Mau Ambil Program D3 Ke S1? Simak Dulu Ulasan Berikut Ini! - IDS Digital College

Mau Ambil Program D3 Ke S1? Simak Dulu Ulasan Berikut Ini!

Jika bicara kuliah, umumnya yang ada di benak kamu pasti seputar “sarjana”. Ini wajar sih, karena sejak dulu, jika seseorang memutuskan untuk kuliah pasti otomatis disebut sarjana. Padahal jenjang pendidikan perkuliahan bukan melulu S1 saja, masih ada jenjang vokasi yang kini juga memiliki banyak peminat. 

Mengenal Pendidikan Vokasi

Pendidikan vokasi adalah pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu, meliputi pendidikan program diploma (Diploma 1/Ahli Pratama. Diploma 2/Ahli Muda, Diploma 3/Ahli Madya, dan Diploma 4/Sarjana Terapan). 

Kini tidak sedikit calon mahasiswa yang mengambil jenjang pendidikan vokasi D3 ketimbang S1. Ini bisa keran jurusan yang diinginkan belum tersedia, selain itu D3 juga memiliki keunggulan dibandingkan kuliah S1. Kuliah D3 dirasa bisa lulus lebih cepat. Menempuh kuliah D3 juga akan membebaskan kamu dari skripsi yang kerap membuat mahasiswa semester akhir suka galau. Mengambil jurusan D3 akan membuat kamu lebih banyak praktek dibanding menerima kajian teori saja. Yang nggak kalah penting, para lulusan D3 punya kesempatan kerja yang jauh lebih luas. 

Mengenal Program Ekstensi

Namun, meski demikian banyak lulusan D3 yang masih menginginkan untuk melanjutkan ke jenjang S1. Bagi kamu yang tengah memiliki keinginan untuk melanjutkan studi S1 dapat memilih program alih jenjang (ekstensi) yang sudah disediakan oleh beberapa kampus di Indonesia, salah satunya IDS College. 

Program ekstensi sendiri merupakan sebuah program pendidikan yang bisa dipilih oleh mahasiswa lulusan program D3 yang ingin mengekstensi atau memperpanjang jenjang pendidikannya menjadi S1. Nantinya melalui program ini, kamu para lulusan D3 bisa melanjutkan kuliah ke jenjang S1 tanpa harus mengulang dari awal. Waktu yang dibutuhkan untuk program ekstensi ini juga relatif lebih pendek. Kamu hanya butuh waktu perkuliahan selama 1 tahun untuk menyelesaikan gelar S1. Jika kamu sudah menempuh program ekstensi ini, maka gelar D3 kamu akan berubah menjadi gelar Sarjana. 

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Program Ekstensi

Sejatinya di Indonesia sendiri tidak semua kampus menyediakan program ekstensi D3 ke S1, sehingga ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika mengambil program ekstensi ini. 

1. Pilih universitas yang menyediakan program ekstensi
Sebelum kamu memutuskan untuk kuliah ekstensi di mana, terlebih dulu harus mencari informasi universitas mana saja yang menyediakan program ekstensi. Dengan mendata universitas mana saja yang menyediakan program ekstensi, kamu bisa mengerucutkan kampus mana yang ingin dituju, serta jurusan apa yang diinginkan.  

2. Tentukan jurusan yang satu bidang
Selain menentukan universitas yang menyediakan program ekstensi, kamu juga harus menentukan dengan jurusan atau program D3 yang sebelumnya sudah kamu ambil. Misalnya, saat D3 kemarin kamu mengambil jurusan Programming, maka pilihan S1 kamu bisa mengambil jurusan S1 Software Engineering yang sudah ada di IDS College. 

Jadi disini nantinya kamu hanya akan menambah mata kuliah yang sebelumnya kamu ambil, tanpa harus retake atau mengulang mata kuliah yang sudah pernah diikuti. Jangan bingung, kamu bisa pilih dulu jurusan linier, nantinya pihak universitas sendiri yang akan memutuskan berapa sisa jumlah SKS yang perlu kamu ambil. 

Namun, jika kamu memutuskan untuk mengambil jurusan yang berbeda maka dengan sangat terpaksa harus mengulang semua mata kuliah yang belum dijalani. Ini sama saja dengan berkuliah lagi bukan melakukan program ekstensi. Nantinya kamu akan mendapatkan dua gelar, yaitu Diploma dan Sarjana.

Nah, sudah cukup jelas kan tentang program ekstensi D3 ke S1. Semoga informasi ini bermanfaat ya untuk kamu yang sedang ingin melanjutkan ke program Sarjana.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat