Mana Sih yang Lebih Menguntungkan, Berkarir di Startup atau Perusahaan Besar? - IDS Digital College

Mana Sih yang Lebih Menguntungkan, Berkarir di Startup atau Perusahaan Besar?

Pasti banyak banget nih dari kalian para fresh graduate jurusan Sistem Informasi yang lagi bingung mau cari kerja dimana, iya kan? Bingung mau kerja langsung di perusahaan besar atau mulai karir dari bawah bareng perusahaan startup yang baru merintis karir perusahaan mereka juga?

 

Memang ada banyak sekali yang tergiur untuk bekerja di perusahaan besar. Karena sudah ada sistem kerja yang jelas, gaji yang besar sampai berbagai macam fasilitas yang ditawarkan perusahaan. Tapi ada juga banyak yang ingin bekerja di startup karena model kerjanya yang anak muda banget, gaji yang besar juga, dan fasilitas kerja yang ditawarkan juga. Jadi makin bingung deh mau pilih yang mana.

 

Kebanyakan orang pasti lebih menyarankan untuk bergabung dengan perusahaan besar saja. Karena meskipun startup juga bisa menguntungkan namun perusahaan besar dirasa lebih stabil dan bisa dipilih sebagai tempat bekerja jangka panjang. Tapi apakah hanya itu saja batasan kamu dalam memilih sebuah pekerjaan?

 

Hubungan pekerjaan dengan teman sekantor

Dalam memilih sebuah pekerjaan, melihat lingkup ruang kerjanya juga perlu diperhatikan. Rata-rata karyawan yang keluar lebih cepat daripada kontrak yang telah dibuat biasanya merasa tidak nyaman dengan beban kerja yang tidak sesuai atau lingkungan kerja yang toxic. Kalau kamu bergabung dengan perusahaan besar, biasanya sudah ada fix position junior dan senior. Sehingga ada jarak yang terjadi.

 

Berbeda jika bergabung dengan startup. Karena merupakan perusahaan rintisan, biasanya pekerjanya memiliki misi yang sama dan sedang membangun sistem awal makan jalinan pertemanan dalam pekerjaan akan terjalin lebih kuat. Karena mereka akan saling bahu membahu meskipun sudah memiliki jobdesc dan kedudukan masing-masing.

 

Ide apapun bisa didengar di Startup, di perusahaan besang mana bisa?

Ini salah satu perbedaan paling menonjol diantara keduanya. Tipikal perusahaan startup adalah memberikan banyak kebebasan dan tidak membelenggu para pegawainya. Mulai dari jam kerja, tempat bekerja, hingga cara bekerja. Sehingga jika ada ide sekecil apapun bisa didengar, didiskusikan dan dieksekusi. Karena perusahaan startup menyukai brainstorming ide-ide kreatif yang dibagikan oleh pegawainya. Sehingga sangat cocok untuk mengembangkan skill pegawai dan gagasan yang ada untuk perkembangan perusahaan.

 

Jika bergabung dengan perusahaan besar, untuk memberikan pendapat atau ide. Kamu harus melewati prosedur atau pola yang sesuai dengan urutan hirarki perusahaan. Karena jika tidak melewati urutan yang tepat bisa membuat orang yang dilompati merasa tidak dihargai dan menimbulkan konflik dalam lingkup pekerjaan.

 

Kultur perusahaan yang fleksibel vs kaku

Ini adalah perbedaan terpenting antara perusahaan startup dan perusahaan besar. Sesuai yang kamu ketahui, perusahaan besar sudah memiliki jadwal fix. Jadwal kerja 8 jam sehari, waktu libur yang ditentukan, shift kerja yang terbagi 1-3 dan masih banyak lagi. Sehingga membuatmu akan terus mengulangi rutinitas yang sama setiap harinya.

 

Berbeda dengan perusahaan besar, perusahaan startup biasanya lebih fleksibel. Sangat cocok buat kamu yang enggan bekerja dengan rutinitas yang sama setiap harinya. Karena jam produktif orang berbeda-beda dan startup mengetahui hal itu. Mereka memberlakukan jam kerja sesuai yang kamu mau, bisa siang, pagi, sore, hingga malam hari. Tergantung jam produktifmu berada pada jam berapa. Untuk urusan outfit juga, kamu tidak harus berpakaian yang selalu rapi dengan kemeja, rok, dasi, sepatu hak dan lain sebagainya. Menggunakan sepatu casual pun diperbolehkan. Jadi mending pilih yang mana hayo?

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat