Kenali Ciri-ciri Handphone Disadap- IDS Digital College

Kenali Ciri-ciri Handphone Disadap, Pencegahan dan Cara Mengatasi nya

cyber security

Dengan adanya kemajuan teknologi yang cukup pesat beberapa tahun ini, maka tingkat kejahatan di Internet pun semakin banyak. Cybercrime merupakan hal yang sering terjadi dan tentunya hal ini sangat merugikan untuk banyak orang. 

Cyber crime dapat terjadi dimana saja tak terkecuali di Handphone yang anda miliki. Barang elektronik yang hampir dimiliki oleh semua orang ini memang merupakan barang yang serba guna. Tetapi rawan akan kejahatan dunia maya seperti melakukan hack sosial media, membobol perangkat teknologi serta data. Lalu kemudian menyikat habis saldo rekening ataupun kartu kredit. 

Apalagi fungsi Handphone sekarang bisa dibilang dapat menggantikan dompet dengan aplikasi uang digital yang telah banyak beredar seperti Dana, Qris, Ovo, dll. 

Dan kejahatan lain dari cyber crime adalah penyadapan. Penyadapan adalah kegiatan untuk mendengarkan, merekam, membelokkan, mengubah, menghambat, dan/atau mencatat transmisi Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang tidak bersifat publik, baik menggunakan jaringan kabel komunikasi maupun jaringan nirkabel, seperti pancaran elektromagnetik atau radio frekuensi. 

Penyadapan sendiri sebenarnya telah diatur dalam Undang-Undang ITE jika pelaku penyadapan yang terbukti bersalah dapat dikenakan hukuman sesuai UU Telekomunikasi No.36/1999 dan UU Informasi dan Transaksi Elektronik No.11/2008 dengan sanksi kurungan penjara maksimal 15 tahun . 

Lalu bagaimana cara kita mengetahui jika Handphone kita telah disadap?

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui Handphone telah disadap adalah mengecek pesan masuk, jika pesan masuk telah dibaca dengan sendirinya, padahal kamu merasa belum membuka nya. Kemungkinan besar Handphone mu telah disadap. Tentu hal ini sangat mengganggu privasi kamu. 

Selanjutnya adalah baterai Handphone lebih cepat terkuras dengan cepat dan Kuota akan lebih boros.

Yang ketiga adalah muncul nya aplikasi secara tiba tiba dimana kamu merasa tidak pernah menginstal aplikasi tersebut. Disarankan agar kamu langsung menguninstal aplikasi tersebut sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan.

Dan terakhir muncul nya kebisingan saat bertelepon atau ketika Handphone sedang tidak digunakan. Bunyi bunyi bising tersebut seperti gema, statis, klik, suara, atau bip yang secara terus menerus terjadi memungkinkan bahwa Handphone kamu telah disadap dan pembicaraan kamu didengarkan oleh orang lain.

Lalu bagaimana cara pencegahan nya? Ada beberapa cara untuk mencegah Handphone kamu aman dari seorang penyadap atau hacker.

cyber security

  1. Jangan terlalu sering menggunakan Wifi publik

Penggunaan Wi-Fi publik yang tidak jelas dapat membuat Handphone mu disadap. Salah satu jalur para peretas menyadap akun WhatsApp kamu adalah melalui WiFi publik. Jika kamu sedang berada di WiFi publik, yang di sana terdapat juga terdapat jaringan peretas, maka peluang penyadapan akun WhatsApp kamu terbuka. 

  1. Jangan Memberikan Kode Apapun pada Siapapun

One Time Password atau OTP adalah salah satu lapisan keamanan saat transaksi online perbankan. Jadi OTP sangat bersifat rahasia sehingga jika ada yang meminta kode OTP tersebut, jangan pernah kamu berikan.

  1. Jangan sembarangan mengklik Link

Phising biasanya terjadi ketika kita sembarangan mengklik link yang dikirim orang lain. Phising adalah upaya untuk mendapatkan informasi data seseorang dengan teknik pengelabuan. Data yang menjadi sasaran phising adalah data pribadi (nama, usia, alamat), data akun (username dan password), dan data finansial (informasi kartu kredit, rekening).

  1. Aktifkan Verifikasi

Cara selanjutnya dengan mengaktifkan verifikasi. Ini dapat membuat ponsel dan akun pribadimu seperti email menjadi aman. Akan lebih aman lagi jika kamu mengaktifkan verifikasi sebanyak dua kali. 

Setelah mengetahui cara untuk mencegah terjadinya penyadapan. Namun kamu merasa bahwa Handphone telah tersadap. Tenang saja dibawah ini adalah cara mengatasi jika Handphone mu telah tersadap. 

  1. Logout dari WhatsApp Web 

WhatsApp merupakan aplikasi yang sering sekali terkena penyadapan. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya kita logout terlebih dahulu dari WhatsApp. Apalagi jika akun kita terpasang pada WhatsApp Web. Ini menjadi celah peretas mencoba mengambil alih akun kita. 

  1. Mengganti semua Password sosial media 

Jika sosial media kita pernah di hack sebelumnya, langkah untuk mengatasi nya adalah mengganti semua Password sosial media. Sehingga para hacker tidak dapat meretas dan menyadap Handphone dan aplikasi yang kita gunakan lagi. 

  1. Menggunakan Kata Sandi

Terdengar sepele, tetapi penggunaan kata sandi pada Handphone sangat efektif dalam mengatasi permasalahan penyadapan. 

  1. Mengecek Melalui IMEI 

IMEI ( International Mobile Equipment Identity) adalah nomor seri khusus untuk mengidentifikasi sebuah ponsel.

Nah, cara mengatasi HP disadap melalui IMEI yakni dengan membuat panggilan #06#. Hal ini gampang dilakukan karena bisa dilakukan dirumah. 

  1. Restart Handphone 

Langkah terakhir yang dapat dilakukan ketika Handphone kita diretas adalah mengembalikan setelah pabrik sehingga seluruh file yang ada di Handphone akan kembali seperti pertama kali beli.

Posted in: News



    WhatsApp chat