Obama Hingga Jeff Bezos Kena Hack, Inilah Pentingnya Peran Cyber Security - IDS Digital College

Obama Hingga Jeff Bezos Kena Hack, Inilah Pentingnya Peran Cyber Security

Jangan anggap remeh cyber attack atau cyber crime yang terjadi. Terlebih lagi selama pandemi ini tingkat cyber crime yang terjadi terus meningkat. Banyak akun personal hingga bisnis yang terkena hack, bahkan akun milik Barack Obama, Bill Gates dan Jeff Bezos juga sempat terkena hack. Ini merupakan sebuah peringatan untuk tidak meremehkan pentingnya memiliki cyber security yang kuat dan tepat. 

 

Dilansir dari detikinet, Direktur dari Global Research and Analysis (GReAT) bagian Asia Pasifik, Vitaly Kamluk mengungkapkan dalam acara “Kaspersky APAC Cyber Security” bahwa reputasi digital adalah hal yang kerap diabaikan. Padahal hal ini adalah kunci untuk menjaga kepercayaan publik tentang keamanan data yang disimpan, baik untuk individu maupun perusahaan. 

 

“Banyak selebriti seperti Jeff Bezos, Barack Obama, Kim Kardashian, Joe Biden hingga Bill Gates yang akunnya kena hack dan mengirimkan pesan yang sedikit memalukan. Masalahnya, mereka terlalu percaya cyber security yang mereka miliki selalu sempurna,” ujar Kamluk.

 

Kamluk juga menyebutkan tentang kebocoran data yang dialami perusahaan besar seperti Yahoo dengan 3,5 miliar data yang bocor, Sina Weibo sebanyak 538 juta data, tidak lepas juga dari startup Indonesia seperti Tokopedia yang datanya bocor sebanyak 91 juta hingga Lazada sebanyak 13 juta data. Hal ini tidak hanya membuat banyak pelanggan pergi karena kehilangan kepercayaan terhadap mereka namun juga berisiko pada hubungan dengan pemerintah yang bisa terganggu. Kamluk juga menyampaikan jika setiap harinya terdapat data terjual di pasar dark web dengan harga penawaran yang signifikan. 

 

“Jika diteruskan akan menjadi masalah serius di dunia nyata. Serangan ransomware ini bisa membocorkan rahasia internal. Ransomware 2.0 berbeda dengan yang sebelumnya,” jelas Kamluk. 

 

“Modus operandi target ransomware dilakukan dengan infiltrasi dan pencurian data yang kemudian diunggah ke cloud privat, setelah itu data di enkripsi dan dipublikasikan dengan tujuan mempermalukan. Digital reputation secara individual atau bisnis berdampak pada keberlanjutan bisnis, karenanya harus dilakukan pengamanan dengan segera,” lanjutnya. 

 

Kamluk menjelaskan langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan deteksi untuk pencegahan. Bisa dilakukan dengan cara memastikan endpoint security, DLP dan URL filtering. Kemudian lakukan interupsi pada usaha enkripsi data yang dilakukan para hacker. Terakhir dan yang paling penting jika sudah terjadi hacking, pastikan untuk menjalankan aksi legal dengan melaporkannya ke pihak berwajib dan melakukan press release. 

 

“Yang jadi catatan adalah jangan pernah berkompromi dengan penjahat, ujungnya akan selalu ada jebakan,” tegas Vitaly Kamluk. 

 

Jika kamu ingin tahu lebih banyak apa itu cyber security dan apa fungsinya, atau kamu ingin menjadi bagian dari tim cyber security, kini kamu bisa mewujudkannya! Kamu bisa bergabung dengan IDS Digital College dan ambil Jurusan Teknik Informatika yang akan membawamu menuju impianmu!

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat