TIPS MENGAMANKAN AKUN SOSIAL MEDIA - IDS Digital College

TIPS MENGAMANKAN AKUN SOSIAL MEDIA KAMU!

Penipuan sosial media sudah marak terjadi. Maka, cukup penting untuk mengedukasi para pengguna tentang resiko dan cara mengamankan diri dari berbagai ancaman di sosial media. Artikel ini akan membahas tips mengamankan akun media sosial kamu, so stay tune guys!

MENGAPA PENTING MENGAMANKAN AKUN SOSIAL MEDIA?

Kita cenderung memposting segala hal di akun sosial media kita. Dari mulai foto dengan teman, keluarga, lokasi yang kita kunjungi, dll. Kecuali kalau kita menjadikan akun kita privat, tidak semua orang bisa melihat. Tapi, akun kita pun tidak sepenuhnya terisolasi, karena seringkali akun kita terkoneksi dengan aplikasi yang kita gunakan. Misalnya, kamu bisa mengakses akun Facebook ke Instagram atau Spotify. 

Kalau mau, para hacker bisa meretas akun sosial media kamu, mereka akan dengan mudah mendapat banyak informasi. Bahkan bisa juga sampai mendapatkan akses kartu kredit, atau data penting lainnya. Tapi meskipun sudah ada ancaman bahaya seperti ini, banyak pengguna masih menyepelekan keamanan akun sosial media ini. 

Tapi berita baiknya, dengan bertindak lebih awal dan merubah kebiasan sosial media kita, seperti menggunakan password yang sama untuk sosial media, kamu bisa mengamankan data pribadi dan mengurangi kejahatan siber. Berikut ini beberapa tips untuk mengamankan akun media sosial kamu.

sosial media

  • Menggunakan password yang kuat

Password adalah pertahanan pertama untuk melawan pembajakan. Tapi sayangnya, biasanya para pengguna sosial media, menggunakan password yang sama untuk semua sosial media. Ini yang harus dihindari, bahkan menggunakan pengingat login online juga bisa berbahaya. 

Bahkan jika kamu sudah menggunakan password yang kuat, kamu tetap harus bersiap untuk menggantinya ketika akun sosial kamu mengabari ada aktivitas mencurigakan yang terjadi. Mengatur password baru juga penting ketika kamu mengalami serangan virus di laptop atau komputer kamu.

  • Aktifkan Two-Factor Authentication (2FA)

Salah satu cara paling cocok untuk mengamankan akun sosial media kamu adalah dengan mengaktifkan two-factor authentication (2FA). Fitur ini bekerja saat kamu log in, kamu akan diharuskan untuk memasukkan kode tertentu untuk memverifikasi akun kamu. Dengan ini, kamu akan punya lapisan keamanan tambahan di akun kamu, dan membuat hacker lebih sulit, karena mereka harus punya akses langsung ke handphone kamu dengan aplikasi autentikasi tersebut untuk mendapatkan kodenya. 

  • Siapkan email dan nomor telepon untuk pemulihan

Kamu akan perlu email tambahan untuk mendaftar di sosial media, tapi tidak mesti menambahkan nomor telepon. Bagaimanapun, pastikan kamu menambahkan nomor telepon juga. itu akan memudahkan untuk membuat akun recovery ketika akun dibajak atau tiba-tiba tidak bisa diakses. 

Misalnya, kamu bisa membuat daftar teman yang bisa memulihkan akun melalui profil mereka di facebook. Ketika kamu mengikuti langkah-langkah tertentu, kamu akan bisa mengatur ulang password dari kode tertentu yang bisa dikirim melalui SMS. 

Selain itu, mengecek informasi email secara berkala juga penting. Kebanyakan aplikasi sosial media mengirim informasi jika terjadi sesuatu di akun kamu melalui email. Jangan abaikan, dan lihat updatenya secara berkala. Jadi, jika terjadi sesuatu yang berbahaya, kamu tidak akan terlambat melakukan sesuatu. 

  • Nyalakan notifikasi log in

Notifikasi log in adalah fitur yang tersedia di bermacam-macam aplikasi, tapi tidak semuanya memiliki. Misalnya, kamu bisa mengaktifkannya di Facebook. Kamu akan menerima notifikasi setiap ada seseorang yang mencoba masuk di akun kamu, membuat kamu juga bisa langsung bertindak jika sesuatu hal terjadi. Di instagram, notifikasi ini sudah diaktifkan secara otomatis, instagram akan memberi tahu jika ada log in yang tidak biasanya. 

Beberapa aplikasi memiliki fitur “Login Activity”. Jadi kamu bisa mengecek log in yang dilakukan. Kalau ada yang mencurigakan, kamu bisa mengganti password. 

  • Gunakan pemeriksaan keamanan bawaan

Beberapa aplikasi seperti instagram dan facebook menawarkan fitur keamanan bawaan untuk mengamankan akun kamu. Di instagram, fitur ini akan mengecek apakah kamu sudah mengaktifkan 2FA atau menambahkan nomor telepon ke akun kamu. Kalau belum, kamu akan diajak untuk melakukannya untuk perlindungan maksimal. 

Tapi tidak semua aplikasi punya fitur ini, coba cek saja di pengaturan keamanan masing-masing, semoga saja ada. Pemeriksaan keamanan bawaan ini adalah perbaikan singkat untuk suatu akun jika terjadi ancaman keamanan.

  • Hindari links dan emails yang mencurigakan

Penipuan sangat ramai terjadi di media sosial, sudah menjadi dasar dari segala bentuk penipuan yang seringkali mencari data pribadi kamu. Banyak penipuan datang dalam bentuk permintaan untuk mengakses link. Teman kamu bahkan bisa jadi sumber dari penyebaran link atau email mencurigakan itu.

Kami sarankan untuk mengabaikan email dari media sosial yang kamu daftarkan. Tapi kamu juga harus teliti terhadap email atau link penipuan, karena beberapa sangat mirip dengan alamat email aslinya. 

  • Laporkan penipuan

Jika kamu menerima link mencurigakan dari seseorang, abaikan saja. Kamu harus langsung melaporkan akunnya. Semua aplikasi sosial media menyediakan fitur reprot atau laporkan ini, untuk mengurangi penyebaran informasi spam. 

  • Jangan banyak membagikan tentang diri kamu di sosial media

Hal ini akan menyulitkan para hacker untuk menipu kamu. Untuk hal ini, jika sulit, maka kami sarankan untuk mengubah akun anda menjadi privat. Kamu bisa mengurangi sharing info individu. Seperti sekolah kamu, pekerjaan, dll. Lebih baik mengurangi mengupload sesuatu yang bersifat pribadi di sosial media. 

Akan lebih baik juga jika kamu tidak berteman dengan teman yang tidak kamu kenal. Di media sosial, kita tidak tahu mana akun riil dan akun asli. Jadi, tegaslah untuk memilih siapa yang kamu izinkan untuk melihat akun kamu.

  • Biasakan untuk selalu sign-out saat setelah menggunakan aplikasi

Biasakan hal ini, bahkan jika kamu menggunakan media sosial di rumah, jangan lupa untuk sign out setelah digunakan. Ini akan mengurangi resiko penghuni rumah bisa mengakses akun kamu secara sengaja. 

Kalau bisa, hindari log in ke akun sosial media kamu dari komputer bersama. Akan sangat mudah untuk meretas riwayat ketika menggunakan jaringan publik. Jangan pernah mengaktifkan “remember me” atau “keep me logged in” di komputer bersama tersebut. 

Atau, gunakan sosial media dengan log in melalui browser, dan jangan menggunakan aplikasi. Ini akan lebih mudah untuk log out setelah selesai menggunakan. 

  • Amankan perangkat kamu

Jika sudah log in ke akun media sosial menggunakan perangkat kamu, maka pastikan untuk melindungi perangkat kamu. Tambahkan passcode atau pembuka kunci dengan wajah, untuk menghindari pengaksesan perangkat kamu ketika kamu lengah.

sosial media

FAQ

Apa tanda-tanda akun yang di hack?

  • Adanya pesan atau postingan yang kamu tidak ingat kalau kamu pernah mengirimnya
  • Ada daftar nama teman baru yang tidak kamu tambahkan ke daftar teman sebelumnya
  • Terdapat email pemberitahuan ada login tidak diketahui ke akun kamu
  • Perangkat mencurigakan muncul di data aktivitas log in kamu
  • Tidak bisa masuk ke akun kamu walaupun semua kredensialnya sudah benar

Apa yang bisa dilakukan kalau ada akun yang dicurigai sudah dibajak?

Hal pertama yang harus dilakukan adalah ganti password kamu. Lalu, log out semua akun kamu dari perangkat-perangkat yang tidak kamu ketahui. Kamu bisa juga mengabari teman kamu jika ada pesan atau postingan yang tidak jelas muncul dari akun kamu. 

Haruskah membuat alamat email khusus untuk akun sosial media?

Ide yang bagus. Jika salah satu akun sosial media dibajak, hackers tidak akan bisa mengakses informasi penting lain yang terdapat di email utama. 

Hal-hal diatas adalah langkah preventif untuk mencegah terjadinya pembajakan akun media sosial kamu. Kita harus lebih berhati-hati. Supaya bisa lebih menjaga akun kita, kita bisa aplikasikan hal diatas!

Jadi apakah kamu sudah mengerti dengan tips mengamankan akun media sosial diatas? kalau kamu masih kurang mengerti dan ingin tahu lebih banyak tentang dunia teknologi, kamu bisa kuliah di STMIK IDS | Indo Daya Suvana, di IDS ada berbagai jurusan seperti Cyber Security, Softeare Enginering, dan Multimedia Technology. Yuk belajar bareng di IDS!

Sumber: maketecheasier.com

Posted in: News



    WhatsApp chat