Tips Mendapatkan Pekerjaan Pertama - IDS Digital College

Tips Mendapatkan Pekerjaan Pertama

Berhasil menyelesaikan perkuliahan menjadi suatu kesenangan tersendiri bagi setiap mahasiswa. Akan banyak rencana yang ingin dilakukan setelah lulus kuliah, seperti ingin melanjutkan kuliah lagi, atau mencari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan dan passion semasa duduk di bangku perkuliahan dulu. Menyandang title fresh graduated kadang membuat para lulusan baru merasa deg-degan menghadapi dunia kerja yang penuh persaingan. Tentu saja keren belum memiliki pengalaman bekerja secara profesional tentunya. Sebelum kamu memutuskan untuk mencari pekerjaan yang cocok denganmu, ada beberapa tips agar kamu bisa mendapatkan pekerjaan pertama.

Mau bereksplorasi. 

Banyak yang mengatakan bahwa bekerja sesuai dengan passion itu menyenangkan. Pendapat demikian tidak selalu terbukti benar, sebab mengikuti passion pasti akan memberi pengaruh besar pada setiap hal yang dilakukan. Sebagai mahasiswa yang baru lulus mungkin kalian belum bisa sepenuhnya menentukan apa potensi kalian, sehingga ada baiknya kalian harus sedikit mengeksplorasi banyak hal dalam karir.

Pertajam skill dan pengetahuan.

Bukan hanya ijazah yang menjadi penentu kamu akan diterima kerja, tapi juga pengetahuan dan apa keahlian yang kalian miliki. Kalian bisa tetap melatih skill dan mempertajam pengetahuan kalian ketika menunggu panggilan interview.

Perbanyak jaringan 

Informasi lowongan pekerjaan tentunya tidak hanya kamu temukan di situs jobseeker saja, tapi juga informasi dari teman-teman atau kenalan yang sudah memiliki pekerjaan. Manfaat dari jaringan pertemanan tentunya memudahkan kamu untuk direkomendasikan jika terdapat pekerjaan yang membutuhkan keahlian yang sesuai denganmu.

Tinjau CV dan resume

Cv yang kreatif dan menarik akan membantumu ketika memasukan lamaran pekerjaan. Tidak perlu terlalu banyak aksen, cukup sederhana dan yang terpenting eye catching. Cv dan resume yang menarik akan membantumu maju ke tahap wawancara. Dan jangan lupa untuk menyesuaikan cv/ resumemu dengan posisi pekerjaan yang dibutuhkan. 

Memberikan kesan dan penampilan yang baik

Saat memasuki tahap wawancara, penampilan yang baik harus tetap dijaga. Jangan lupa untuk berpenampilan rapi dan memberi kesan yang baik pada saat wawancara kerja. Sesuaikan penampilan dengan karakter perusahaan yang akan kamu temui. 

Latihan wawancara

Biasanya, wawancara yang dilakukan perusahaan berdasarkan apa yang kamu tulis di resume dan cv kamu. Karena itu, setidaknya kamu sudah bisa membayangkan apa saja pertanyaan yang mungkin muncul saat melakukan wawancara.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat