Mengelola Data Absensi Karyawan Dengan Attendance Management Software - IDS Digital College

Mengelola Data Absensi Karyawan Dengan Attendance Management Software

Dalam dunia perusahaan attendance management software pasti sudah sering didengar. Meski istilahnya terdengar asing, attendance management software merupakan software atau aplikasi yang dirancang khusus untuk mengelola data absensi karyawan perusahaan agar optimal. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bukan hanya bisa mendeteksi absensi saja tapi juga sekaligus merekap data karyawan. Selain itu, biaya aplikasi absensi ini pun cukup beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan dana yang telah disiapkan oleh perusahaan. Rekomendasi attendance management software terbaik Untuk menemukan aplikasi yang terbaik, Anda perlu memperhatikan kelengkapan fiturnya. Aplikasi absensi karyawan terbaik memiliki fitur yang lengkap dan dapat memenuhi kebutuhan perusahaan, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, aplikasi terbaik juga memungkinkan tiap proses pengumpulan data karyawan dapat dilakukan instan, mudah dan memungkinkan melacak karyawan secara real time. Berikut deretan attendance management software terbaik yang sangat bagi Anda direkomendasikan untuk dicoba: 1. Time station Time Station merupakan software attendance management yang menggunakan barcode sebagai alat untuk melakukan absensi. Perusahaan hanya tinggal mendaftarkan data perusahaan dan data karyawan, kemudian secara otomatis setiap pegawai akan mendapatkan barcode. Para pegawai wajib untuk scan barcode ketika absen masuk dan ketika pulang. Perusahaan cukup menyediakan satu smartphone yang dapat digunakan seluruh karyawan. Untuk mengecek ketepatan karyawan cukup login pada situs resminya mutimestation.com. Biaya yang dibutuhkan untuk menggunakan aplikasi ini sebesar US$19,95 dalam setiap bulannya yang bisa mencakup hingga 20 karyawan. Namun, jika perusahaan mempunyai jumlah karyawan yang sangat banyak, bisa memilih tawaran yang diberikan dengan harga sebesar US$59,95 untuk setiap bulannya yang dapat menampung kapasitas hingga 200 orang. Tentunya sebelum menyetujui pembayaran tersebut, ada trial yang bisa kamu nikmati selama 30 hari. 2. Virtual attendance Jika time station menggunakan barcode, maka virtual attendance menggunakan kode QR untuk proses absensi. Penggunaan kode tersebut tentu bisa digunakan oleh berbagai divisi serta manajer untuk bisa mengurus jadwal serta pergantian shift pada karyawan. Cara penggunaannya, dapat diunduh melalui smartphone kemudian membuat profil para pegawai. Meskipun dalam penggunaannya melalui kode QR, akan tetapi aplikasi ini tidak memberikan bentuk perizinan untuk bisa melacak lokasi para karyawan. Pada dasarnya, aplikasi ini dikhususkan untuk para pebisnis kecil yang baru memulai usaha. Aplikasi ini mengincar para pebisnis kecil yang baru memulai usaha, sehingga hanya bisa digunakan oleh satu manajer dan lima pegawai secara gratis. 3. Talenta by Mekari Aplikasi terbaik untuk mengolah data absensi salah satunya adalah Talenta by Merkari. Aplikasi ini dapat membantu perusahaan untuk mengelola segala segala data seperti absensi, transaksi, pengelolaan jadwal cuti, memantau keterlambatan, penentuan jam istirahat dan lain sebagainya. Aplikasi ini sangat membantu untuk melakukan absensi online karena sudah berbasis GPS dan fitur selfie. Dengan aplikasi ini, proses pengolahan data dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat waktu. Mengingat bahwa perusahaan mempunyai banyak sekali pekerjaan disamping mengelola dan mengatur jadwal karyawan. 4. Zoho people Rekomendasi attendance management software berikutnya yaitu zoho people. Aplikasi gratis ini merupakan salah satu aplikasi yang mudah penggunaannya tapi tetap mempunyai berbagai macam fitur yang dapat membantu memberikan solusi. Fitur yang dihadirkan pada aplikasi ini antara lain, presensi karyawan, jadwal kerja karyawan, penyimpanan data-data penting perusahaan, pengambilan cuti karyawan dan masih banyak lagi yang lainnya. Di dalam aplikasi ini terdapat fitur unggulan yang bisa digunakan untuk melacak IP address dan time tracking, yang tentunya berguna untuk mengetahui lokasi karyawan dan waktu saat karyawan melakukan absensi. Fasilitas dashboard yang ada di dalam situs web resmi dan juga di dalam software bisa diubah-ubah sesuai dengan keinginan. Mulai dari dokumen, form, hingga laporan presensi karyawan bisa dilakukan dalam aplikasi ini. 5. PHP timeclock Rekomendasi yang terakhir yaitu PHP Time Clock. Aplikasi berbasis website sederhana ini hadir sejak tahun 2006 dan sudah terkenal hingga saat ini karena dinilai sangat efektif. Software ini mempunyai fitur yang menarik, mulai mengatur jam istirahat karyawan hingga mengatur jadwal libur. Ada juga fitur untuk membuat laporan absensi karyawan yang dapat dikategorikan berdasarkan divisi yang ada pada perusahaan. Kamu bahkan bisa mengakses software ini menggunakan smartphone pribadi meski sedang tidak berada di kantor. Mengapa attendance management software banyak dicari? Dengan banyaknya jenis software attendance management yang ada saat ini, tentu ini tidak lepas juga karena manfaat yang didapat dengan menggunakan software ini. Lalu, apa saja manfaat yang dapat diberikan oleh software attendance management untuk perusahaan? ● Mudah diakses Alasan pertama perusahaan menggunakan attendance management software karena penggunaannya yang efisien dan mudah diakses dimana saja. Perusahaan dapat melihat real time absensi karyawan. Dalam mengolah data absensi karyawan bisa lebih cepat dan mudah. Mengakses software ini juga bisa dengan berbagai perangkat, seperti PC dan smartphone. Akses yang mudah ini tentu memberikan keuntungan bagi karyawan dan perusahaan karena bisa diakses dimana saja dan kapan saja sesuai kebutuhan. ● Sistem otomatis Sistem pada software ini diproses secara otomatis, jadi bisa meminimalisir terjadinya kesalahan saat pengisian data atau human error. Dengan demikian, data yang dihasilkan jadi lebih akurat. Selain itu, sistem otomatis juga membuat durasi pengerjaan jadi lebih cepat. Software ini dapat terintegrasi dari absensi karyawan dengan kebutuhan payroll perusahaan. Ini tentu mempermudah penghitungan gaji setiap bulannya. ● Data lebih aman Menggunakan attendance management software pengolahan data dapat dilakukan dengan lebih aman. Karena, aplikasi ini pada umumnya menggunakan cloud untuk menyimpan data sehingga data bisa disimpan secara otomatis. Aplikasi ini dapat meminimalisir terjadinya kecurangan saat pengisian absensi dengan mengatur akses pengguna sehingga tidak sembarang orang bisa mengakses. Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai pembuatan attendance management software dan Cyber Security Indonesia kamu bisa ambil Jurusan Sistem Informasi di IDC Digital College. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Jurusan Sistem Informasi kamu bisa lihat di halaman website https://ids.ac.id/

Dalam dunia perusahaan attendance management software pasti sudah sering didengar. Meski istilahnya terdengar asing, attendance management software merupakan software atau aplikasi yang dirancang khusus untuk mengelola data absensi karyawan perusahaan agar optimal. 

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bukan hanya bisa mendeteksi absensi saja tapi juga sekaligus merekap data karyawan. Selain itu, biaya aplikasi absensi ini pun cukup beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan dana yang telah disiapkan oleh perusahaan. 

Rekomendasi attendance management software terbaik

Untuk menemukan aplikasi yang terbaik, Anda perlu memperhatikan kelengkapan fiturnya. Aplikasi absensi karyawan terbaik memiliki fitur yang lengkap dan dapat memenuhi kebutuhan perusahaan, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, aplikasi terbaik juga memungkinkan tiap proses pengumpulan data karyawan dapat dilakukan instan, mudah dan memungkinkan melacak karyawan secara real time. Berikut deretan attendance management software terbaik yang sangat bagi Anda direkomendasikan untuk dicoba:

1. Time station 

Time Station merupakan software attendance management yang menggunakan barcode sebagai alat untuk melakukan absensi. Perusahaan hanya tinggal mendaftarkan data perusahaan dan data karyawan, kemudian secara otomatis setiap pegawai akan mendapatkan barcode. Para pegawai wajib untuk scan barcode ketika absen masuk dan ketika pulang. Perusahaan cukup menyediakan satu smartphone yang dapat digunakan seluruh karyawan. Untuk mengecek ketepatan karyawan cukup login pada situs resminya mutimestation.com.

Biaya yang dibutuhkan untuk menggunakan aplikasi ini sebesar US$19,95 dalam setiap bulannya yang bisa mencakup hingga 20 karyawan. Namun, jika perusahaan mempunyai jumlah karyawan yang sangat banyak, bisa memilih tawaran yang diberikan dengan harga sebesar US$59,95 untuk setiap bulannya yang dapat menampung kapasitas hingga 200 orang. Tentunya sebelum menyetujui pembayaran tersebut, ada trial yang bisa kamu nikmati selama 30 hari.

2. Virtual attendance

Jika time station menggunakan barcode, maka virtual attendance menggunakan kode QR untuk proses absensi. Penggunaan kode tersebut tentu bisa digunakan oleh berbagai divisi serta manajer untuk bisa mengurus jadwal serta pergantian shift pada karyawan. 

Cara penggunaannya, dapat diunduh melalui smartphone kemudian membuat profil para pegawai. Meskipun dalam penggunaannya melalui kode QR, akan tetapi aplikasi ini tidak memberikan bentuk perizinan untuk bisa melacak lokasi para karyawan. Pada dasarnya, aplikasi ini dikhususkan untuk para pebisnis kecil yang baru memulai usaha.

Aplikasi ini mengincar para pebisnis kecil yang baru memulai usaha, sehingga hanya bisa digunakan oleh satu manajer dan lima pegawai secara gratis.

3. Talenta by Mekari 

Aplikasi terbaik untuk mengolah data absensi salah satunya adalah Talenta by Merkari. Aplikasi ini dapat membantu perusahaan untuk mengelola segala segala data seperti absensi, transaksi, pengelolaan jadwal cuti, memantau keterlambatan, penentuan jam istirahat dan lain sebagainya. Aplikasi ini sangat membantu untuk melakukan absensi online karena sudah berbasis GPS dan fitur selfie. 

Dengan aplikasi ini, proses pengolahan data dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat waktu. Mengingat bahwa perusahaan mempunyai banyak sekali pekerjaan disamping mengelola dan mengatur jadwal karyawan. 

4. Zoho people

Rekomendasi attendance management software berikutnya yaitu zoho people. Aplikasi gratis ini merupakan salah satu aplikasi yang mudah penggunaannya tapi tetap mempunyai berbagai macam fitur yang dapat membantu memberikan solusi.

Fitur yang dihadirkan pada aplikasi ini antara lain, presensi karyawan, jadwal kerja karyawan, penyimpanan data-data penting perusahaan, pengambilan cuti karyawan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Di dalam aplikasi ini terdapat fitur unggulan yang bisa digunakan untuk melacak IP address dan time tracking, yang tentunya berguna untuk mengetahui lokasi karyawan dan waktu saat karyawan melakukan absensi. 

Baca Juga: Analisis Efisiensi Perusahaan Dalam Sistem Informasi Manajemen

Fasilitas dashboard yang ada di dalam situs web resmi dan juga di dalam software bisa diubah-ubah sesuai dengan keinginan. Mulai dari dokumen, form, hingga laporan presensi karyawan bisa dilakukan dalam aplikasi ini.

5. PHP timeclock

Rekomendasi yang terakhir yaitu PHP Time Clock. Aplikasi berbasis website sederhana ini hadir sejak tahun 2006 dan sudah terkenal hingga saat ini karena dinilai sangat efektif. 

Software ini mempunyai fitur yang menarik, mulai mengatur jam istirahat karyawan hingga mengatur jadwal libur. Ada juga fitur untuk membuat laporan absensi karyawan yang dapat dikategorikan berdasarkan divisi yang ada pada perusahaan. Kamu bahkan bisa mengakses software ini menggunakan smartphone pribadi meski sedang tidak berada di kantor. 

Mengapa attendance management software banyak dicari?

Dengan banyaknya jenis software attendance management yang ada saat ini, tentu ini tidak lepas juga karena manfaat yang didapat dengan menggunakan software ini. Lalu, apa saja manfaat yang dapat diberikan oleh software attendance management untuk perusahaan? 

Mudah diakses

Alasan pertama perusahaan menggunakan attendance management software karena penggunaannya yang efisien dan mudah diakses dimana saja. Perusahaan dapat melihat real time absensi karyawan. Dalam mengolah data absensi karyawan bisa lebih cepat dan mudah. Mengakses software ini juga bisa dengan berbagai perangkat, seperti PC dan smartphone. Akses yang mudah ini tentu memberikan keuntungan bagi karyawan dan perusahaan karena bisa diakses dimana saja dan kapan saja sesuai kebutuhan. 

Sistem otomatis

Sistem pada software ini diproses secara otomatis, jadi bisa meminimalisir terjadinya kesalahan saat pengisian data atau human error. Dengan demikian, data yang dihasilkan jadi lebih akurat. Selain itu, sistem otomatis juga membuat durasi pengerjaan jadi lebih cepat. Software ini dapat terintegrasi dari absensi karyawan dengan kebutuhan payroll perusahaan. Ini tentu mempermudah penghitungan gaji setiap bulannya.

Data lebih aman

Menggunakan attendance management software pengolahan data dapat dilakukan dengan lebih aman. Karena, aplikasi ini pada umumnya menggunakan cloud untuk menyimpan data sehingga data bisa disimpan secara otomatis. Aplikasi ini dapat meminimalisir terjadinya kecurangan saat pengisian absensi dengan mengatur akses pengguna sehingga tidak sembarang orang bisa mengakses. 

Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai pembuatan attendance management software dan Cyber Security Indonesia kamu bisa ambil Jurusan Sistem Informasi di IDC Digital College. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Jurusan Sistem Informasi kamu bisa lihat di halaman website https://ids.ac.id/

Posted in: News



    error

    Enjoy this blog? Please spread the word :)

    WhatsApp chat