TikTok Lakukan Uji Coba Fitur ‘Q&A’ yang Mirip Instagram - IDS Digital College

TikTok Lakukan Uji Coba Fitur ‘Q&A’ yang Mirip Instagram

Pihak TikTok telah mengkonfirmasi jika mereka sedang menguji fitur tanya jawab ‘Q&A’ yang memungkinkan pengguna untuk bisa menanggapi pertanyaan dari audiens secara langsung dengan jawaban berupa teks atau video. 

 

Dilansir dari Tagar.id, fitur ‘Q&A’ ini hanya tersedia pada beberapa kreator yang masuk dalam daftar peserta yang ikut serta dalam uji coba kali ini. Fitur ‘Q&A’ ini bisa digunakan pada video dan streaming langsung atau TikTok Live. 

 

Fitur tanya jawab ‘Q&A’ bukan merupakan fitur baru bagi platform media sosial. Sebelum TikTok, Instagram dan Snapchat telah ramai menggunakan fitur ‘Q&A’ dimana pengguna bisa menggunakannya untuk berkomunikasi dengan para followers dan followingnya. Karena itu fitur ‘Q&A’ ini merupakan salah satu fitur populer yang disukai konten kreator.

 

Jika melihat trend yang sering terjadi pada TikTok, pertanyaan seputar ‘Q&A’ memberikan peran yang besar dalam membentuk tren. Karena banyak kreator yang menanggapi komentar atau pertanyaan dari audiens dengan mengunggah video sebagai balasan jawaban atau penjelasan atas pertanyaan dan komentar yang diberikan. 

 

Fitur ‘Q&A’ juga merupakan sarana dan alat yang tepat bagi para kreator untuk lebih dekat dengan para audiensnya, dimana saat siaran langsung kebanyakan kreator akan menggunakan fitur ini untuk memulai obrolan dengan penonton. Banyak yang menganggap hadirnya fitur ini memberikan banyak manfaat bagi kreator TikTok untuk menjawab dan membaca pertanyaan dengan cara yang lebih sederhana, karena mereka bisa melihat semua pertanyaan audiens dalam satu waktu. 

 

Cara menggunakan fitur ‘Q&A’ cukup mudah. Pengguna bisa membuat komentar atau pertanyaan dengan klik tombol Tanya Jawab di bidang Komentar Video, atau mengirimkan pertanyaan langsung lewat tautan Tanya Jawab yang ada di profil. Dirumorkan tidak akan ada batasan jumlah pertanyaan yang bisa didapat oleh kreator meskipun mereka tidak menjawab semuanya. 

 

Selama uji coba ini, konten kreator TikTok yang bisa merasakannya hanya kreator yang memiliki lebih dari 10.000 followers dan kreator yang sudah mendapatkan fitur tersebut dalam pengaturan mereka yang diberikan secara acak. Selain itu, kreator yang tergabung dalam program Creative Learning Fund TikTok juga bisa menggunakan fitur ini.  TikTok sendiri mengatakan jika fitur ‘Q&A’ sedah dalam tahap pengujian global dan ditargetkan  akan diluncurkan ke lebih banyak pengguna dalam beberapa waktu yang akan datang.

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat