Hobi Nge-game saat Pandemi? Ternyata Banyak Sisi Positifnya, Lho! - IDS Digital College

Hobi Nge-game saat Pandemi? Ternyata Banyak Sisi Positifnya, Lho!

Selama ini kita pasti punya stereotip kalau sering bermain game bukan merupakan kebiasaan yang baik. Selain tidak memberikan manfaat, juga membuang waktu yang berharga. Sebenarnya stereotip ini sudah harus mulai dihilangkan. Kenapa? Wah, jangan salah! Karena games udah termasuk menjadi bagian dari e-sport, bahkan masuk ke dalam ajang olahraga bergengsi Sea Games. Jadi meskipun hobimu bermain game, kamu bisa menjadi atlet gamers profesional loh    !

 

Nah selama pandemi ini WHO malah menyarankan orang-orang untuk bermain game. Karena bisa mengurangi stress, bersosialisasi dengan orang lain lewat game dan tentunya menghindari diri dari penyebaran virus COVID19. Karena dengan bermain game kamu akan merasa lebih betah untuk berada di dalam rumah.

 

Saat ini perkembangan game online juga semakin pesat. Setiap harinya selalu ada saja game baru yang bisa kamu mainkan. Permainan seperti Hago dan Plato juga memungkinkan kamu untuk bermain game-game ringan bersama teman-teman. Bahkan diimingi-imingi dengan hadiah pulsa.

 

Jika kamu tipe pecinta permainan moba, kamu bisa bermain game seperti Mobile Legend, Arena of Valor, League of Legends: Wild Rift!. Free Fire, PUBG, dan lain sebagainya. Kamu bisa bermain bersama teman-temanmu, meningkatkan skill mu dalam permainan. Siapa tahu kan, kamu bisa juga menjadi pemain game profesional hingga ikut ajang olahraga Sea Games juga?

 

Dilansir dari kompas.com, seorang psikoterapis di New York, Alexander Kriss, PhD mengungkapkan bahwa game dapat memberikan cara bagi anak-anak dan orang dewasa untuk melakukan kontak dengan aspek-aspek penting dalam kehidupan nyata. Disini yang dimaksud adalah interaksi sosial, mempelajari keterampilan , mencapai tujuan dan bersenang-senang sambil tetap terkurung aman di ruang virtual.

 

Artinya bersosialisasi dalam permainan dapat menawarkan kemungkinan yang lebih dalam bentuk emosional dibanding interaksi jarak jauh lainnya. Karena game membawa para pemainnya untuk berada dalam dunia yang sama, dimana dunia itu terpisah dari kehidupan nyata di saat pandemi ini berlangsung. Sehingga untuk sesaat orang yang bermain game akan melupakan kecemasaan soal pandemi dan kecemasan kehidupan realita yang ada. Sehingga bisa mengurangi kadar stress.

 

Game juga bisa memberikan banyak manfaat positif lainnya. Salah satunya menumbuhkan sifat gigih. Karena saat bermain game tujuan utamanya adalah untuk memenangkan permainan. Jika mereka yang bermain game terus gagal dan belum menang, mereka akan berusaha mengatasi hal itu. Dengan terus bermain, mencoba lagi hingga berhasil sehingga secara tidak langsung memupuk sifat gigih yang jika menjadi sebuah kebiasaan sangat baik untuk digunakan dalam kehidupan nyata.

 

Bermain game juga membuat otak lebih rileks dan melatih konsentrasi. Bagaimana tidak, jika kamu bermain game strategi kamu akan dihadapkan pada situasi dimana kamu harus memiliki kecepatan reaksi, memperbaiki memori, kemampuan menalar hingga kesadaran spesial yang mau tidak mau membuatmu melatih konsentrasi dan meningkatkan kreativitasmu untuk menyelesaikan masalah. Kamu juga akan lebih fokus pada apa yang terjadi di sekelilingmu.

 

Tidak hanya itu, bermain game juga membantu meningkatkan daya ingat. Jika kamu pernah bermain game Rise of Nations kamu pasti mengerti game ini tentang pemain yang berkeinginan mendominasi dunia. Untuk menguasai dunia kamu harus melakukan setumpuk pekerjaan yang berat termasuk membuat strategi militer, membangun kota, mengelola ekonomi dan memberi makan rakyat. Dengan bermain game ini membuatmu meningkatkan cara kerja otak, daya nalar, ingatan jangka pendek dan kemampuan untuk berganti tugas.

 

Punya hobi main games dan ingin jadi game development? Kuliah di jurusan Teknik Informatika di IDS Digital Collage aja!

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat