Kevin Mitnick: Pelopor Hacker Terkenal Dunia - IDS Digital College

Kevin Mitnick: Pelopor Hacker Terkenal Dunia

Kamu mungkin mengenali kata hacker. Hacker identik dengan sebuah kejahatan yang melibatkan pencurian data dari sistem jaringan komputer.

Namun tahukah kamu bahwa pada awalnya, kata hacker tidak merujuk pada hal negatif semacam pencurian.

Istilah hacker pertama kali digunakan pada tahun 1960-an. Arti hacker dipakai untuk menggambarkan seorang programmer atau individu yang memiliki kemampuan komputer.

Dengan kemampuan tersebut, hacker dapat menjalankan tugas dalam meningkatkan efisiensi kode komputer dengan cara menghapus, meretas, atau memanipulasi instruksi kode mesin dalam sebuah program.

Dengan kemampuan itu pula, hacker juga dapat melakukan eksploitasi terhadap sistem keamanan suatu jaringan. Hal tersebutlah yang membuat pergeseran makna kata dari hacker.

Istilah hacker yang merujuk pada pencurian data semakin populer ketika seorang remaja bernama Kevin Mitnick melakukan pencurian data software Digital Equipment Network di era 1980-an.

Meski dilakukan berabad lalu aksi Kevin membuatnya menjadi hacker paling terkenal di dunia hingga kini dan disebut-sebut sebagai hacker terbaik.

kevin mitnick

Profil Kevin Mitnick

Kevin David Mitnick merupakan pria kelahiran Van Nuys, California, pada 6 Agustus 1963.

Kevin Mitnick tumbuh besar di Los Angeles dan menempuh pendidikan di James Monroe High School, sebelum kemudian melanjutkan pendidikan di Los Angeles Pierce College dan University of Southern California.

Aksi Pertama

Kevin telah melakukan aksi peretasan sejak berumur 12 tahun. Kala itu ia membobol sistem kartu bus berlangganan di Los Angeles hanya dengan slip transfer yang ia temukan di tempat sampah.

Sementara itu, aksi peretasan komputer pertama kali dilakukan Kevin di tahun 1979 pada usia 16 tahun.

Kevin membobol jaringan komputer Digital Equipment Corporation (DEC) kemudian menyalin software milik perusahaan tersebut.

Dalam aksinya membobol sistem jaringan komputer perusahaan besar tersebut, Kevin hanya menggunakan nomor telepon untuk Ark, sistem komputer yang digunakan DEC untuk mengembangkan perangkat lunak sistem operasi RSTS/E, yang diberikan oleh temannya.

Kevin baru diadili pada 1988 dan dijatuhi hukuman satu tahun penjara serta dalam pengawasan selama 3 tahun.

Menjadi Buronan FBI

Di tahun ke-3 masa pengawasannya, Kevin malah kembali meretas serta mencuri data perusahaan seluler dan komputer, Pacific Bell.

Ketika surat penangkapannya keluar, Kevin melarikan diri dan hidup sebagai buronan paling dicari FBI selama kurang lebih 2,5 tahun. Dalam upayanya tersebut, Kevin mengkloning ponsel untuk menyembunyikan lokasinya.

Menurut Departemen Kehakiman AS, selama kabur, kevin juga mengakses lusinan jaringan komputer secara ilegal serta mengkopi software penting milik beberapa perusahaan ponsel besar. Kabarnya, Sun Microsystems, Nokia, dan Motorola menjadi korbannya.

Selain itu, Kevin menyadap dan mencuri kata sandi komputer, mengubah jaringan komputer, serta membobol email pribadi.

kevin mitnick

Ditangkap dan Diadili

Aksi Kevin terhenti ketika FBI akhirnya menangkapnya pada 15 Februari 1995 di apartemennya di Raleigh, North California.

Kevin Mitnick dijatuhi hukuman 46 bulan penjara ditambah 22 bulan karena melakukan kejahatan pada tahun 1989 ketika masih dalam masa pengawasan.

Hukuman itu pantas didapatkannya setelah meretas sekitar 40 perusahaan besar sebelum dan selama ia menjadi buronan.

Motif Kevin melakukan aksi peretasannya adalah karena kesenangan semata dan bukan dengan tujuan mencari uang.

Karena itulah Kevin Mitnick disebut sebagai hacker terbaik di dunia serta yang paling sulit dipahami motifnya.

Akhirnya Tobat

Kevin Mitnick dibebaskan dari penjara pada 21 Januari 2000 dan tetap dalam pengawasan pihak berwenang hingga 21 Januari 2003.

Selama masa pengawasannya, Kevin dilarang menggunakan teknologi komunikasi apapun, selain telepon rumah.

Sesudah habis masa hukumannya, Kevin aktif menulis buku untuk membagikan pengalaman serta pengetahuannya mengenai dunia IT.

Kevin Mitnick juga mendirikan perusahaan keamanan jaringan komputer, Mitnick Security Consulting dan KnowBe4.

Kevin menjadi konsultan keamanan jaringan komputer terpercaya yang dicari pemerintah di seluruh dunia. Global Ghost Team miliknya memiliki tingkat keberhasilan 100 persen dalam meretas sistem keamanan.

Kevin juga kerap kali mendemonstrasikan teknik peretasan terbaru untuk membantu meningkatkan kesadaran keamanan dalam dunia cyber bagi individu maupun organisasi.

Kesimpulan

Begitulah kisah hidup dari hacker terkenal dan terbaik di dunia, Kevin Mitnick. Kejahatan yang dilakukannya di masa lalu memberikan pelajaran dan kesempatan bagi Kevin untuk membantu banyak orang untuk mengamankan data jaringan komputer saat ini.

Jika kamu ingin menjadi seperti Kevin Mitnick dengan mempelajari keamanan siber, kamu bisa mengikuti program kuliah jurusan Cyber Security di IDS Collage. Yuk segera daftarkan dirimu!

Wujudkan impian kamu untuk menjadi salah satu pengaman data siber bersama IDS College.

Sumber: inet.detik.com

Posted in: News



    WhatsApp chat