersebut menciptakan fitur-fitur dasar dari sebuah video game, yaitu:

  • Menciptakan karakter, serta alur cerita
  • Menyusun desain serta mekanisme permainan
  • Mendokumentasikan proses desain permainan.

Saat ini, banyak sekali Sekolah Menengah Kejuruan yang membuka kelas untuk belajar sebagai game developer, dimana mereka dapat langsung mengaplikasikan ilmu mereka, meski masih bersekolah atau sudah lulus. 

Mereka pun dapat meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi, untuk terus mengoptimalkan kemampuan dasar yang harus terus diperbaharui, sesuai dengan teknologi terkini.

Ini adalah daftar game developer terkenal yang wajib kamu ketahui . Perusahaan ini telah membuat game untuk komputer (seperti PC atau Mac), konsol video game, perangkat genggam atau perangkat seluler, dan termasuk perusahaan yang saat ini ada serta perusahaan yang sekarang tidak beroperasi. 

Dari sekian banyak game developer yang ada, berikut ini deretan game developer papan atas dunia dan Indonesia yang bisa menginspirasimu.  

  • Nintendo

Developer game yang satu ini tentu sangat populer di telingamu, bukan? Bagaimana tidak. Tahun 2017 pun menjadi masa kesuksesannya sebagai developer sekaligus penerbit game. Beberapa tahun lalu, Nintendo merilis console sekaligus handheld terbaru mereka yaitu Nintendo Switch yang langsung terjual 4,8 juta unit hanya dalam waktu sepuluh bulan saja di Amerika Serikat.

  • Rockstar Games

Game developer yang satu ini sukses membuat serial game yang cukup terkenal yaitu, GTA (Grand Theaft Auto). Game developer ini terlihat eksis sebagai pembuat game bergenre petualangan dan aksi yang seru. 

Selain itu, Rockstar Games juga mengembangkan Red Dead Redemption 2, sebuah game aksi petualangan yang mengambil latar di wild west. Artinya, akan ada koboi dan aksi berkuda di padang rumput tandus. Jika kamu suka game yang berjenis action, cerita, dan open world, Rockstar Games bisa menjadi inspirasi kamu dalam mengembangkan games. 

  • Toge production

Game developer Indonesia yang satu ini telah berdiri sejak tahun 2009. Adapun games yang sudah cukup terkenal dari perusahaan ini seperti Infectonator, Relic of War, Necronator, dan Days 2 Die.

Hal yang membanggakan dari Toge Production adalah, pada tahun 2012 perusahaan ini memenangkan Indonesia Game Show 2012 untuk kategori 2D PC game.

  • CD Projekt Red

Pernah bermain game series seperti The Witcher, The Witcher 2, dan The Witcher 3? Games ini termasuk ke dalam besutan CD Projekt Red. 

Hal yang membuat CD Projekt Red menjadi salah satu game developer terbaik adalah kemampuan mereka dalam membuat game dengan grafis terbaik, serta gameplay yang membuatmu ingin terus memainkannya tanpa mengedepankan micro-transaction atau DLC.

  • Valve

Game developer Valve telah berevolusi. Selain sebagai developer game, Valve juga telah menjadi perusahaan distributor video game terbesar di dunia. Kesuksesan Valve ini bermula dari game yang begitu fenomenal pada masanya, yaitu Half-Life dan Counter-Strike. 

Dua judul tersebut menjadi game yang wajib dimiliki dan dimainkan oleh para remaja generasi Y. Kini, nama Valve semakin besar berkat dua game andalan mereka, yaitu Dota 2 dan CS:GO. Kemudian, ada juga Steam yang menjadi one-stop service bagi mereka yang ingin mencari game dengan harga murah.

  • Ubisoft

Tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan game Assassin’s Creed, Tom Clancy’s series (Splinter Cell, Ghost Recon, H.A.W.X, EndWar, dll), dan Prince of Persia bukan? Ya, 3 judul game tersebut merupakan segelintir dari puluhan game-game inovatif karya tangan dingin tim Ubisoft atau UBI. 

Game buatan mereka mampu menggebrak pasar game dengan gameplay-nya yang menarik. Berbeda dengan Naughty Dog yang selalu membuat game dengan gameplay yang unik dan inovatif, Ubisoft justru membuat game yang dapat memaksamu untuk berpikir keras demi melalui teka-teki di setiap level yang mereka sajikan, inilah yang menjadi daya tarik Ubisoft.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat