Wajib Baca! Tips Sukses agar Lancar Interview Coding - IDS Digital College

Wajib Baca! Tips Sukses agar Lancar Interview Coding

Wawancara coding merupakan sebuah pengalaman yang menakutkan. Bayangkan saja, kamu interview untuk pekerjaan impianmu dan orang perusahaan akan memintamu untuk berfikir selama satu jam. Kamu akan berada di bawah tekanan, dan kode-kode yang kamu tulis dianalisis secara intens. Kamu pasti akan merasa sangat gugup dan berharap wawancara itu berhasil karena membutuhkan sebuah kerja keras membuat coding tersebut. Karena itu mari simak, tips sukses agar interview coding kamu berjalan lancar!

 

 

1. Muncul dengan Sebuah Rencana

 

Sebelum kamu mulai menulis kode, kamu harus bisa planning tentang bagaimana mengatasi masalah tersebut. Kamu bisa menghabiskan waktu selama 5-20 menit untuk ini. Kamu bisa menggambar diagram dan melakukan percobaan. Misalnya setiap kali kamu mendapatkan masalah grafik atau masalah rekursi. Kamu bisa menggambar pohon untuk mengidentifikasi berbagai status. Bagian mana yang akan kamu lakukan dahulu dan urutannya.

 

Membuat rencana ini sebenarnya adalah hal yang bagus, karena kamu bisa menentukan struktur data dan variabel apa yang dibutuhkan untuk mengantisipasi jika terjadi sebuah masalah. Lebih baik memiliki kode yang rusak dari pada kode yang tidak berfungsi jadi pastikan untuk membuatnya lebih teliti dan hati-hati. Setelah kamu menyelesaikan membuat sebuah rencana ini, kamu bisa kembali menyempurnakan kodemu dengan pendekatan yang lebih optimal.

 

 

2. Selalu Berkomunikasi

 

Karena pewawancara tidak mengerti isi kepalamu, maka kamu harus mengutarakan pikiranmu selama interview. Ini adalah sebuah soft skill penting untuk tetap fokus, karena pewawancara biasanya mengevaluasi bagaimana skill mu dalam menyelesaikan sebuah masalah dan caramu dalam menyelesaikan sebuah masalah. Kamu wajib untuk berbicara tentang hal berikut ini:

 

  • Ketika kamu memiliki sebuah rencana untuk mengantisipasi sebuah masalah
  • Ketika kamu menemukan ada beberapa cara untuk menyelesaikan masalah, dan kamu menemukan cara mana yang paling efisien untuk digunakan
  • Ketika kamu melihat bug dalam kodemu
  • Ketika kamu sudah berada di final code dengan uji coba sebuah kasus untuk memvalidasi kebenarannya.

 

 

3. Selalu Test Kodemu

 

Sebuah kebanggaan ketika kamu menyelesaikan final line dari kodemu, namun jangan salah. Kamu belum selesai jika belum mendapatkan approve dari pewawancara. Jika pewawancara menemukan sebuah bug pada kodemu dan memberitahumu tentang hal itu, maka mereka akan berpikir kamu tidak melakukan test pada coding-mu, padahal itu adalah sebuah praktek dasar yang harus dilakukan dalam software engineering. Karena itu pastikan untuk uji coba kodemu beberapa kali sebelum memastikan itu bebas dari bug.

 

 

4. Tanyakan Tentang Input

 

Sebelum kamu memulai coding, kamu harus berfikir tentang berbagai bentuk untuk inputmu. Kamu harus bertanya beberapa pertanyaan dibawah ini kepada pewawancara:

 

  • Bolehkan input saya menjadi null?
  • Apakah array saya harus diurutkan atau tidak diurutkan?
  • Apakah itu doubly linked list atau singulary linked list?
  • Akankah array saya mengandung negative number?

 

Kenapa bertanya ini bisa membantu? Gampangnya, anggap saja interviwer memintamu untuk menemukan target number dalam array. Jika mereka mengatakan array diurutkan maka kamu bisa melakukan pencarian secara binary. Jika tidak urut makan kamu bisa melakukan pencarian secara linear.

 

 

5. Boleh Meminta Bantuan

 

Mungkin ada situasi dimana kamu tidak tahu apa yang harus kamu lakukan. Tidak apa-apa untuk meminta bimbingan dari pewawancara untuk mendorong kamu ke arah yang benar. Pastikan untuk tidak meminta bantuan secara berlebihan.

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat