Pentingnya Network Monitoring Untuk Keamanan Cyber - IDS Digital College

Pentingnya Network Monitoring Untuk Keamanan Cyber

Keamanan Cyber adalah bagian dari keamanan informasi. Ini secara khusus berfokus pada melindungi sistem komputer dan komponennya, termasuk perangkat keras, perangkat lunak dan data dan infrastruktur digital dari serangan dunia maya .

Keamanan Cyber atau disebut juga sebagai keamanan informasi yang mengacu pada praktik untuk memastikan kerahasiaan, kejujuran, dan ketersediaan informasi .

Keamanan Cyber itu terdiri dari teknologi, seperangkat alat yang berkembang, dan lain-lainnya yang dirancang untuk melindungi perangkat jaringan, data-data penting, dan jaringan yang Anda miliki dari serangan atau akses yang mencurigakan . 

Dalam beberapa tahun terakhir, Keamanan Cyber telah dibuat secara intens karena perkembangan pesat dari risiko serangan Cyber baik dalam ukuran dan jumlah, dan tingkat dampak pada individu, pemerintah dan organisasi .

Sebagian besar organisasi yang memiliki kesadaran akan bahaya serangan cyber sekarang menganggap Keamanan Cyber sebagai masalah yang penting .

Keamanan Cyber itu sangat penting karena biaya melakukan kejahatan cyber pada beberapa waktu ini sangatlah tinggi, dan butuh waktu sampai berbulan bulan agar bisa di temukan oleh pihak ketiga tergantung jenis serangannya .

Misalnya, APTs (Advanced Persistent Threats) menggunakan teknik hacking terus menerus untuk mendapatkan akses ke sistem komputer dan dapat tetap di dalam selama berbulan-bulan sebelum dapat ditemukan .

Manfaat dari cyber security yaitu untuk menjaga dan mencegah penyalahgunaan akses maupun pemanfaatan data dalam sistem Teknologi Informasi dari seseorang yang tidak memiliki hak untuk mengakses maupun memanfaatkan data dalam sistem tersebut .

Selain itu, dengan adanya cyber security, reputasi dari perusahaan tetap terjaga, khususnya yang berhubungan dengan pihak pengguna jasa perusahaan tersebut .

Semua Perusahaan yang bertransformasi dari data berbasis digital sangat dianjurkan untuk memperhatikan dan menggunakan cyber security dalam menyimpan, mengakses dan mengambil informasi penting .

Melindungi informasi dan data merupakan kebutuhan sebagian besar perusahaan dan instansi pemerintah di seluruh dunia karena data merupakan aset berharga dari suatu perusahaan dan bisa menjadi masalah di kemudian hari apabila data tersebut jatuh ke tangan orang yang tidak berhak.

Elemen apa saja yang ada pada cyber security ?

  • Dokumen security policy

Merupakan dokumen standar yang dijadikan acuan dalam menjalankan semua proses terkait keamanan informasi.

  • Information infrastructure

Merupakan media yang berperan dalam kelangsungan operasi informasi meliputi hardware dan software. Contohnya adalah router, switch, server, sistem operasi, database, dan website.

  • Perimeter Defense

Merupakan media yang berperan sebagai komponen pertahanan pada infrastruktur informasi misalnya IDS, IPS, dan firewall.

  • Network Monitoring System

Merupakan media yang berperan untuk memonitor kelayakan, utilisasi, dan performance infrastruktur informasi.

  • System Information and Event Management

Merupakan media yang berperan dalam memonitor berbagai kejadian di jaringan termasuk kejadian terkait pada insiden keamanan.

  • Network Security Assessment

Merupakan elemen cyber security yang berperan sebagai mekanisme kontrol dan memberikan measurement level keamanan informasi.

  • Human resource dan security awareness

Berkaitan dengan sumber daya manusia dan awareness-nya pada keamanan informasi.

Apa saja penggunaan istilah cyber yang ada di Indonesia?

  • Cyber Law

Merupakan aspek hukum yang ruang lingkupnya meliputi setiap aspek yang berhubungan dengan orang perorangan atau subyek hukum yang menggunakan dan memanfaatkan teknologi internet yang dimulai pada saat mulai online dan memasuki dunia cyber ataumaya. Payung hukum Cyber Law di Indonesia mengacu ke Undang Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

  • Cyber Security

Merupakan teknologi, proses dan praktik yang dirancang untuk melindungi jaringan, komputer, program dan data dari serangan, kerusakan atau akses yang tidak sah.

  • Cyber Crime

Merupakan aktivitas kejahatan dengan komputer atau jaringan komputer menjadi alat, sasaran atau tempat terjadinya kejahatan di dunia maya.

  • Cyber War

Merupakan perang yang terjadi di dalam dunia internet (maya). Perang tersebut bersenjatakan koneksi internet dan juga komputer. Aktivitas yang terjadi pada cyber war pada umumnya adalah kegiatan hacking dan anti-hacking yang dilakukan secara (resmi) oleh negara. Tujuannya mulai dari mencuri data hingga melumpuhkan sistem yang dimiliki oleh negara musuh.

  • Cyber Attack

Merupakan jenis manuver yang digunakan oleh negara-negara, individu, kelompok, atau organisasi yang menargetkan sistem informasi komputer, infrastruktur, jaringan komputer, dan/atau perangkat komputer pribadi dengan berbagai cara tindakan berbahaya yang biasanya berasal dari sumber anonim yang mencuri, mengubah, atau menghancurkan target yang ditentukan dengan cara meretas sistem yang rentan.

Tetapi keamanan cyber juga membutuhkan network monitoring . Apa sih Network Monitoring itu ? Network Monitoring adalah sebuah sistem yang membantu network engineers untuk memonitor perangkat jaringan sehingga tahu kapan perangkat mati atau hidup . 

Meskipun tidak ada jaringan yang kebal terhadap serangan, sistem keamanan yang stabil dan efisien sangat penting untuk melindungi data klien. Sistem keamanan jaringan yang baik mampu membantu bisnis Anda dalam mengurangi risiko terhadap pencurian data dan sabotage.

Dengan terhubung ke internet berarti Anda akan menerima banyak traffic. Traffic yang besar dapat menyebabkan masalah stabilitas dan dapat menyebabkan kerentanan dalam sistem. Maka dengan peran penting dari Network Security ini dapat memantau hal tersebut dengan baik dari transaksi yang mencurigakan di dalam sistem .

Network Monitoring itu sangat penting untuk keamanan cyber karena bisa membantu untuk memastikan jaringan selalu ada . Fokus Network Monitoring pun hanya pada availability atau ketersediaannya saja . 

Network Monitoring adalah sebuah aplikasi monitoring jaringan di Indonesia yang merupakan salah satu produk dari Indonesian network analytics platform bernama Ketitik. Network Monitoring akan memonitor dan menganalisa perangkat dari pengguna .

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat