Pengguna Tiktok Menangkan Hati Masyarakat Selama Pandemi Corona - IDS Digital College

Pengguna Tiktok Menangkan Hati Masyarakat Selama Pandemi Corona

Aplikasi TikTok yang semakin populer belakangan ini, Ia bahkan menjadi salah satu aplikasi favorit pilihan masyarakat di kala pandemi Covid-19 ini. Berbeda dengan aplikasi social media pada umumnya, TikTok menawarkan berbagai jenis fitur, efek, yang terbilang baru dan belum pernah ada di aplikasi lain. Selain itu, TikTok juga menawarkan banyak konten lucu dan kreatif yang dibagikan oleh para penggunanya. 

Dengan adanya social distancing, Sensor Tower menyebutkan jika tidak mengherankan apabila TikTok mengalami pertumbuhan kuartal terbesar saat ini. Karena banyak orang yang mengalami kebosanan dan kejenuhan akibat terbatasnya aktivitas di luar rumah. Mereka membutuhkan hal baru untuk menyalurkan ide kreatif dan berbagi hal-hal receh yang membuat tertawa. Terlebih TikTok kerap menghadirkan berbagai challenge menarik yang bisa diikuti banyak orang. 

Sensor Tower juga mengatakan bahwa pada kuartal pertama saja, aplikasi ini telah diunduh 315 juta kali melalui Play Store dan App Store. Menjelaskan juga bahwa TikTok menjadi aplikasi pertama setelah Facebook, WhatsApp, Instagram, dan Messenger yang berhasil melampaui unduhan sebanyak 2 miliar sejak 1 januari 2014. Merupakan prestasi yang mengagumkan mengingat aplikasi Tik Tok hanya membutuhkan waktu kurang lebih lima bulan saja untuk mendapatkan rekor diunduh sebanyak 2 miliar. Kepopuleran Tik Tok diyakini melejit akibat generasi milenial bergabung dan aktif  dengan aplikasi tersebut selama pandemi Covid-19 ini. 

Dikutip dari Uzone.id, marketing manager tiktok Indonesia Jessica Gautama menyebutkan bahwa, Tik Tok mendukung kreatifitas pengguna melalui efek, fitur, bahkan kampanye menarik setiap minggunya. Jessica berharap TikTok selalu menjadi platform yang nyaman bagi semua penggunanya untuk berkreasi dan berekspresi.

Selain itu, bos Tik Tok sumbang 1,5 miliar rupiah untuk bantu atasi Covid-19 yang menyerang Indonesia. Yiming Zhang, selaku CEO TikTok memberi bantuan tersebut untuk mendukung riset dan pengembangan teknologi alat tes selama pandemi ini menyerang indonesia. Sebelumnya Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 telah menerima sumbangan sebesar 100 miliar rupiah dari Tik Tok Juga. 

Tidak hanya itu selama masa pandemi di bulan ramadhan ini, TIkTok juga memberikan banyak hadiah seperti hiburan spesial dari Siti Nurhaliza. Siti Nurhaliza melakukan live streaming pada 22 April 2020 lalu untuk mempromosikan single terbarunya ‘7 Nasihat”. Acara live yang sekaligus sebagai ajang meet and greet ini ditutup dengan tanya jawab. 

Selain itu, lalu Tik Tok juga memberikan berbagai macam hadiah lain seperti potongan harga untuk film, e-commerce, food & beverage dan masih banyak lagi. Cara untuk mendapatkan hadiah ini adalah dengan mengumpulkan poin yang bisa ditukar dengan TikTok Tiket untuk mendapatkan hadiah atau potongan harga tersebut. Terbaru ketika menyambut bulan Ramadhan, TikTok mengadakan challenge bertajuk #SambutRamadhan. Challenge ini menggunakan background lagu Ramadhan yang dikreasikan semenarik mungkin oleh para user. Tercatat jika challenge ini mendapatkan lebih dari 48 juta views di TikTok. 

Tidak hanya Tik Tok, akibat dari pandemi Covid-19 ini masih ada aplikasi lain yang mengalami lonjakan pengguna. Beberapa aplikasi tersebut adalah Snapchat, Gmail, Youtube juga menunjukkan peningkatan penggunaan dan unduhan dibanding tahun sebelumnya. Bahkan aplikasi SnapChat mampu menumbuhkan basis pengguna hariannya sebanyak 11 juta orang.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat