Kenalan Dengan Sistem Nexeed, Solusi Digitalisasi Manufaktur di Era Industri 4.0 - IDS Digital College

Kenalan Dengan Sistem Nexeed, Solusi Digitalisasi Manufaktur di Era Industri 4.0

Revolusi Industri 4.0 membuat banyak perubahan yang cukup signifikan dalam hal perindustrian. Semua prose konvensional kini berubah menjadi digital. Digitalisasi jadi hal yang paling dibutuhkan dalam sektor industri. 

 

Bosch, salah satu perusahaan asal Jerman yang memproduksi berbagai macam elektronik memperkenalkan Nexeed Industrial Application System. Ini adalah gabungan dari perangkat lunak serta layanan lain yang berbasis teknologi industri 4.0 dan pengalaman manufaktur untuk mendigitalisasikan pabrik.

 

Sistem aplikasi Nexeed ini sendiri juga merupakan pilar penting dari Bosch Connected Industry. Nexeed menawarkan diri sebagai perangkat lunak canggih yang mampu merekam, memproses, hingga memvisualisasikan data dari rantai produksi dan logistik. Manufaktur otomotif juga menjadi bagian dalam hal itu. 

 

Dhuha Abdul selaku Business Development Manager Connected Solutions Bosch Indonesia menjelaskan bahwa sistem ini akan menyediakan data dengan cara kompatibel dan terstandarisasi untuk mendapatkan informasi tentang proses produksi dalam waktu yang singkat. 

 

“Dengan software Nexeed, manajer dan pekerjanya dapat melihat status produksi. Bahkan juga bisa mengetahui tugas-tugas apa saja yang perlu segera atau dikerjakan berikutnya,” ungkap Dhuha. 

 

Dhuha juga menambahkan jika perangkat lunak ini bisa diandalkan di masa pandemi. Lantaran banyak perusahaan yang mengharuskan karyawannya untuk melakukan Work From Home (WFH). 

 

“Bagi yang sedang WFH, pemantauan lini-lini produksi seperti pabrik otomotif tidak perlu lagi dilakukan secara langsung namun bisa lewat jarak jauh, lewat digital. Hal ini juga mendukung perusahaan dalam menjalankan protokol kesehatan demi keselamatan pekerjanya selama pandemi COVID19, dengan tetap menjaga kuantitas dan kualitas produksi,” papar Dhuha dalam salah satu konvensi virtual. 

 

Sistem aplikasi yang dimiliki Nexeed dapat digunakan untuk memantau proses produksi secara realtime. Administrator pun bisa secara langsung mengelola perangkat untuk IIoT (Industrial Internet of Things) yang berfungsi seperti sensor atau gateway. Dhuha juga menjelaskan bahwa pesanan yang dibuat secara otomatis ditetapkan dan komponen akan dilokalkan secara realtime juga. 

 

Lebih jauh Dhuha menambahkan bahwa fungsionalitas dari Nexeed adalah membuat pekerjaan menjadi lebih mudah bagi para pengguna dan administrator yaitu dengan membantu melakukan operasi sederhana, manajemen data master yang jelas dan hak akses yang dapat ditentukan secara individual. 

 

“Sistem Nexeed lebih dari sekedar toko aplikasi untuk produksi dan logistik. Semua aplikasi dikembangkan, diuji, dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna oleh para ahli,” tutup Dhuha di akhir penjelasannya.

Kamu tertarik untuk membuat aplikasi kerens eperti Nexeed? Yuk kuliah Jurusan Sistem Informasi atau Jurusan Teknik Informatika di IDS Digital Collage!

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat