WhatsApp: Sembunyikan Status Online - IDS Digital College

Fitur Terbaru WhatsApp Hadir di Indonesia, Sembunyikan Status Online Dari Orang Tertentu

Semua orang sepertinya sudah tidak asing lagi dengan kata whatsapp. Per Juni 2021, jumlah pengguna WhatsApp di dalam negeri mencapai 84,8 juta pengguna alias menduduki peringkat ketiga terbesar di dunia. Sedangkan Pada Januari 2022, Whatsapp menjadi aplikasi perpesanan yang paling banyak diunduh di seluruh dunia. Total, ada 40,6 miliar unduhan di App Store maupun Google Play Store.

Aplikasi chat populer diseluruh dunia ini tengah mengembangkan sejumlah fitur baru untuk platformnya, salah satunya adalah menyembunyikan status online dari orang tertentu. 

Whatsapp terus mengembangkan platformnya dengan meningkatkan berbagai fitur yang telah ada atau memberikan fitur baru. Fitur terbarunya yang menyembunyikan status online dari orang tertentu juga sudah bisa dicoba di Indonesia oleh pengguna WhatsApp versi beta. Tapi sayangnya tidak semua pengguna Whatsapp beta dapat menggunakannya. 

WhatsApp

Whatsapp hanya memilih segelintir pengguna yang beruntung untuk menjajal fitur ini pertama kali.  Yang membuat fitur WA terbaru disukai oleh banyak orang adalah karena pengguna memiliki kontrol lebih untuk menampilkan status online kepada orang-orang yang diinginkannya saja. 

Menurut whatsapp dalam keterangan resminya mengatakan “WhatsApp memahami bahwa status online tidak selalu berarti Anda bersedia untuk mengobrol. Pengaturan baru memungkinkan pengguna untuk mengontrol siapa yang dapat melihat status online mereka,” 

Pengguna WA bisa menentukan siapa saja kontak yang bisa melihat status online tersebut saat dirinya aktif di WhatsApp. Yah, memang terkadang walaupun kita sedang online, kita tetap tidak ingin diganggu atau melakukan percakapan, ya. 

Status online bisa kita lihat di bawah nama kontak pengguna. Status online akan terlihat ketika pengguna tersebut sedang membuka aplikasi whatsapp. Jika kamu tidak sedang melakukan panggilan atau chatting, maka status ini akan hilang. 

Dalam sebuah tangkapan layar dari WABetainfo pada Whatsapp beta Android versi  2.22.20.9. ditunjukkan opsi baru dalam opsi Last Seen & Online.

Nah. Opsi terbarunya terdapat pilihan “menambahkan” tak seorangpun dalam kolom tersebut. Fitur ini disebut-sebut paling dinantikan oleh pengguna lantaran berkaitan dengan privasi.

Sebelumnya juga WA telah menambahkan opsi “kontak saya kecuali (My Contact Except)” pada kolom tersebut untuk memberikan kontrol lebih kepada pengguna terkait siapa yang dapat melihat status online mereka.

Dengan adanya tambahan opsi tersebut, maka nantinya pengguna dapat melakukan kontrol penuh terhadap siapa saja yang diperbolehkan untuk melihat status online mereka, dan ini akan menjadi pelengkap aplikasi whatsapp. 

Kok bisa seperti itu? Hal ini dikarenakan adanya fitur terbaru WhatsApp yang mencakup opsi yang mampu menghilangkan status online mereka sepenuhnya dari orang lain.

WhatsApp

Lalu bagaimana cara membuat status online kita tidak terlihat orang lain?

Ada caranya dalam menyembunyikan status online kita kepada orang lain. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka menu pengaturan atau setting. Lalu kamu bisa mengklik Akun, dan terakhir dilihat dan online (Last Seen and Online). 

Dari situ, pengguna bisa memilih empat opsi yang tersedia untuk menentukan siapa saja kontak yang bisa melihat kapan terakhir pengguna melihat WhatsApp atau status online-nya. Pengaturan tampilan status online ini akan mengikuti pengaturan last seen yang dipilih pengguna.

Maksudnya adalah, ketika pengguna mengaktifkan last seen nya untuk kontak di WA secara pilih pilih, maka pengaturan yang sama juga bisa berlaku untuk status online yang ditampilkan.

Kapan Whatsapp beta bisa didownload?

Sebenarnya kamu sudah bisa melakukan download versi ini sekarang, hanya saja, kamu bisa menggunakannya atau tidak itu yang belum pasti. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwasannya hanya pengguna beruntun saja yang dapat mencoba fitur ini. 

Nah itulah fitur terbaru WA yang bisa kamu coba nantinya ketika versi resminya sudah keluar. Sudah gak sabar pengen coba fitur ini?

.Sumber: tekno.kompas.com

Posted in: News



    WhatsApp chat