Ketahui Manfaat Menulis Artikel untuk Software Engineer! - IDS Digital College

Ketahui Manfaat Menulis Artikel untuk Software Engineer!

 

Dalam dunia teknologi dan komputer yang sangat berkembang pesat belakangan ini, sangatlah penting untuk memiliki orang yang mampu menulis bagian teknis yang menjelaskan tentang konsep teknologi yang kompleks dengan cara yang sederhana. Karena banyak kata-kata khusus yang digunakan untuk menyebutkan sesuatu dalam bidang teknologi.

 

Seperti kata-kata Buzz, Blockchain, Data Science, Distributed Systems, Quantum Computing, Big Data, AR, VR, Microservices, NoSQL, Progressive Web Apps, OLAP, A/B Testing, WebAssembly, Kubernetes, Hadoop, Ansible, DynamoDB, Terraform, Vagrant, GRPC, Thrift, JWS, Ethereum, Cassandra, etcd, Kerberos, CentOS, DC/OS, Prometheus, Kafka, OAuth, OpenStack, Avro, containerd, zstd, Oodle dan masih banyak lagi.

 

Beberapa dari kamu mungkin pernah mendengar atau cukup familiar dengan kata-kata di atas. Namun seberapa dalam kamu mengerti tentang arti dan maksud dari kata-kata tersebut? Kecuali kamu benar-benar sangat pintar dan mudah menghafal sepertinya akan sulit untuk mengetahui begitu banyak kata asing dan pengertiannya. Kamu membutuhkan seseorang yang mampu menuliskan nama beserta penjelasannya di Internet, sehingga kamu akan lebih mudah untuk mencari tahu arti dari kata-kata teknologi yang belum sepenuhnya kamu ketahui atau kuasai.

 

Karena hal itu lah mengapa memiliki orang yang bekerja sebagai software engineer dan seorang penulis artikel yang berhubungan dengan teknologi dan komputer sangatlah berguna. Tidak seperti buku pelajaran atau buku pengetahuan yang sering membuat sebuah penjelasan menjadi rumit, artikel-artikel yang ditulis biasanya memiliki cara penulisan yang lebih mudah untuk dicerna. Ditambah biasanya penulis memberikan solusi, tips and trick, contoh, hingga cara penjelasan yang mudah untuk dibaca dan dipahami.

 

Untuk mendapatkan artikel yang begitu memuaskan dan memberikan banyak insight pada software engineer memang tidak selalu mudah. Jika orang awam yang menulis artikel dan tidak mengerti sama sekali tentang dunia perkomputeran dan teknologi bisa jadi mereka kesulitan untuk menguraikannya dengan cara yang luwes, bahkan dalam kasus terburuk bisa saja menyebarkan informasi yang salah atau tidak benar. Pengejaan atau pengertian yang berbeda pun bisa terjadi jika sang penulis artikel sama sekali tidak paham dan tidak mau memperdalam riset tentang bahan yang sedang ditulisnya.

 

Menulis artikel bagi software engineer juga memiliki banyak manfaat. Pertama kamu akan mendapat lebih banyak pengetahuan jika kamu menulis sebuah topik yang tidak terlalu kamu kuasai. Karena kamu ingin membuat artikel yang bagus dan bisa membantu teman satu pekerjaan lainnya, maka kamu akan melakukan pencarian dengan sungguh-sungguh dan menuliskan yang terbaik. Dengan begitu kamu secara tidak langsung sudah menambah satu lagi ilmu tentang dunia software engineer yang bahkan sebelumnya sama sekali tidak kamu pahami.

 

Kamu juga akan merasa bangga jika seseorang membaca artikelmu dan berterima kasih atas apa yang telah kamu tulis, karena sudah bisa memberikan pengetahuan yang lebih banyak untuk mereka.

Kamu juga menjadi lebih baik dalam berkomunikasi terkait bidang ini, karena ilmu yang kamu dapatkan terus bertambah seiring banyaknya artikel yang ditulis. Kamu akan mendapatkan banyak kesempatan, membuka jalan baru untuk bertemu banyak orang, mendapatkan tawaran pekerjaan baru, bahkan jika kamu sudah cukup expert bisa menjadi pembicara terkenal di bidang software engineering. Bagaimana, apakah kamu mulai tertarik untuk menjadi seorang penulis di bidang software engineering?

Posted in: Events


WhatsApp chat