Tips dan Trik Memakai Windows 10 Lebih Optimal! - IDS Digital College

Tips dan Trik Memakai Windows 10 Lebih Optimal!

Pada tahun 2022 lebih dari satu miliar perangkat masih menggunakan windows 20. Sejak dirilisnya windows 10 pada tahun 2015, telah ada pembaharuan besar dan bahkan penambahan sistem operasi baru dari Microsoft. Namun, juara pra-instal tetap berada di puncak teratas untuk saat ini.

Windows 11 sendiri telah dirilis tahun lalu yang hadir dengan peningkatan gratis bagi banyak orang, tetapi dengan perbedaan fitur yang kecil dan kekhawatiran masalah kompatibilitas untuk kepemilikan perangkat lunak, banyak orang terjebak dengan “iblis yang mereka kenal” di Windows 10.

Juga pada tahun 2021, Windows 365 diluncurkan ke dunia. Ini adalah cara baru dalam memandang komputasi desktop, dengan sistem operasi berbasis cloud, dan kemungkinan akan menjadi standar dalam dekade berikutnya atau lebih.

Namun, dengan pembaruan dan dukungan yang dijamin hingga tahun 2025, memasangkan Windows 10 dengan Microsoft 365 (yang dulu disebut Office 365) masih merupakan situasi yang menguntungkan bagi sebagian besar bisnis!

Bahkan setelah bertahun-tahun, konten dan bentuk pembelajaran lainnya mengenai Windows 10 masih diajari kepada banyak orang di setiap hari. Masih banyak tips dan trik untuk dipelajari!

Perlu diingat bahwa Microsoft memperbarui perangkat lunak mereka beberapa kali sepanjang tahun termasuk dengan aplikasi, pengaturan, dan opsi penyesuaian yang baru, jadi jangan lupa untuk memeriksa apakah PC kamu sudah diperbarui dengan Windows 10 terbaru!

  1. Personalisasi Menu Memulai (Start Menu)

Hal pertama yang mungkin kamu perhatikan dengan Windows 10 adalah menu Start yang penuh warna dan terkesan ceria.

Yang dulunya terdapat tombol di bagian bawah layar kini telah berkembang menjadi layar penuh dengan “ubin” langsung yang menampilkan gambar dan bahkan iklan.

Tapi tahukah kamu kalau kamu dapat menyesuaikannya?

Tekan ikon Windows di bagian bawah layar dan buka Start > Settings > Personalization > Start, untuk menyesuaikan tampilan layar

Kamu dapat memilih folder sistem mana yang ingin kamu lihat di sisi kiri, menampilkan aplikasi yang baru ditambahkan, mengatur ulang dan mengubah ukuran ubin, dan banyak lagi. 

Kemudian apakah kamu tidak menyukai menu mulai (Start) yang baru?

Jika kamu lebih suka dengan tampilan menu lama, cukup masuk ke Start> Setting> Personalization> Start, kemudian matikan setiap tombol, kecuali “Tampilkan daftar aplikasi di menu Mulai”, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Dengan begini kamu bisa mengembalikan tampilan menu yang lebih familiar!

Start

  1. Search in pada Windows 10 Quickly and Easily

Fitur pencarian di Windows 10 merupakan fitur yang paling berguna di seluruh OS. Tidak lagi hanya dimaksudkan untuk membantu kamu menemukan file yang salah tempat, fitur pencarian juga terintegrasi ke dalam menu sistem.

Untuk memulai pencarian klik ikon pencarian di kiri bawah layar kamu. Secara default, jendela pencarian menampilkan aplikasi teratas yang kamu gunakan, serta aktivitas terbaru, sehingga kamu dapat dengan mudah mengklik program dan file yang paling sering Anda gunakan.

Cukup dengan mulai mengetik di bilah tugas di bagian bawah jendela pencarian, dan Windows akan memberi Anda apa yang Anda butuhkan.

Jika Anda ingin mempersempit pencarian berdasarkan kategori dengan cepat, pilih salah satu dari 3 ikon yang muncul di kiri atas jendela, seperti yang terlihat di bawah ini.

Dari kiri ke kanan, Anda dapat memandu Windows untuk hanya melakukan pencarian di Aplikasi, Dokumen, atau Web.

Windows Ten Hidden Tips and Tricks (2021)

  1. Gunakan Focus Assist untuk Membuat kamu tetap fokus bekerja

Saat melakukan sebuah tugas pasti ada saja gangguan yang kita terima. Seperti munculnya notifikasi pada interval acak untuk mengalihkan perhatian kita dari apa yang sebenarnya perlu kita lakukan.

Focus Assist hadir untuk membuat Anda tetap jalur yang seharusnya. Satu klik dan Anda akan menghilangkan notifikasi, peringatan, dan lainnya yang mengganggu Anda saat Anda harus tetap di jalur.

Anda dapat menemukan Bantuan Fokus di bawah Settings > System > Focus Assist.

pengaturan tanpa gangguan ini dapat dikonfigurasi untuk menyala secara otomatis selama jam-jam tertentu, atau Anda dapat menjalankannya secara manual saat Anda mempresentasikan atau membagikan layar Anda, untuk mencegah notifikasi yang kadang bisa memalukan saat muncul tiba-tiba!

Anda juga dapat menyesuaikan prioritas notifikasi Anda. Kamu bisa memilah mana kontak yang menjadi fokus mana yang perlu ditanggapi bila terdapat pesan masuk. 

Di bawah pengaturan Focus Assist, pilih “Priority Only.” Di bawah opsi ini, Anda akan melihat “Customize your priority list”, di mana Anda dapat memilih orang-orang penting dan bahkan kamu bisa menerima aplikasi yang ingin diatur pengingatnya.

Hal lain yang dapat mengganggu proses kamu bekerja bisa dikesampingkan, sementara kamu dapat tetap fokus pada tugas-tugasmu..

Tidak perlu khawatir bila kamu melewatkan beberapa notifikasi, Focus Assist akan menampilkan ringkasan dari apa yang telah kamu lewatkan saat Focus Assist diaktifkan. 

Jauhkan gangguan dengan sekali klik!

FocusAssistGunakan Multiple Virtual Desktop untuk mengelola pekerjaan

Kalau kamu hanya memiliki satu monitor, memiliki beberapa desktop virtual adalah fitur yang sangat berguna!

Bahkan jika kamu memiliki banyak monitor, menyulap banyak proyek berbeda di komputer yang sama bisa menjadi tantangan.

Panel Task View di Windows 10 memungkinkan kamu untuk menambahkan desktop virtual dalam jumlah tak terbatas dengan cepat dan mudah. Kamu dapat mengelola tampilan desktop virtual Anda, dan memindahkan aplikasi ke desktop yang berbeda, menampilkan jendela di semua desktop atau menutup halaman di desktop yang dipilih.

Untuk menambahkan desktop virtual, buka panel Task View baru dengan mengklik tombol Task View (dua persegi panjang yang tumpang tindih) pada taskbar di bagian bawah layar Anda, atau dengan menekan Tombol Windows + Tab.

Anda akan melihat semua tugas yang sedang dibuka yang sedang Anda kerjakan, cobalah lihat di kanan atas layar Anda dan Anda akan melihat + New Desktop. Klik + New Desktop untuk menambahkan “desktop virtual” barumu.

Untuk beralih di antara desktop virtual, buka panel Task View dan klik desktop yang ingin Anda alihkan. Anda juga dapat beralih desktop dengan cepat tanpa masuk ke panel Task View dengan menggunakan pintasan keyboard Tombol Windows + Ctrl + Panah Kiri dan Tombol Windows + Ctrl + Panah Kanan.

Sekarang Anda dapat dengan cepat berpindah dari desktop ke desktop untuk menemukan semua proyek berbeda dan tugas yang berkaitan denganmu!

  1. Cloud Clipboard

Berikut adalah fitur yang sangat berguna namun hanya dimanfaatkan oleh sedikit orang. Cloud Clipboard memungkinkan Anda menyalin dan menempelkan teks, tautan, dan gambar dengan mudah di beberapa perangkat.

Untuk membuka menu cloud clipboard, tekan tombol Windows Key + V.

Dengan begitu cloud clipboard muncul, menampilkan konten yang sebelumnya dipotong dan disalin – termasuk teks, HTML, dan gambar berukuran kurang dari 1 MB.

Teks yang disalin dalam riwayat clipboard ini juga dapat dibagikan ke semua perangkat yang masuk ke akun Microsoft yang sama, asalkan teks tersebut berukuran kurang dari 100 kb.

Untuk memilih sepotong konten dari riwayat clipboard, klik kiri di atasnya. Kemudian, pilih tempel dari menu tarik-turun atau tekan Ctrl + V dan Anda dapat menampilkan konten yang dipilih di mana pun yang Anda mau.

  1. Kelebihan Menggunakan Dark Mode dan Night Light

Apakah kamu sering bekerja hingga larut malam hingga dini hari? Terkdang monitor yang terlalu terang dapat menyebabkan sakit kepala dan mata menjadi tegang

  • Dark Mode – Under Setting > Personalization > color, Anda dapat memilih “dark” sebagai mode default Windows atau aplikasi. Menggunakan dark mode akan mengubah layar putih terang menjadi sedikit lebih gelap, membuat sebagian besar aplikasi dan fitur Windows menampilkan teks putih dengan latar belakang hitam atau abu-abu. Anda dapat mencoba menggunakan fitur ini pada waktu yang berbeda dalam sehari, untuk melihat apa yang cocok untuk Anda.
  • Night Light – Saat ini kita semua melakukan panggilan video seperti Zoom hampir sepanjang hari, Anda mungkin memperhatikan bahwa ketika duduk lurus di depan monitor besar Anda, semua cahaya putih yang menyinari wajahmu membuat Anda terlihat terlalu terang. Cukup buka Settings> System> Display dan nyalakan “Night Light”. Night Light, “filter cahaya biru”, dimaksudkan untuk membuat tampilan layar menggunakan warna-warna yang lebih hangat di malam hari untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak dan mengurangi kelelahan mata – tetapi menjalankannya sepanjang hari akan membantu dirimu terlihat JAUH lebih baik ketika melakukan panggilan video tanpa henti.
  1. Amankan Mesin Windows 10 Milikmu

keamanan dasar untuk Windows 10 adalah hal penting yang tidak bisa dilewatkan.

Berikut adalah beberapa tip yang harus diketahui setiap pengguna Windows 10, tetapi perlu diingat bahwa perlindungan keamanan cyber telah menjadi jauh lebih kompleks dan jauh melampaui memastikan PC yang kamu miliki telah mengaktifkan pengaturan yang tepat.

Untuk mendapatkan Cybersecurity yang tepat selalu konsultasikan dengan konsultan keamanan siber yang berkualifikasi untuk mempelajari cara melindungi bisnis atau kantor pusat dengan benar!

  • Tetap perbarui Windows. Secara default, Windows memperbarui secara otomatis. Itu berarti Anda mungkin sesekali mendapatkan pembaruan yang tidak Anda inginkan dan tidak dapat dicegah. Tetapi umumnya, Anda akan menginginkan pembaruan dengan segera – beberapa pembaruan biasanya berupa perbaikan keamanan yang mendesak.
  • Tetapkan kata sandi masuk jika Anda belum melakukannya. Banyak orang tidak ingin repot-repot membuat kata sandi masuk ketika mereka mengatur Windows. Tapi tanpanya, komputermu akan rentan terhadap siapa pun! Buka Settings > Account> Sign-In Option dan di bawah Password, klik add.
  • Pastikan perangkat lunak keamanan Anda berjalan dan mutakhir. Windows 10 hadir dengan perlindungan malware dasar, tetapi kami merekomendasikan tindakan tambahan. Silakan hubungi pakar keamanan TI yang berpengetahuan luas yang dapat membantu memastikan PC-mu terlindungi dengan baik!
  • Perbarui aplikasi dan hapus instalan perangkat lunak yang tidak pernah Anda gunakan. Semakin kecil bersentuhan dengan permukaan, semakin dirimu dibuat aman. Kecilkan dengan mencopot pemasangan aplikasi yang tidak pernah digunakan. Hal itu mungkin bloatware yang disertakan oleh komputer, menghabiskan ruang, dan berpotensi membahayakan keselamatan dan privasimu. kalau Anda tidak menggunakannya, hapus.
  • Pertimbangkan enkripsi. Jika seseorang mencuri komputer-mu dan berusaha masuk atau mengakses file yang tersimpan dari jarak jauh, mereka dapat mencuri data berharga. Pertimbangkan untuk mengenkripsinya. Versi Windows 10 Professional, Enterprise, dan Education hadir dengan BitLocker, yang dapat mengenkripsi drive bawaan atau portable. Sekali lagi, jika Anda merasa tidak nyaman mengonfigurasi jenis pengaturan keamanan ini, konsultasikan dengan ahlinya.
  • Gunakan VPN ketika berada di luar rumah. Hotspot Wifi seluler bisa jadi tidak aman. Jika Anda melakukan sesuatu yang penting, gunakan VPN yang mengenkripsi semua yang Anda kirim dan terima. Perusahaan mungkin sudah menyediakannya, tetapi jika Anda adalah seorang pengusaha tunggal, ada banyak opsi untuk menyiapkan VPN milikmu sendiri.

Jika Anda memerlukan bantuan tambahan tentang Windows, Microsoft 365, atau kebutuhan TI lainnya, jangan ragu untuk menghubungi kami untuk mempelajari bagaimana IDS dapat membantu mengoptimalkan bisnis yang kamu miliki dan menjaganya tetap aman. 

sumber: ntiva.com

Posted in: News



    WhatsApp chat