Sekolah Cyber Security Terbaik di Dunia, Bagaimana Prospek Karirnya? - IDS Digital College

Sekolah Cyber Security Terbaik di Dunia, Bagaimana Prospek Karirnya?

Pesatnya kemajuan di bidang teknologi informasi mempengaruhi kebiasaan di masyarakat sehari-hari. Coba kamu perhatikan, saat ini rasanya sudah tak mungkin lepas dari teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Karena alasan ini juga, berkarir di Cyber Security punya prospek karir menjanjikan di masa yang akan datang.

Buat kamu yang masih asing dengan istilah jurusan Cyber Security, jurusan ini ibaratnya petugas keamanan tetapi khusus di dunia maya. Jurusan ini mempelajari bagaimana cara memproteksi berbagai sektor, baik industri, bisnis, perbankan hingga pemerintahan dari serangan melalui dunia maya atau yang lebih populer disebut cyber attack.

Menjadi pertahanan dari cyber attack ini berarti jurusan cyber security harus selangkah lebih maju dari peretas atau orang lain yang berniat jahat. Karena alasan tadi, cuma ada segelintir sekolah cyber security terbaik di dunia ini. Beberapa di antaranya kita akan ulas di bawah ini.

1. Carnegie Mellon University, Pittsburgh Amerika Serikat
Carnegie Mellon University (CMU) berada di  Pittsburg, Pennsylvania, Amerika Serikat. Berdiri sejak tahun 1900, Universitas ini memiliki Lembaga Keamanan dan Privasi Universitas Carnegie Mellon (CyLab) yang menawarkan gelar di bidang cyber security. CyLab sendiri sudah mendapat pengakuan di Amerika Serikat dan dunia dengan mempublikasikan lebih dari 400 penelitian di bidang security and privacy dalam 5 tahun terakhir. 

2. Indiana University, Bloomington Amerika Serikat
Indiana University dilengkapi dengan Center for Applied Cybersecurity Research (CACR) didanai langsung oleh pemerintah Amerika Serikat untuk melakukan riset di bidang Cyber Security. Ini yang kemudian menjadikan Indiana University punya jurusan terbaik di bidang Cyber Security yang tak hanya mendapat pengakuan di Amerika Serikat, namun juga dunia.

3. California State University, San Bernardino, USA
California State University, San Bernardino punya salah satu jurusan cyber security terbaik di Amerika Serikat dan dunia. Reputasi ini yang kemudian membuat universitas ini ditunjuk sebagai Pusat Keunggulan Akademik dalam Jaminan Informasi oleh Badan Keamanan Nasional dan Departemen Keamanan Dalam Negeri di tahun 2008 lalu.

4. De Montfort University, Leicester, Inggris
Beralih ke Inggris, di negeri Ratu Elizabeth ini ada Cyber Technology Institute (CTI) milik De Montfort University (DMU) yang kehebatannya diakui oleh industri terkemuka dunia seperti Airbus, BT, Deloitte UK, hingga Rolls-Royce. Tak heran jika DMU CTI ini juga diakui sebagai salah satu sekolah cyber security terbaik dunia.

Prospek Karir Cyber Security

Menyandang gelar sebagai sarjana cyber security membuka banyak jalan karir bagi kamu. Profesional di bidang ini dibutuhkan di berbagai industri, mulai dari hiburan, perawatan kesehatan, perbankan, kepolisian hingga di pemerintahan.

Beberapa pilihan karir yang bisa ditekuni mulai dari analis data, administrator jaringan, profesional forensik digital, pengembang perangkat lunak dan masih banyak pilihan spesialisasi lainnya. Kebutuhan akan profesional cyber security ini juga diprediksi akan terus naik seiring dengan perkembangan teknologi siber yang diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari.

Buat kamu yang tertarik berkarir di bidang ini, bisa mulai dengan mengambil jurusan cyber security. Tak perlu jauh-jauh hingga ke Amerika Serikat atau Inggris, karena Indonesia punya IDS Digital College yang punya jurusan cyber security yang tak kalah keren. Kurikulumnya juga bertaraf internasional yang bekerja sama dengan PSG School of Technology, India.

Nah kamu yang sudah tertarik dan ngebet daftar juga tak perlu keluar rumah di tengah anjuran pemerintah untuk di rumah aja. Karena pendaftaran kampus ini bisa dilakukan secara online, sambil rebahan, bisa mendaftar mulai sekarang di halaman ini.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat