Sejarah dan Perkembangan Jaringan Komputer - IDS Digital College

Sejarah dan Perkembangan Jaringan Komputer dari Waktu ke Waktu

Jaringan komputer adalah elemen paling penting di era modern kini. Dengan adanya jaringan komputer, koneksi antar perangkat jadi memungkinkan, dengan menggunakan LAN (Local Area Networks) dan WAN (Wide Area Networks). Adanya jaringan komputer bisa membuat interaksi dan berbagi informasi antar perangkat. Karena jaringan itu kita gunakan setiap waktu dan membantu kita dalam berbagai aktivitas komputer, kita harus tahu mengapa jaringan komputer sangat diperlukan saat ini. Mari kita urai perkembangannya dari tahun 1960-an. 

Sejarah jaringan komputer

Tahun 1960 an

Awal mula adanya jaringan diketahui sekitar tahun 1960-an di Amerika yang bernama United States Advanced Research Projects Agency Network (ARPANET). Dua tahun setelahnya muncul juga Telstar di 1962, dan dirilis juga telepon sentuh di tahun yang sama. Di era ini juga, hadir dokumen Request for Comments (RFC) pertama yang memberikan informasi tentang komunikasi jaringan komputer, prosedur dan protokol jaringannya. Bahkan protokol ini adalah yang pertama untuk ARPANET. 

Di awal tahun kelahiran jaringan ini, hadir juga UNIX, sebuah sistem operasional pertama ditulis yang dengan bahasa pemrograman C. UNIX melengkapi kebutuhan computing di dunia akademik yang memfasilitasi penggunanya untuk menjalankan programnya. 

Amerika juga mengembangkan hadirnya Extended Binary Coded Decimal Interchange Code (EBCDIC), berupa karakter encoding 8-bit. Lalu satu tahun berikutnya, hadir American Standard Code for Information Interchange (ASCII) sebagai pesaing EBCDIC. Hingga akhirnya tahun 1968 ASCII sudah distandarisasi dan meluas di dunia teknologi jaringan dan komputer.

Tahun 1970 an

Di tahun ini adalah lahirnya teknologi LAN yang paling terkenal dan paling marak digunakan yaitu Ethernet. Ethernet lahir dari lab Xerox di tahun 1973 yang beroperasi dengan sekitar 2,94 Mbps tapi akhirnya bertambah menjadi 10 Mbps saat tahun 1980. Dalam hal ini, ternyata Ethernet dari Xerox ini bukan hadir untuk komersial. 

ARPANET juga bertumbuh sangat cepat, hingga banyak universitas dan komputer pemerintah yang tertarik untuk menggunakannya karena mereka merasa dimudahkan. Teknologi juga semakin maju, adanya satelit sangat mendukung ARPANET hingga bisa digunakan di berbagai negara. Bahkan email pertama pun dikirim dengan ARPANET.

Selain ARPANET, di era ini juga hadir TCP (Transmission Control Protocol) yang bisa menghubungkan komunikasi antar jaringan walaupun berbeda jenis. TCP sebagai pelengkap yang menyamakan frekuensi dan berperan sebagai perantara dua jaringan yang berbeda. TCP hadir di penghujung dekade ini, yakni tahun 1977. Karena keberadaan TCP sangat penting yang dapat menyambungkan koneksi antara jaringan yang berbeda, TCP juga diklaim sebagai teknologi fundamental dalam teknologi.

Sejarah jaringan komputer

Tahun 1980 an

ARPANET membedakan akses jaringannya antara untuk pengguna sipil dan militer. Jaringan lain juga mulai dominan digunakan di dekade ini. ARPANET yang awalnya dominan mulai tergeser oleh National Science Foundation Network (NSFNET) pada tahun 1986. Karena semakin banyak jaringan komersial yang hadir, maka ARPANET tidak diaktifkan lagi sejak tahun 1989. NSFNET ternyata lebih mampu dan menjadi pilihan untuk internet masyarakat. Fokus NSFNET adalah untuk memfasilitasi layanan academic research dan bukan untuk aktivitas bisnis tertentu.  Selain itu, di era ini, Ethernet juga mengembangkan jaringan LAN dengan cepat. Mulai hadir versi Ethernet yang komersial, dikenal dengan Thicknet dan Thinnet. 

Hadirnya Network File System (NFS) di era ini memancing permintaan hadirnya Ethernet. NFS juga membuat penggunaan UNIX meningkat di dunia pendidikan dan profesional computing di tahun 1980an. Kemudian di tahun 1982, Token Ring Topology hadir untuk menjadi alternatif internet, dan baru distandarisasi pada tahun 1985. 

Tahun 1990 an – sekarang

Ethernet semakin mendominasi teknologi LAN di tahun 1990an, dan alternatif nya pun semakin bervariasi. Diantaranya Full-duplex Ethernet dan Gigabit Ethernet. Full-duplex Ethernet dengan kecepatan 20 Mbps hadir di tahun 1992 dan setelah distandarisasi pada tahun 1997. Sedangkan Gigabit Ethernet dibuat dengan 1000Mbps yang mulai digunakan pada tahun 1999. 

Dekade ini juga sukses memunculkan teknologi wireless (nirkabel). Di tahun 1997 lahir Wi-Fi standard dengan kecepatan 2Mbps yang bisa menjangkau kecamatan transmisi hingga 25 Mbps dan menggunakan frekuensi 5GHz. 

Jaringan komputer zaman sekarang

Penggunaan Wi-Fi dan Ethernet semakin naik jumlahnya karena teknologi semakin berkembang. Perkembangan jaringan hari ini ditandai dengan kebutuhan low-latency dan jaringan dengan teknologi high-bandwidth. Teknologi juga sudah memiliki 5G dan Wi-Fi 6 yang mendukung kecepatan berselancar di internet. 

Apakah kamu sudah pernah tahu sejarah di atas sebelumnya? Jika belum, maka this is the rightest time for you untuk menggali lebih dalam informasi tentang sejarah teknologi tersebut. Lalu, jika kamu tertarik belajar lebih dalam tentang dunia teknologi, jaringan komputer, dan sebagainya, kamu bisa gabung bersama kami dan meraih gelar sarjana di College Program dari IDS | International Design School jurusan Software Engineering. Kami tunggu untuk bergabung, see you there!

Sumber: enterprisenetworkingplanet.com

Posted in: News



    WhatsApp chat