Prospek Kerja Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak - IDS Digital College

Prospek Kerja Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak

RPL adalah singkatan dari Rekayasa Perangkat Lunak dan merupakan sebuah jurusan yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). RPL adalah sebuah jurusan yang mempelajari dan mendalami semua cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

Rekayasa perangkat lunak juga berkaitan dengan software komputer mulai dari pembuatan website, aplikasi, game dan semua yang berkaitan dengan pemrograman dengan menguasai bahasa pemrograman tersebut. Intinya RPL tidak akan jauh-jauh dari tiga hal yaitu Coding, Desain dan Algoritma yang akan menjadi kunci keberhasilan rekayasa perangkat lunak tersebut.

Didalam Coding, Desain dan Algoritma tersebut masih ada Point-Point penting RPL (Rekayasa Perangkat Lunak). Inilah point-point tersebut :

1. Coding

– Pemograman Bahasa Pascal

– Pemograman Bahasa C

– Pemograman Bahasa C++

– Pemograman Bahasa Java

– Pemograman Bahasa Python (*)

– Pemograman Bahasa Delphi (*)

– Pemograman PHP & Mysql

– Pemograman JavaScript

– Pemograman AJAX (*)

– Pemograman Web Server

– Pemograman HTML

– Pemograman CSS

– Dan masih banyak lagi

2. Desain

– Photoshop

– Corel Draw

– Video Editing

– Web Design

– Dan masih banyak lagi

3. Algoritma

– Algoritma Dasar

– Algoritma tingkat Lanjut

– Microsoft Access

– Gerbang Logika

– Basis Data

– DFD (Data Flow Diagram)

– Dan masih banyak lagi

Biasanya selain itu jurusan RPL juga mempelajari tentang Perakitan Komputer, Jaringan Dasar dan masih banyak lagi. Kenapa selalu ada masih banyak lagi? karena jurusan RPL ini bersinggungan dengan teknologi sehingga perkembanganya mengikuti. 

Jadi, kesimpulannya RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) itu tidak sekedar Membuat Program (Software) dan Membuat Web saja. RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) Itu Luas.

Pasti banyak yang bertanya-tanya jurusan RPL itu nantinya kalau lulus bisa kerja apa ? Berikut daftar peluang kerja jurusan RPL:

1. Konfersi PSD ke WordPress

Merupakan pekerjaan yang berperan untuk anda agar mampu memenuhi kebutuhan klien salah satunya mengubah hasil photoshop menjadi file wordpress.

2. Developer IT

Merupakan pekerjaan yang mengharuskan anda dapat mengembangkan perangkat lunak dengan memenuhi kebutuhan klien. Seperti perangkat lunak untuk pendidikan, bisnis, hiburan games, telekomunikasi dll.

3. Programmer

Membuat program sebagai perangkat lunak dari komputer untuk memudahkan fungsi tertentu. Programmer dapat bekerja di segala bidang baik industri, per-televisan, perbankan, media. Jadi peluang kerja jurusan rpl sangat banyak.

4. IT colsultant

Anda bisa bekerja sebagai IT consultant yang berperan dalam perencanaan dan pengevaluasian penerapan IT pada sebuah organisasi. Jadi lowongan kerja smk jurusan rpl banyak, tinggal anda mencari informasinya.

5. System Analyst dan system integrator

Yang nantinya anda harus berperan dalam melakukan analisis terhadap sistem atau program yang berbasis teknologi dan informasi dalam suatu perusahaan dan membuat solusi yang integrasi dan memanfaatkan perangkat lunak. Ini menjadi salah satu peluang kerja lulusan smk jurusan rpl.

6. Database engineer / data base administrator

Berperan dalam perencanaan pemeliharaan basis data (termasuk data warehouse)

7. Web engineer

Bertugas merancang dan membangun website beserta layanan dan fasilitas berjalan di atasnya dan bertanggung jawab dalam pemeliharaan website dan mengembangkannya

8. Computer network / data communication engineer

Bertugas untuk merancang arsitektur jaringan komputer dan melakukan perawatan, pengelolaan jaringan dalam instansi atau perusahaan.

9. Game developer

Anda diharuskan dapat mengembangkan perangkat lunak multimedia game dan

10. Intelligent system developer

Mengembangkan perangkat lunak yang intelegen seperti sistem pakar, image recognizer dll.

11. Software tester

Anda diharuskan dapat berperan khusus sebagai penguji perangkat lunak dan bertanggung jawab atas kebenaran fungsi dari perangkat lunak maupun dari sistem.

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat