Startup Lokal “Sampingan” Dapat Pendanaan Dari Investor Hingga Rp70 M - IDS Digital College

Startup Lokal “Sampingan” Dapat Pendanaan Dari Investor Hingga Rp70 M

 

Dikutip dari Bisnis.com, Startup Sampingan — sebuah platform yang memanfaatkan para pekerja kerah biru baru saja mendapatkan pendanaan untuk pengembangan produk senilai US$5 juta. Pengembangan ini bertujuan untuk menjangkau lebih banyak konsumen, menurut menurut CEO serta Co-Founder Sampingan, Wisnu Nugrahadi.

 

”Kami berterima kasih atas kepercayaan dan dukungan para investor baik yang baru maupun yang telah mendukung kami di putaran pendanaan sebelumnya,” ungkap Wisnu.

 

Pendanaan startup Sampingan sendiri dipimpin oleh investor Altara Ventures, menggandeng Golden Gate Ventures, Antler, Access Ventures, XA Network dan iSeed SEA.

 

Menurut Wisnu, bisnis startup Sampingan hingga saat ini (per tahun 2020) sudah tumbuh hingga 3 kali lipat. Aplikasi Sampingan yang diluncurkan pada tahun 2019 lalu sudah memiliki lebih dari 850.000 mitra baik itu yang berstatus pekerja kontrak atau permanen.

 

Sedangkan menurut General Partner Altara Ventures, Gavin Teo mengatakan jika startup Sampingan memiliki masa depan yang menjanjikan bagi para pekerja di Asia Tenggara.

 

“Pada dekade 2010-an muncul tren ‘Gig Economy’ pada layanan konsumen, yang akan terus berkembang dari sisi bisnis di tahun 2020-an saat ini,” ungkap Gavin.

 

Gavin juga menambahkan jika startup Sampingan berhasil mencocokkan ribuan pekerja lepas (freelancer) dengan lapangan pekerjaan di berbagai bidang yang ada. Mulai bidang logistik, supply chain, hingga layanan lokal.

 

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, Sampingan sendiri adalah sebuah aplikasi yang menjadi penghubung antara para pekerja sampingan dan bisnis owner yang butuh jasa pekerja tersebut. Sampingan terbentuk lantaran banyaknya orang di Indonesia yang saat ini memiliki pekerjaan sampingan. Nama Sampingan dipilih karena sesuai dengan apa yang ditawarkan oleh para pengguna.

 

“Kami juga sebenarnya melihat dari tren makro di Indonesia, bahwa jumlah populasi pekerja yang membutuhkan penghasilan tambahan sebenarnya semakin banyak. Dari situlah kami coba buat aplikasi yang bisa menghubungkan para pekerja ini dengan bisnis-bisnis yang membutuhkan jasa mereka,” ujar Wisnu Nugrahadi dikutip dari infokomputer.grid.id (20/05/2019).

 

Dalam Sampingan terdapat 3 kategori pekerjaan, yaitu akuisisi mitra, pengumpulan data, dan agen penjualan. Nantinya para pengguna yang terdaftar dalam Sampingan disebut sebagai Kawan Sampingan”. Beberapa keuntungan yang bisa diperoleh oleh para Kawan Sampingan ini adalah fleksibilitas dalam bekerja, akses pelatihan, serta pilihan pekerjaan yang bisa disesuaikan dengan skill masing-masing.

 

Gimana, apakah kamu salah satu pengguna startup Sampingan? Atau malah ingin membuat aplikasi sesukses sampingan? Gabung jurusan Sistem Informasi di IDS Digital Collage aja!

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat