WPA2-PSK Sistem yang Menjaga Keamanan WiFi - IDS Digital College

Ternyata WPA2-PSK Sistem yang Menjaga Keamanan WiFi

WiFi

Pasti kita sering sekali menghubungkan perangkat ke jaringan internet dengan menggunakan WiFi. Selain sengaja memasang WiFi untuk pribadi, WiFi juga tersebar di banyak tempat umum. Menggunakan WiFi bisa sangat menyenangkan karena dapat memberikan kecepatan internet yang tinggi dan membantumu terhubung dengan banyak perangkat lainnya.

Saat kamu terhubung pada WiFi, pernahkah kamu memperhatikan kata-kata yang berbunyi jika WiFi tersebut dilindungi oleh WPA2-PSK. 

Sebenarnya apa sih WPA2-PSK itu?

Kalau kamu belum tahu, WPA2-PSK adalah sebuah sistem enkripsi yang berguna untuk mengamankan jaringan WiFi. Sistem tersebut berusaha melindungi data pengguna saat menggunakan jaringan nirkabel seperti WiFi.

Selain, WPA2-PSK sebenarnya masih ada lagi beberapa jenis enkripsi lain, namun model keamanan ini paling banyak digunakan oleh pemilik jaringan WiFi. 

Untuk memahami lebih jelas mengenai apa itu WPA2-PSK, simak pembahasannya berikut ini!

Apa Itu WPA2-PSK

WPA2-PSK adalah singkatan dari Wi-Fi Protected Access Pre-Shared Key yang merupakan salah satu jenis sistem enkripsi keamanan yang digunakan untuk memvalidasi pengguna pada jaringan area lokal nirkabel.

Dengan enkripsi, pengguna WiFi dapat mengamankan data yang mereka miliki saat melakukan transmisi melalui saluran nirkabel antara router atau dengan perangkat jaringan lainnya.

Sistem WPA2-PSK telah dikembangkan sejak tahun 2004, namun sejak tahun 2006 sertifikasi WPA harus digunakan pada seluruh perangkat yang berlogo WiFi harus mendukung enkripsi WPA2. 

Selain dari WPA2-PSK, masih ada WEP dan WPA sebagai algoritma keamanan WiFi. Kehadiran WPA2 terbukti memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi jika dibanding dua sistem enkripsi lainnya. 

WiFi

Cara Kerja WPA2-PSK

WPA2-PSK membutuhkan sebuah router yang memiliki passphrase dengan panjang 8 hingga 63 karakter, untuk mengenkripsi data yang terdapat pada jaringan internet. 

Terdapat dua jenis algoritma enkripsi yang bisa digunakan pada jaringan WiFi bagi pengguna Wifi yang menggunakan enkripsi WPA2-PSK. Yaitu Temporal Key Integrity Protocol (TKIP) dan Advanced Encryption Standard (AES).  

TKIP lebih dahulu dikenalkan bersamaan dengan WPA sebagai pengganti WEP yang dinilai mulai tidak aman. TKIP sebenarnya tidak jauh berbeda dari enkripsi WEP, bahkan tidak begitu aman karena sudah usang. Proses enkripsi TKIP menghasilkan jenis enkripsi WPA (TKIP).

Keberadaan AES dianggap lebih aman bila dibandingkan dengan TKIP. Protokol enkripsi ini dikenalkan bersama WPA2. Jika menggunakan AES maka akan menghasilkan WPA2-PSK (AES). AES juga tidak dikembangkan hanya untuk jaringan WiFi saja, namun juga dapat digunakan untuk mengenkripsi hard drive menggunakan TrueCrypt.

Untuk mendapat keamanan yang optimal saat menggunakan WPA2 maka kamu seharusnya menggunakan AES. WPA2 juga dapat menggunakan TKIP kepada perangkat lama yang kompatibel. Sehingga, perangkat yang mendukung WPA2 akan terhubung dengan WPA2 dan perangkat yang mendukung WPA akan terhubung dengan WPA. Sehingga, WPA2 tidak selalu berarti WPA2-AES, namun pada perangkat yang tidak nampak opsi antara TKIP atau AES, maka umumnya diidentifikasi sebagai WPA2-ES.

PSK pada WPA2-PSK adalah singkatan dari “Pairwise Master Key,” kunci ini bukan kunci yang sebenarnya digunakan untuk proses enkripsi. PSK adalah kata kunci yang digunakan untuk menghubungkan router. PSK tersimpan pada router. Ketika kamu menghubungkan PSK dengan router SSID dan kode berhasil berjalan, maka kamu mengirimkannya untuk di autentifikasi. 

Lalu bagaimana hal tersebut dapat bekerja jika kunci yang dihasilkan selalu berupa kode unik setiap sesinya, sedangkan PSK dan SSID tidak pernah berubah, untuk itulah digunakan AES untuk mengenkripsi.

Sumber: dewaweb.com

Posted in: News



    WhatsApp chat