Membuat Aplikasi Android - IDS Digital College

Cara Mudah Membuat Aplikasi Android Untuk Startup

Kementrian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo menyatakan, penggunaan internet di Indonesia sangat tinggi. Hal itu didorong  oleh tarif internet yang murah, dan banyaknya jumlah pengguna ponsel pintar mencapai 167 juta orang atau 89% dari total penduduk Indonesia. Sebagian besar penduduk Indonesia sendiri menggunakan Smartphone Android maka dari itu Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen & Komputer Indo Daya Suvana (IDS Digital Collage) kembali melaksanakan webminar dengan mengangkat tema “Cara Mudah Membuat Aplikasi Android Untuk StartUp” lewat Zoom Meeting, Rabu (26/01/2022).

Adapun tema “Cara Mudah Membuat Aplikasi Android Untuk StartUp” ini diambil selain topiknya diminati oleh banyak kalangan, IDS Digital Collage menghadirkan pembicara yang berkopenten di bidangnya Ipang Santoso., S.Kom, M.Kom adalah Praktisi IT dan Dosen

cara mudah membuat aplikasi android

Kegiatan ini dimulai pada pukul 16.00 WIB yang dihadiri oleh 107 partisipan serta diawali dengan salam sapa dari presenter kepada audiens lalu sambutan dari pihak IDS Digital College itu sendiri yang mana menjelaskan secara singkat mengenai Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen & Komputer Indo Daya Suvana (IDS Digital Collage) kepada audiens dan  dilanjut dengan pemaparan dari narasumber yang hadir dalam Zoom Meeting tersebut.

Ipang Santoso menjelaskan bahwa, Tren penggunaan internet telah menjadi kebutuhan dasar setiap orang. Hampir semua orang kebutuhan dapat dipenuhi dengan menggunakan internet. Pandemi Covid telah memaksa perubahan dalam kebiasaan masyarakat dari tatap muka ke digital. Ini meningkatkan penggunaan internet. Perubahan pola pikir masyarakat yang mau semuanya menjadi instan juga salah satunya penyebab meningkatnya penggunaan internet Kemajuan teknologi smartphone dan industri 4.0 juga merupakan Faktor penggunaan internet meningkat.

“mindset dari masyarakat yang saat ini terbiasa semuanya menjadi instan,yang dimana e-commerce pun semuanya serba online, semakin meningkatkan ketergantungan manusia terhadap internet,” ujar Ipang

biaya pembuatan aplikasi android

Selain menjelaskan bagaimana internet saat ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia, Ipang juga menjelaskan apa itu startup, proses membangunnya, serta rencananya yang mana ini sangat penting untuk dipertimbangkan. Ketika kita ingin membangun sebuah startup kita juga harus mempertimbangkan beberapa hal seperti spesifikasi produk itu sendiri, service yang akan kita berikan, tim, perencanaan pemasarannya, rencana pendanaan, model bisnis, serta target marketnya.

“untuk membuat startup itu kita harus menginvestasikan, bukan hanya uang tapi waktu dan kesungguhan ketiga hal tersebut harus sejalan dengan selaras, jika ketiga hal tersebut tidak sejalan dengan selaras biasanya akan berhenti ditengah jalan untuk membangun sebuah startup kita tidak dapat mengendalikan orang lain, ketika kita membuat startup itu kita harus turun langsung dan itu membutuhkan sebuah kesungguhan jadi kita harus menginvestasikan ketiganya”.

Lebih jauh ipang,

“untuk membuat prototype itu tidak harus membuat sebuah aplikasi yang utuh yang sudah jadi. kalo kita berpikir untuk membuat sebuah prototype itu semua terkadang malah membuat fitur yang tidak penting dimasukkan. Untuk membuat sebuah prototype yang harus kita masukkan adalah fitur utama dan fitur basic,”

Sesi pun dilanjutkan dengan sesi tanya jawab setelah penjelasan singkat tahap-tahap pembuatan aplikasi di Android, sesi tenya jawab berlangsung secara interaktif antara audiens dan juga naraasumber. “bagaiman aprosedur agar aplikasinya bisa online, apakah membutuhkan biaya yang besar agar aplikasi ini berjalan dari first build hingga sampai dikonsumen?” Ujar Muh. Darsono dari Makasar

Pada akhir sesi setelah ipang menjelaskan bahwa tahap-tahap untuk mempelajari dan membuat aplikasi android minimum untuk miliki programing experience atau paham tentang basic programming terlebih dahulu, karena bukan berarti ketika belum pernah mempelajari pemograman tidak bisa membuat nya tetapi tingkat kesulitannya akan lebih tingi.

Posted in: News



    WhatsApp chat