Jangan jadikan Database musuh dari pelanggan yang baik - IDS Digital College

Jangan jadikan Database musuh dari pelanggan yang baik

Database menyimpan berbagai informasi yang dibutuhkan untuk kemajuan bisnis, misalnya data pelanggan, data pemasaran, data transaksi, dsb. Itulah mengapa database merupakan bagian integral dari suatu bisnis mengingat berbagai informasi penting yang dikumpulkan dan disimpannya. Jika dimanfaatkan dengan maksimal, informasi yang terdapat dalam Database akan memberikan keuntungan bagi bisnis yang dijalankan.

Pada sebuah bisnis, database pelanggan sangat diperlukan agar perusahaan dapat melihat dan mengetahui apakah mereka mampu meningkatkan penjualan atau malah merugikan perusahaan tersebut.

Memiliki Database pelanggan yang akurat dan lengkap dapat membantu kamu dalam menentukan potensi pasar dilihat dari kelompok umur atau letak demografisnya. Dengan begitu perusahaan dapat lebih mudah menentukan produk mana yang cocok untuk ditawarkan pada target pasar tersebut. Sebaliknya, bila dari database pelanggan terlihat adanya penurunan penjualan di suatu daerah, maka perusahaan bisa dengan segera menentukan strategi pemasaran seperti apa yang kira-kira mampu mendongkrak penjualan di lokasi tersebut.

Seperti yang kita ketahui, database memegang peranan yang penting dalam sebuah bisnis untuk memberikan informasi terkait perkembangan penjualan pada suatu perusahaan.

Pengumpulan data pelanggan adalah untuk mempermudah Perusahaan dalam menjangkau pelanggan. Ketika semua sudah di tangan, Perusahaan dapat dengan mudah menjangkau mereka. Sebagai contoh, pelanggan yang lebih muda mungkin dapat kita jangkau melalui Sosial media baik website maupun aplikasi messenger. Sedangkan untuk pelanggan yang sedikit lebih tua kebanyakan masih menggunakan email untuk berkomunikasi. Selain dari kedua macam pelanggan tersebut, mungkin masih dapat kita temukan pelanggan yang lebih suka bertatap muka, ketika kita sudah memiliki semua data yang kita perlukan untuk pelanggan tersebut, akan lebih mudah pula kita menjangkau mereka dalam kondisi apapun.

Dengan pengelolaan database pelanggan yang tepat, perusahaan bisa dengan mudah mendapatkan petunjuk untuk memasuki pasar yang tepat sekaligus meningkatkan penjualan. Database pelanggan pun dapat membantu Perusahaan melakukan berbagai kegiatan penjualan secara efektif dan efisien. Apalagi bila tim sales dilengkapi dengan database pelanggan yang akurat dan prospektif, maka Perusahaan pun bisa lebih cepat menentukan arah penjualan yang tepat.

Dengan adanya database pelanggan, kita harus bisa memanfaatkan database tersebut dengan sebaik mungkin, jangan jadikan database yang kita miliki sebagai musuh bagi pelanggan tersebut.

Komunikasi pada sebuah bisnis sangat diperlukan, Jika Perusahaan telah memiliki database pelanggan yang akurat, tugas berikutnya yaitu Perusahaan memanfaatkan database tersebut untuk membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan. Perusahaan pun bisa membangun strategi komunikasi yang lebih personal sehingga pelanggan akan merasa lebih dekat dan lebih dihargai oleh bisnis kamu. Melalui komunikasi tersebut, kamu pun bisa membangun kepercayaan sekaligus membuat mereka loyal pada bisnis kamu.

Solusi dariĀ  komunikasi pelanggan adalah pemanfaatan database pelanggan dengan filosofi bahwa menjual kembali kepada basis pelanggan kita yang pernah ada lebih cepat daripada mencari pelanggan baru. Namun mohon diingat, bukan berarti pelanggan baru itu tidak penting, karena pada dasarnya itulah perbedaanya nyata, bahwa pelanggan baru dari sisi kesehatan bisnis jangka panjang sangat penting, untuk pengembangan jangka panjang sangat penting, namun untuk eksistensi jangka pendek nan cepat, maka basis pelanggan lama menjadi solusi.

Dapat disimpulkan bahwa pelanggan pelanggan berperan penting dalam peningkatan bisnis di tengah persaingan yang ketat seperti sekarang ini. Jadi pastikan kamu memanfaatkan database pelanggan sebaik mungkin untuk menguntungkan bisnis.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat