9 Perusahaan StartUp Berkolaborasi Bersama MRT Untuk Tingkatkan Ekonomi Digital - IDS Digital College

9 Perusahaan StartUp Berkolaborasi Bersama MRT Untuk Tingkatkan Ekonomi Digital

 

Demi meningkatkan dan mendukung terbentuknya ekosistem digital dalam dunia transportasi, PT MRT Jakarta melakukan kolaborasi dengan 9 perusahaan startup di bidang teknologi lewat program MRTJ Accel. Pada batch pertamanya, program ini telah dilaksanakan sejak augustus 2020 kemarin dengan melakukan kegiatan demo day secara daring. 

 

Demo day sendiri merupakan tahap akhir dari rangkaian kegiatan dalam program MRTJ Accel yang diikuti oleh 9 startup pilihan. Kini perusahaan-perusahaan tersebut akan mulai mengembangkan produk atau jasa mereka dalam ekosistem MRT Jakarta. 

 

William P Sabandar selaku direktur utama PT MRT Jakarta menyebutkan jika MRTJ Accel ini dibuat dengan harapan mampu mendukung kerjasama dengan berbagai pihak startup untuk meningkatkan ekonomi digital dan memberikan kolaborasi yang bermakna bersama anak-anak bangsa. Inisiasi ini juga dilakukan sebagai bentuk kontribusi dari PT MRT Jakarta untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional. 

 

Tahapan demo day ini juga merupakan hal krusial dalam meneruskan strategi integrasi dengan masing-masing startup. “Startup dan MRT Jakarta bekerja keras untuk memberikan pelayanan yang lengkap, aman dan nyaman bagi para pelanggan. Integrasi dengan startup menjadi cara kami untuk mengakselerasi proses inovasi dan digitalisasi di dalam ekosistem MRT,” ujar Nicodemus Winata selaku Head of Business Expansion PT MRT Jakarta. 

 

Kesembilan startup tersebut akan mengenalkan produk kolaborasi mereka yang nantinya akan dinilai oleh para juri. Program MRTJ Accel ini juga merupakan upaya untuk membentuk ekosistem digital yang berkelanjutan dimana mampu memberikan keuntungan bagi kemajuan eksternal dan internal dari kedua belah pihak. 

 

Kolaborasi yang telah terjadi antara MRT Jakarta dan perusahaan startup adalah: 

  1. Pasarpolis, untuk memperkenalkan klaim asuransi yang mudah dan praktis yang bisa diakses oleh penumpang MRT Jakarta. 
  2. Jakarta Bike Hub, menggunakan teknologi high-end dengan first-last mile untuk menunjang mobilitas pengguna dengan mengusung MaaS sebagai fokus utama . 
  3. Bobobox, memudahkan pengguna MRT Jakarta mendapatkan area untuk beristirahat singkat di stasiun MRT Jakarta dengan fasilitas yang ditunjang dengan teknologi tinggi untuk meningkatkan tingkat kenyamanan, keamanan, dan privasi bagi warga Jakarta. 
  4. Rekosistem: startup ekosistem no limbah rekosistem yang sediakan solusi pengelolaan sampah secara digital di MRT Jakarta dan mengolahnya menjadi sebuah energi baru. 
  5. Jejakin: membantu pengguna untuk bertanggung jawab dalam menangani masalah iklim dan melindungi karbon sebagai produk sampingan dari perjalanan harian pengguna MRT Jakarta. 
  6. Nodeflux: program mitra perangkat lunak dari Nvidia Metropolis yang memberikan teknologi analisis wajah dari database MRT Jakarta bersama Nodeflux untuk menghadirkan service IoT yang mampu menunjang keamanan dan pengawasan dalam area publik. 
  7. Main Game: menghadirkan unsur gamification pada aplikasi mobile MRT Jakarta yang dapat diunggah oleh pengguna MRT Jakarta agar pengalaman perjalanan menjadi lebih menyenangkan. 
  8. Sonicboom: mengumpulkan dan memproses mobilitas pengunjung dan pekerja untuk menghasilkan sistem iklan dalam ekosistem MRT Jakarta berdasarkan pada jumlah engagement yang teranalisis lewat sistem IoT. 
  9. Mapid: komputasi awan SaaS yang mengembangkan alat dan sistem informasi geografis untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan memvisualisasikan data geospasial bersama MRT Jakarta dan menyediakan business location intelligence yang dapat diakses oleh partner atau korporasi dalam ekosistem MRT Jakarta.
Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat