Pentingnya Strategi Content Marketing Bagi Startup - IDS Digital College

Pentingnya Strategi Content Marketing Bagi Startup

Startup atau yang dikenal dengan istilah perusahaan rintisan akrab dengan penggunaan perangkat mobile ataupun desktop dan website. Bisnis yang berkaitan dengan teknologi tetap membutuhkan audiens agar bisa bertahan. Maka itu, perlu dilakukan strategi digital marketing. Konten marketing pada startup merupakan sesuatu yang mengacu pada kegiatan memperoleh konsumen demi mencapai tujuan bisnis tertentu. Sebelum melakukan promosi, beberapa hal berikut bisa kamu terapkan. Yuk, simak!

 

Menentukan Ide Pemasaran Konten

Bagi kamu yang pemula dan baru terjun di dunia bisnis startup yang menggunakan digital marketing sebagai suatu strategi promosi, kemungkinan besar masih merasa bingung. Kamu bisa memulainya secara perlahan. Kenali dulu media apa saja yang akan kamu gunakan, lalu beralih ke ide konten. Akan lebih baik memilih ide dari konten yang sudah berhasil. Kamu akan terbantu untuk menentukan topik apa yang digunakan dari hasil pantauan tren hangat di industri bisnis.

 

BuzzSumo merupakan tools yang bisa digunakan untuk menemukan tren atau topik populer. Kamu akan mendapati artikel yang paling banyak dibagikan dan yang sedang ramai diperbincangkan. Pengguna BuzzSumo bebas untuk menggunakan filter tertentu agar memberikan hasil yang lebih spesifik. Dengan begitu, kamu dapat menerapkan ide-ide tersebut ke dalam strategi pemasaran konten.

 

Menggunakan Infografis

Ada berbagai cara untuk menarik perhatian konsumen, salah satunya dengan penggunaan infografik. Kebanyakan orang lebih mudah dalam memproses konten visual daripada teks. Ini dikenal dengan fenomena Picture Superiority Effect. Penerapannya pun bermacam-macam, ada yang menyisipkan meme, grafik, infografis, video di website, blog, atau akun media sosial.

Buatlah visual dengan simbol-simbol yang berhubungan dengan narasi tapi juga mudah dikenali. Desain yang sederhana akan memudahkan pembaca untuk menerima dan memahami maksud pesan yang ada pada gambar. Komponen warna, tata letak, data yang update dan valid dalam bentuk grafik atau diagram akan memberikan kesan yang lebih profesional.

 

Konsistensi 

Tidak hanya mengandalkan ide dan kreatifitas, konsistensi juga menjadi kunci utama keberhasilan content marketing khususnya bagi para pemula. Konsistensi dalam pembuatan konten akan menciptakan rasa percaya dari konsumen terhadap bisnismu. Buatlah jadwal tersendiri untuk mengunggah konten setiap minggu atau lebih. Untuk menjaga ketertarikan konsumen, kamu juga bisa mengirimkan notifikasi berupa newsletter. Lewat cara ini, kamu tidak hanya mengetahui siapa saja yang berkunjung ke websitemu, tapi juga siapa yang berlangganan newsletter.

Beberapa orang mungkin menyepelekan untuk meng-update konten secara berkala, padahal ini menjadi elemen yang penting. Konsistensi dalam pemasaran digital akan mempermudah audiens untuk mengingat brand serta menghasilkan identitas tersendiri. Hanya dengan melihat warna, logo, atau jingle, konsumen sudah bisa mengenali produk atau bisnismu.

 

Memanfaatkan Media Sosial Secara Maksimal

Ketika kamu mulai memposting konten baru di website, kebanyakan dari pembaca mungkin tidak terlalu rutin memeriksanya. Salah satu cara untuk menjangkau audiens, yaitu dengan melakukan promosi konten di berbagai platform media sosial, mulai dari Facebook, LinkedIn, Instagram, Twitter, dan lainnya.

Postingan di media sosial memberikan pengaruh besar pada perilaku konsumen. Mereka dapat melihat gambar pratinjau ketika kamu membagi tautan. Tetapi cara ini mungkin tidak mampu menarik perhatian yang banyak. Kamu bisa menambahkan infografis yang menarik. Kamu pun bisa menambahkan tautan ke website pada infografis untuk informasi lebih lengkap. Secara otomatis, kamu mengundang audiens untuk berkunjung ke konten yang ada pada blog.

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat