Shopaholic, Sebentar Lagi TikTok Bakal Punya Fitur Belanja di TikTok - IDS Digital College

Shopaholic, Sebentar Lagi TikTok Bakal Punya Fitur Belanja di TikTok

Suka main TikTok? Sosial media yang satu ini rencananya nggak cuma bisa cuma buat hiburan aja lho. Kabarnya TikTok akan melebarkan sayapnya ke ranah e-commerce. 

 

Sudah banyak platform media sosial yang sekarang ini disisipi oleh fitur e-commerce atau fitur belanja di dalamnya. Lihat saja Facebook dan Instagram yang sudah memiliki banyak pengguna dengan fitur belanja di dalam aplikasinya. 

 

Kreator Bisa Dapat Cuan dari Fitur Belanja di TikTok 

 

Berdasarkan informasi dari  The Financial Times, TikTok akan berencana untuk memberi peluang lebih banyak pada kreator untuk dapatkan cuan lewat aplikasi ini caranya dengan menghadirkan fitur e-commerce yang rencananya akan launching tahun ini. 

 

Pengguna TikTok bisa memasukkan link produk dalam video mereka. Jika penonton mengklik link tersebut dan membeli produk, maka kreator akan mendapatkan komisi. Berbeda dengan Instagram atau Facebook yang butuh kerjasama endorse untuk mendapatkan komisi. Fitur TikTok ini nantinya nggak butuh kerjasama endorse atai brand tertentu. 

 

Tak hanya itu, TikTok juga sedang mempertimbangkan fitur e–commerce live streaming, seperti fitur Instagram Reels. Jadi kedepannya kreator bisa mengiklankan produk tertentu selama live streaming dan para penonton live bisa beli produknya hanya dalam beberapa kali klik saja. TikTok juga akan memberikan izin pada brand untuk mengklaim semua katalognya di aplikasi. Fitur ini nggak jauh beda dengan fitur katalog pada WhatsApp. 

 

Sebetulnya rencana TikTok untuk melebarkan sayapnya di ranah e–commerce sudah sejak September tahun 2020 lalu, ketika platform sosial media ini mengumumkan kerjasamanya kemitraannya dengan TeeSpring. Kerjasama ini sangat menguntungkan kreator karena memberikan keleluasaan bagi mereka untuk menjual produk mereka di aplikasi. Selain dengan TeeSpring, TikTok juga menjalin kerjasama dengan Shopify yang bertujuan untuk memberikan kesempatan para seller membuat iklan di TikTok itu sendiri. 

 

Calling all shopaholic, pasti kamu udah nggak sabar kan pengen ngerasain fitur baru TikTok ini segara bukan?

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat