Seberapa Penting Dark Mode Digunakan? - IDS Digital College

Seberapa Penting Dark Mode Digunakan?

Skema warna terang-gelap, juga disebut mode hitam, mode gelap, tema gelap atau mode malam, adalah skema warna yang menggunakan teks berwarna terang, ikon, dan elemen antarmuka pengguna grafis pada latar belakang gelap dan sering dibahas dalam istilah desain antarmuka pengguna komputer dan desain web. 

Awalnya, antarmuka pengguna komputer dibentuk pada CRT. Fosfor biasanya berwarna sangat gelap, dan menyala terang ketika berkas elektron menabraknya, tampak berwarna hijau atau kuning kehitaman, tergantung pada fosfor yang diterapkan pada layar monokrom. 

Layar RGB berlanjut sepanjang nada yang sama, menggunakan semua balok diatur ke “on” untuk membentuk putih. Dengan munculnya teleteks, penelitian dilakukan di mana warna dan kombinasi cahaya primer dan sekunder bekerja paling baik untuk media baru ini.

Cyan atau kuning pada hitam biasanya ditemukan optimal dari palet hitam, merah, hijau, kuning, biru, magenta, cyan dan putih. Skema warna yang berlawanan, skema warna gelap-terang, pada awalnya diperkenalkan dalam pengolah kata WYSIWYG, untuk mensimulasikan tinta di atas kertas dan menjadi norma. 

Sementara perdebatan tentang apakah lebih mudah atau lebih sehat untuk membaca teks pada latar belakang yang gelap diperselisihkan oleh peneliti visi dan persepsi, ada perselisihan yang sama antara pengguna. 

Sebuah artikel tahun 2018 oleh Popular Science menunjukkan bahwa “Mode gelap lebih mudah pada mata dan baterai”  dan menampilkan putih pada kecerahan penuh menggunakan sekitar enam kali lebih banyak kekuatan daripada hitam murni pada Google Pixel, yang memiliki layar OLED . 

Sekarang dengan beriringan dengan zaman teknologi yang semakin canggih banyak aneka aplikasi mobile mulai mengusung dark mode atau tampilan gelap .

Dark mode sangat penting digunakan untuk anda yang sering menggunakan ponsel setiap hari , entah itu untuk pekerjaan atau untuk anda yang hobi bermain game hingga mencari hiburan di sosial media . 

Fitur dark mode sangat penting digunakan karena dark mode memberikan banyak keuntungan untuk penggunanya , mulai dari hemat baterai, mengurangi ketegangan mata, sampai mengurangi resiko migrain . 

Meskipun terlihat sepele tapi penggunaan fitur dark mode pada HP sedikit banyaknya bisa membantu untuk membuat mata kamu tetap sehat dan nyaman.

Fitur dark mode juga mampu mengurangi cahaya biru yang menjadi penyebab seseorang mengalami insomnia. Hal ini tentu membantu bagi orang yang menderita kesulitan tidur atau insomnia.

Tren penggunaan fitur dark mode di berbagai aplikasi mobile dimulai sejak dua tahun belakangan ini.

Banyak aplikasi, baik di Android maupun iOS, sudah banyak mengaplikasikan fitur dark mode ini. Kebanyakan dari aplikasi-aplikasi tersebut adalah platform media sosial yang banyak digunakan orang sehari-hari.

Berikut enam aplikasi yang sudah memiliki fitur dark mode : 

1. WhatsApp

Aplikasi pesan instan milik Facebook ini menjadi yang terbaru dalam menerapkan fitur dark mode. Semua penggunanya, termasuk di Indonesia, sudah bisa menggunakan tampilan gelap.

WhatsApp memberikan pembeda antara fitur dark mode di iOS dan Android. Bedanya adalah tema gelap WhatsApp sebagian besar berwarna hitam pekat di iPhone, sementara di ponsel Android berwarna abu-abu gelap.

2. Instagram

Fitur dark mode untuk Instagram juga masih tergolong baru. Platform berbagai foto dan video ini baru mendukung sebagian perangkat saja. Pengguna Instagram bisa memakai fitur dark mode, jika ponselnya sudah update ke Android 10 dan iOS 13. Berikut cara ubah ke tampilan gelap Instagram.

3. Twitter

Pengguna Twitter juga bisa menikmati fitur dark mode loh! Media sosial berlogo burung biru ini bahkan menyajikan dua tampilan dark mode. Pertama tampilan berwarna abu-abu gelap, dan kedua tampilan berwarna hitam pekat .

4. YouTube

Platform video streaming milik Google, YouTube, juga memiliki fitur dark mode yang bisa digunakan oleh penggunanya. Fitur dark mode ini bisa menambah kenyamanan saat nonton video di malam hari atau saat suasana cahaya yang minim. Berikut cara pakainya.

5. Line

Tidak seperti WhatsApp yang masih baru mengaplikasikan fitur dark mode, Line sudah terlebih dahulu memiliki opsi tampilan gelap. Tapi, dark mode di Line masuk kategori tema, jadi pengguna harus download terlebih dahulu secara gratis.

6. Telegram

Pesaing WhatsApp dan Line, Telegram, juga punya fitur dark mode. Tidak hanya itu, Telegram juga memiliki berbagai tema lainnya seperti Line. Berikut cara mengaktifkan dark mode di Telegram.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat