Profesi Software Engineer Paling Dicari - IDS Digital College

Software Engineer, Profesi yang Paling Banyak Dicari Era Revolusi 4.0

Software engineer adalah salah satu profesi yang banyak dicari oleh perusahaan saat ini. Selain gaji yang diterima begitu besar, profesi ini digadang-gadang akan mengalami pertumbuhan yang pesat pada tahun mendatang.

Selain itu, Indonesia tengah bersiap-siap memasuki era revolusi 4.0 yang melibatkan perangkat teknologi dan internet. Tentulah profesi software engineer nantinya yang paling banyak dibutuhkan. Maka dapat dikatakan profesi software engineer memiliki prospek karir yang bagus untuk kedepannya.

Bila tertarik untuk menekuni profesi ini, berikut hal-hal yang harus diketahui mengenai Software engineer:

Pengertian Software engineer

pengertian software

Pengertian Software engineer atau SE merupakan salah satu profesi yang bekerja dibidang IT (Informasi dan Teknologi) yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak (software).

Adapun tugas-tugas yang dikerjakan seperti pemeliharaan, pembuatan, manajemen organisasi pengembagan perangkat lunak serta manajemen kualitas.

Selain itu, seorang software engineer harus bisa melakukan analisa, menyusun spesifikasi, mengimplementasikan, melakukan rekayasa dan memvalidasi suatu rancangan software.

Sebuah organisasi internasional IEEE Computer Society mendefinisikan rekayasa perangkat lunak merupakan suatu pendekatan yang sistematis. Pekerjaan seperti ini melalui pendekatan engineering atas perangkat lunak.

Pada dasarnya, software engineer terlihat mirip dengan profesi programmer maupun sistem analyst. Hal yang membedakan, seorang software engineer wajib menguasai Software Development Life Cycle (SDLC) yang digunakan untuk menguasai pengembangan perangkat lunak.

Seorang software engineer akan membuat sistem komputer sesuai dengan permintaan klien. Adapun tahapannya:

  • Membuat desain dasar-dasar sistem
  • Bekerja sama dengan programmer
  • Sistem yang telah dibuat, akan dilakukan uji coba guna meningkatkan akurasi.

Perbedaan Software Engineer dan Software Developer

Dalam ruang lingkup engineering, dua profesi ini memiliki keterkaitan dan saling bekerjasama. Akan tetapi, software engineer memiliki tanggung jawab yang berbeda dengan software developer.  Untuk lebih jelasnya berikut rangkumannya:

  • Software engineer memiliki tanggung jawab untuk membuat langkah-langkah strategis, melakukan analisa dan mengimplementasikan perangkat lunak sesuai dengan permintaan klien. Sedangkan software developer memiliki tanggung jawab untuk merancang melalui coding dan bahasa pemrograman.
  • Software engineer bertugas melakukan penelitian seperti pengembangan, pengujian dan pemeliharaan perangkat. Sedangkan software developer bertanggung jawab untuk membuat dan membangun sistem berdasarkan arahan software engineer.
  • Software engineer melakukan perancangan perangkat lunak berdasarkan permintaan dan visi perusahaan (klien). Software developer bertugas melakukan tes fungsional dan efisien dari perangkat lunak yang telah dibuat.
  • Software engineer menjalankan tahapan-tahapan SDLC yaitu planning, requirement, design & prototyping, software development, testing, deployment, operation & maintenance. Sedangkan Software developer hanya melakukan proses pemeliharaan, menjaga keamanan dan fungsionalitas dari perangkat lunak yang telah dibuat.

Pekerjaan yang Paling Banyak dicari

Dilansir dari CNBC Indonesia, Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika mengungkapkan Indonesia membutuhkan 9 juta Sumber Daya Manusia dibidang digital sampai tahun 2023. Software engineering merupakan salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari, dengan kisaran gaji Rp 9,5j uta – Rp 20 juta

Dilansir dari Kompas, salah satu keterampilan yang paling laris dalam dunia kerja dalam lingkup Asia Pasifik adalah artificial intelligence. Adapun seseorang yang memiliki kemampuan artificial intelligence adalah software engineer.

Berikut merupakan jenjang karier atau kemajuan dari pekerjaan tersebut:

 

  • Junior software engineer

 

  • Software engineer
  • Senior software engineer
  • Architect/principal software engineer

 

 

Itulah beberapa rangkuman berkaitan dengan profesi software engineer. Kesimpulannya, profesi ini menjadi salah satu profesi yang paling dibutuhkan dimasa mendatang. Software engineer memiliki peranan yang besar dan membuat sistem komputer sebuah perusahaan serta melakukan uji coba aplikasi.

Posted in: News



    error

    Enjoy this blog? Please spread the word :)

    WhatsApp chat