Mengenal Cloud Computing - IDS Digital College

Mengenal Cloud Computing serta Ketiga Layanannya

Cloud Computing merupakan cara penyimpanan data paling populer dan banyak digunakan saat ini. Bukan tanpa alasan, penyimpanan data lewat cloud computing menawarkan kemudahan akses dari mana saja dan lewat perangkat apapun.

Keuntungan lain menggunakannya adalah keamanan, hemat biaya, serta layanan yang disediakannya. Lewat cloud computing kita dapat menghosting, menyimpan, mengelola, dan memproses data secara online dalam sistem cloud.

Cloud computing diterjemahkan secara bebas ke dalam bahasa Indonesia sebagai komputasi awan. Term cloud atau awan yang digunakan dalam cloud computing merupakan metafora dari internet. Dengan gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis internet, yang memungkinkan penyimpanan data server jarak jauh selama pengguna memiliki akses internet.

Penggunaan Cloud Computing Bagi Perusahaan

Kolaborasi Tim Lebih Baik

Dengan ketersediaan akses secara remote, penggunaannya memungkinkan kolaborasi tim dengan lebih baik, terutama sejak pandemi muncul di dunia. Tim dapat bekerja sama jarak jauh secara real-time dengan menggunakan cloud computing.

Menghemat Biaya Penggunaan. Perusahaan tidak perlu membangun manajemen IT mereka sendiri.  Perusahaan hanya memerlukan pusat server dan divisi IT untuk memastikan internet cepat dan stabil agar pekerja lain dapat mengakses cloud.

Penyimpanan Tanpa Batas

Dibandingkan dengan ruang penyimpanan di komputer, cloud computing menawarkan kapasitas penyimpanan hampir tanpa batas. Kamu selalu dapat menambah kapasitas penyimpanan di cloud dengan biaya yang telah ditentukan.

Adanya Fitur Backup dan Recovery

Penyimpanan file atau data lewat cloud computing memungkinkan backup dan recovery. Tak perlu takut dengan ancaman data rusak atau hilang jika sudah memutuskan menggunakan cloud computing.

Cloud Computing berdasarkan Layanannya

Cloud Computing merupakan sebuah sistem yang terdiri dari 3 layanan yang memiliki beragam fungsi dengan keuntungan dan kelemahannya masing-masing. Hal ini dapat membantu kamu memilih layanan cloud computing sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

SaaS (Software as a Service)

SaaS (Software as a Service)

SaaS atau perangkat lunak sebagai layanan adalah software yang dijadikan sebagai layanan bersifat online. SaaS sering juga disebut sebagai layanan aplikasi cloud. SaaS memanfaatkan internet untuk menjalankan aplikasi yang dikelola oleh pihak ketiga.

Ketika menggunakan layanan SaaS, kamu tidak perlu memahami hal teknis dari layanan tersebut, seperti mengenai penyimpanan data dan server serta pengelolaan perangkat. Hal tersebut merupakan service yang telah disediakan oleh penyedia layanan.

Keuntungan SaaS Pengguna hanya perlu fokus pada data miliknya karena aplikasi telah terinstal dan terkonfigurasi secara otomatis.

Kelemahan SaaS Pengguna tidak memiliki kendali penuh terhadap layanan aplikasi. Kelemahan SaaS lainnya meliputi interoperabilitas, kurangnya dukungan integrasi dan kustomisasi, kurang kontrol dan keamanan data, serta keterbatasan fitur dan performa.

IaaS (Infrastructure as a Service)

IaaS (Infrastructure as a Service)

IaaS atau Infrastruktur sebagai layanan merupakan layanan cloud yang pada dasarnya merupakan server fisik dan virtual server. Untuk menggunakan layanan IaaS, kam tidak perlu membeli komputer dan peralatannya secara fisik, melakukan pemeliharaan rutin, dan melakukan konfigurasi perangkat.

Kelebihan Sistem cloud dengan layanan paling fleksibel dan dinamis, pembelian layanan yang dapat didasarkan pada konsumsi, resource dapat dibeli sesuai dengan kebutuhan, mudah dalam mengotomatiskan penyebaran penyimpanan, jaringan server dan kekuatan pemrosesan, serta klien dapat memegang kendali penuh terhadap infrastruktur mereka

Kelemahan Pengguna perlu mengurus sendiri OS, keamanan, database, dan lain sebagainya karena penyedia layanan IaaS hanya memberikan server dan jaringan.

PaaS (Platform as a Service)

PaaS (Platform as a Service)

PaaS atau platform sebagai layanan adalah layanan cloud yang disediakan dalam bentuk platform dan dapat dimanfaatkan pengguna dalam membuat aplikasi. PaaS memberikan framework bagi developer yang dapat mereka bangun dan gunakan untuk membuat aplikasi yang telah disesuaikan.

Ketika kamu memutuskan menggunakan layanan IaaS, semua server, penyimpanan dan jaringan akan dikelola oleh pihak ketiga, namun kamu dapat mengelola manajemen aplikasi.

Kelebihan PaaS memiliki software yang kuat dan multi tenant, pengembangan aplikasi yang sederhana dan hemat biaya, serta migrasi lebih mudah ke model hybrid.

Kelemahan Fitur keamanan pada layanan PaaS adalah keamanan platform, dan bukan keamanan aplikasi, sehingga kamu harus tetap memperhitungkan risiko keamanan aplikasi yang kamu buat.

Sumber: helios.id

Posted in: News



    WhatsApp chat