Microsoft Teams: Sekarang Kamu Bisa “Turn Off Chat” Supaya Meetingmu Nggak Terganggu - IDS Digital College

Microsoft Teams: Sekarang Kamu Bisa “Turn Off Chat” Supaya Meetingmu Nggak Terganggu

Microsoft telah mendengarkan banyak request meeting organizers, termasuk guru yang ingin mendapatkan cara untuk menghalangi para partisipan dari chatting ketika mereka seharusnya fokus pada diskusi atau pembelajaran yang berlangsung. Salah seorang engineer dari Microsoft menjelaskan jika saat ini sudah ada fitur untuk enable dan disable chat selama meeting. 

 

Sebelumnya, admin domain bisa membuat kebijakan untuk melarang chat di semua video meeting. Namun, individu yang memulai rapat tidak bisa menonaktifkan chat per meeting atau ketika meeting berlangsung. 

 

Seorang guru pengguna Teams yang mengeluhkan tentang hal ini berkata jika Zoom memiliki fitur untuk mengontrol chat selama meeting, karena itu ia mengeluhkan hal ini kepada Microsoft Teams. Dengan adanya pandemi ini banyak pembelajaran yang mengharuskan menggunakan aplikasi Teams untuk sesi pembelajaran jarak jauh. 

 

Awal permintaan ini diposting pada Maret 2020 saat pertama kali lockdown diterapkan, sepertinya awal keluhan telah diajukan oleh banyak penyelenggara meeting atau meeting organizer dibanding profesi guru. 

 

“Tolong izinkan penyelenggara meeting untuk bisa mendisable chat untuk sementara selama meeting. Kami sering menemukan banyak orang yang fokus pada chat namun tidak memperhatikan kepada rapat atau diskusi yang sebenarnya. Kami ingin mematikan atau turn off chat di awal meeting, dan menyalakannya kembali pada waktu yang pas,” tulis mereka. 

 

Namun, belakangan keluhan tersebut mulai merembet ke profesi guru. Mereka merasa kesulitan dalam mengontrol kelas online yang sedang mereka ajar. 

 

“Ya, tentu saja. Seorang guru seharusnya bisa mematikan atau menyalakan akses murid untuk chat,” tulis seseorang pengguna anonymous pada 23 Januari kemarin. 

 

“Chat selama meeting berlangsung sangat mengganggu pembelajaran siswa, terutama bagi yang masih muda,” tulis pengguna Teams lainnya. “Merupakan perjuangan untuk menjalankan meeting sekaligus memantau aktivitas obrolan di chat pada waktu yang bersamaan. Mohon dipertimbangkan untuk membuat virus disable chat atau mematikan fitur chat sebagai sebuah prioritas. Karena Teams merupakan platform yang digunakan oleh sekolah kami untuk pembelajaran jarak jauh,”

 

Pada Oktober 2020 kemarin terhitung 115 juta pengguna aktif menggunakan Teams dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan Zoom menyatakan pada November 2020 mereka memiliki 300 pengguna harian yang aktif.

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat