Mengenal Istilah Transformasi Digital - IDS Digital College

Mengenal Istilah Transformasi Digital

Definisi transformasi digital

Transformasi digital adalah ketika sebuah entitas, seperti organisasi, atau perusahaan menggunakan proses yang melibatkan teknologi dan bersifat digital dalam membuat sesuatu atau memodifikasi proses bisnis, budaya, dan pelayanan customer. Transformasi digital adalah ketika bisnis menyesuaikan dengan era digital ini.

Transformasi digital bukan hanya seputar penerapan digital di bidang marketing atau pelayanannya. Tapi juga mencakup cara berpikir kita dan cara kita memberikan yang terbaik kepada customer, dengan hadirnya teknologi. Karena semuanya dilakukan secara digital, jadi kita harus berpikir bagaimana cara untuk menarik costumer dengan teknologi yang kita gunakan.

Digital Transformation

Apa bedanya digitasi  (digitization), digitalisasi (digitalization), dan transformasi digital (digital transformation)?

Digitasi adalah berpindah dan berubahnya berbagai catatan, dokumen, dan sebagainya yang tertulis di kertas, menjadi file digital yang bisa kita akses di komputer. Digitasi adalah proses konversi sebuah informasi dari bentuk analog ke bentuk digital. Untuk mendukung pencatatan, sebuah perusahaan biasanya merekam berbagai dokumen dalam sebuah kertas. Tapi dengan digitasi , prosesnya tidak lagi menggunakan kertas, namun berpindah ke bentuk digital. Bentuk digital ini bisa disimpan di perangkat yang tersambung dengan perangkat digital lainnya.

Sedangkan digitalisasi adalah saat kamu gunakan data digital untuk mempermudah berbagai pekerjaan. Penggunaan data digital ini akan sangat mempermudah dan membuat efisien. Dengan digitalisasi ini, kamu bisa lebih cepat dalam mencari data yang mungkin tercecer atau hilang. Dengan digitalisasi, kamu bisa gunakan fitur pengelompokan atau folder, dan sistem search untuk menemukan sebuah data. 

Misalnya saat melayani customer, di toko retail atau saat melayani call center. Dengan digitalisasi akan lebih mudah melayani costumer karena semua data milik customer mudah diakses dari komputer. Sebenarnya metode melayani customernya tidak berubah, tapi proses menemukan data yang relevan dan menawarkan solusi yang sesuai, akan jadi lebih cepat dan efisien hanya dengan memasukan kata kunci yang tepat, maka data akan bisa digunakan sebagai dasar melayani costumer.

Transformasi digital memberikan nilai positif saat berinteraksi dengan customer

Transformasi digital mengubah cara berbisnis dan di beberapa kejadian, bahkan menciptakan jenis bisnis baru. Dengan transformasi digital ini juga perusahaan kembali mengatur strategi dari mulai sistem internal hingga interaksi dengan customernya baik online maupun secara langsung. Karena perkembangan teknologi juga, dunia bisnis semakin bersaing menemukan cara yang paling cerdas, efektif, dan dapat menyelesaikan masalah untuk memperluas penggunaan teknologi di bidang masing-masing. 

Kita bisa lihat Netflix. Pada awalnya, Netflix hanya melayani pengiriman surat, lalu ke bidang rental video. Tapi kini, Netflix berhasil mendobrak dunia digital, sebagai media siaran, jaringan televisi, sekaligus studio produksi. Itulah transformasi digital, mencari celah yang memberi keuntungan dari teknologi dalam menjalankan bisnis.

Digital Transformation

Transformasi digital ditandai memahami setiap kemungkinan yang akan terjadi

Kunci dari transformasi digital ada di potensi teknologi perusahaan itu sendiri. Bukan hanya untuk mempersingkat dan mempermudah untuk melakukan sesuatu. Lebih tepatnya adalah, teknologi apa yang kita punya, bagaimana bisa diadaptasikan dengan efektif ke bisnis kita, dan bagaimana caranya agar kita bisa berinvestasi dengan teknologi itu. 

Kita lihat lagi Netflix sebagai contoh. Sebelum ada Netflix, biasanya kita menonton film harus pergi ke toko film, mencari judul yang seru yang sedang populer di rak kaset atau CD. Sekarang, rak-rak itu sudah berbentuk digital, berupa konten yang disajikan dalam perangkat personal seperti Handphone maupun komputer. Selain itu, konten ini juga dilengkapi rekomendasi dan ulasan dari pengguna-pengguna sebelumnya.

Tontonan video yang beralih menjadi digital dan disajikan dalam handphone, laptop, atau komputer kita adalah disrupsi yang sangat jitu untuk bisnis rental video tradisional. Adanya streaming digital ini juga membuat Netflix berinovasi menggunakan Artificial Intelligence yang bisa memberikan rekomendasi untuk penggunanya.

Adaptasikan bisnis kamu untuk memperluas transformasi digital

Sebelum ada teknologi, bisnis menunggu untuk didatangi customer, secara langsung maupun melalui call center. Tapi karena teknologi semakin maju dan media sosial juga mengambil peran, layanan iklan, marketing, penjualan, dan customer service berubah drastis. Perusahaan yang kreatif terus berusaha menjadikan media sosial untuk memperluas penawaran layanan mereka dengan langsung menemui customer di berbagai platform pilihan. Media sosial memberikan kanal tambahan dan berbagai kesempatan untuk menawarkan layanan terbaik untuk customer. Salah satu aspek transformasi digital adalah menggunakan media sosial untuk memasarkan produk dan menemui customer kamu disana.

Bukan hanya itu, media sosial juga bisa mengarahkan layanan dan pemasaran untuk merekam informasi customer, memberikan layanan yang personal, dan mengarahkan customer ke agen pelayanan bisnis kamu. 

Digitasi dan digitalisasi adalah aspek yang terjadi dalam sebuah transformasi digital dalam sebuah entitas, baik perusahaan, organisasi, dan sebagainya. Hal ini terjadi tidak lepas dari perkembangan teknologi yang terus melaju. Jika kamu adalah pelaku bisnis, organisasi, ataupun di bidang lainnya dan perlu mendalami transformasi digital, kamu bisa bergabung bersama kami dan meraih gelar sarjana di College Program dari IDS College jurusan Startup Teknologi(S2). Kami tunggu untuk bergabung, see you there!

Sumber: salesforce.com

Posted in: News



    WhatsApp chat