Makin Canggih, Berikut Tren Data Science di Tahun 2020 yang Akan Memajukan Kehidupan Manusia - IDS Digital College

Makin Canggih, Berikut Tren Data Science di Tahun 2020 yang Akan Memajukan Kehidupan Manusia

Saat ini banyak bermunculan platform untuk mempermudah aktivitas manusia di kehidupan sehari-hari mulai dari Google, media sosial, dan lain sebagainya. Platform tersebut mengelola data yang bersifat masif atau dikenal dengan istilah Big Data. Di dunia IT, ilmu yang mempelajari tentang dan bagaimana cara mengolah data secara terstruktur dinamakan Data Science. Penemuan sistem tersebut mampu mengubah kehidupan manusia dari segi ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lainnya. Diperkirakan setiap tahun mengalami perkembangan. Berikut beberapa tren Data Science yang kemungkinan terjadi di tahun 2020.

1. AI (Artificial Intelligence) dan aplikasi intelligence lain
Teknologi seperti AI sudah menjadi hal wajar dan umum digunakan untuk kepentingan bisnis baik skala kecil hingga besar. Diperkirakan akan terus berkembang selama beberapa tahun ke depan. Di tahun 2020, kemungkinan akan muncul aplikasi yang telah disertai dengan AI, Machine Learning, dan teknologi lain yang dapat mempermudah pekerjaan. Machine Learning merupakan sebuah istilah yang didefinisikan sebagai hasil dari penggunaan algoritma dalam menggunakan, mempelajari, serta memprediksi data. Hadirnya Machine Learning dapat menciptakan tren pada data science terutama untuk tahun 2020. Alasan mengapa AI bisa berkembang pesat karena memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan keseluruhan proses bagi bisnis mereka terutama dalam mengolah data klien dengan cara yang lebih baik. 

2. IoT (Internet of Things)
Berdasarkan laporan dari IDC, diperkirakan bahwa investasi pada teknologi IoT (internet of Things) akan mencapai angka 1 triliun dollar Amerika pada akhir tahun 2020. IoT sendiri merupakan sebuah konsep dimana objek tertentu memiliki kemampuan untuk mentransfer data lewat jaringan tanpa interaksi antar manusia ataupun manusia ke perangkat komputer. Berinvestasi pada IoT dinilai sangat menjanjikan, karena di tahun 2019, aplikasi dan perangkat lainnya mulai banyak digunakan untuk mengatur beberapa perangkat elektronik di rumah seperti AC, TV, mobil pintar, dan lain sebagainya. Selain itu, IoT juga seringkali digunakan pada smartphone, sehingga akan terus mengalami perkembangan yang signifikan.

3. Evolusi pada Analitik Big Data
Saat ini banyak perusahaan menggunakan alat dan teknologi berbeda seperti Python untuk menganalisis Big Data. Bisnis juga berfokus untuk mengidentifikasi alasan dibalik peristiwa tertentu yang terjadi saat ini. Untuk mengetahui hal tersebut, dibutuhkan analitik prediktif yang dapat membantu perusahaan membaca situasi di masa depan. Salah satu contoh, kamu bisa mengetahui minat pelanggan lewat riwayat pembelian atau penelusuran internet mereka. Dengan begitu, akan tercipta sebuah strategi untuk mempertahankan pelanggan sekaligus mendapat pelanggan baru.

4. Data as a Service
Diprediksi banyak perusahaan yang akan menggunakan Data as a Service (DaaS) di tahun depan. DaaS adalah teknologi manajemen data dengan cloud untuk layanan pengiriman, pemrosesan, integrasi, dan analitik data menggunakan koneksi jaringan. Pengguna membutuhkan internet berkecepatan tinggi untuk mengakses file digital agar dapat berbagi data secara real time (langsung) dan mampu meningkatkan produktivitas kerja.  

5. Dorongan dari Konsumen
Selain beberapa hal di atas, faktor kepuasan konsumen juga berpengaruh pada tren Data Science 2020. Data pribadi pada platform seperti Facebook, WhatsApp, dan lainnya banyak disalah gunakan. Hal tersebut membuat lembaga perlindungan konsumen terus mendorong pemerintah untuk membuat kebijakan khusus bagi perusahaan dalam hal transparansi data konsumen. Dengan begitu, nilai keamanan dan kepraktisan data science semakin meningkat.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat