4 Masalah yang Harus Diperhatikan Dari Keamanan Hosting Web - IDS Digital College

4 Masalah yang Harus Diperhatikan Dari Keamanan Hosting Web

Web hosting adalah sebuah komputer yang terhubung ke internet & dipergunakan untuk menyimpan data website agar dapat diakses secara online.

Segala informasi disimpan di sebuah tempat yang disebut server web hosting. Agar dapat terus tersambung ke internet dan dapat diakses oleh semua orang, server web hosting dikelola dalam ruang penyimpanan data bernama data center. 

Sebenarnya Anda pun dapat menjadikan PC di rumah Anda sebagai server penyimpanan data. Namun, cara ini dipandang sangat merepotkan terutama dalam soal pengelolaan, sehingga tidak banyak orang melakukannya. 

Lazimnya, para pemilik website menggunakan layanan penyedia hosting unlimited murah yang banyak tersedia di internet.

Web hosting juga mempunyai jenis-jenis yang berbeda karena disesuaikan oleh kebutuhan klien. Berikut web hosting yang sering digunakan.

  • Shared hosting

Shared hosting merupakan tipe web hosting yang paling banyak digunakan. Paket ini menjadi pilihan yang pas untuk blog dan website sederhana. 

Ketika Anda bertanya tentang apa itu web hosting, biasanya user akan merujuk pada shared hosting. Dengan shared hosting, Anda berbagi server dengan klien lainnya di provider hosting yang sama. 

Website yang dionlinekan di server yang sama berbagi semua resource, seperti memori, computing power, disk space, dan lain-lain.

Fitur keamanan menjadi faktor yang sangat penting dalam memilih paket web hosting, demi menjamin aktivitas kalian dalam mengelola website. Sistem keamanan yang diberikan oleh penyedia jasa hosting tidak menjadi jaminan bahwa website kalian akan bebas dari masalah keamanan.

  • Cloud hosting 

Cloud hosting merupakan paket yang paling banyak disukai di pasaran karena literally tanpa downtime. Dengan cloud hosting, Anda dapat menggunakan sekelompok server. 

File dan resource direplikasi di setiap server. Ketika salah satu server cloud sibuk atau bermasalah, maka traffic situs Anda akan secara otomatis di-route ke server lainnya dalam cluster.

  • Dedicated hosting

Dedicated hosting memiliki server fisik sendiri yang secara khusus didedikasikan hanya untuk situs Anda. Karena itulah, penggunaan dedicated hosting sangatlah fleksibel. 

Anda dapat mengkonfigurasikan sistem operasi dan software yang ingin digunakan, serta setup keseluruhan aspek hosting sesuai dengan kebutuhan Anda.

Menyewa dedicated server sama bagusnya dengan memiliki server sendiri, tetapi di dedicated server, Anda dibantu oleh customer support yang handal.

  • WordPress hosting

WordPress hosting merupakan bentuk lain dari shared hosting dan dibuat untuk pengguna website WordPress. Server dikonfigurasi secara khusus untuk WordPress dan situs Anda dilengkapi dengan pre-installed plugin terhadap hal-hal penting, seperti caching dan keamanan. 

Karena konfigurasi sudah sangat optimal, maka situs Anda akan loading lebih cepat dan terhindar dari masalah. Acap kali paket WordPress hosting menyertakan fitur tambahan terkait WordPress, tema WordPress yang pre-designed, drag-and-drop page builder, dan tool developer yang spesifik.

menggunakan VPS (Virtual Private Server) hosting, Anda masih berbagi server dengan pengguna lainnya. Akan tetapi, penyedia web hosting telah mengalokasikan beberapa bagian untuk Anda sendiri di server. Hal ini berarti Anda mendapatkan space server yang dedicated dan memperoleh sejumlah power computing dan memory. Selain itu, VPS hosting merupakan pilihan yang tepat bagi pengguna website bisnis yang trafficnya tinggi.

  • VPS hosting

Menggunakan VPS (Virtual Private Server) hosting, Anda masih berbagi server dengan pengguna lainnya. Akan tetapi, penyedia web hosting telah mengalokasikan beberapa bagian untuk Anda sendiri di server. 

Hal ini berarti Anda mendapatkan space server yang dedicated dan memperoleh sejumlah power computing dan memory. Selain itu, VPS hosting merupakan pilihan yang tepat bagi pengguna website bisnis yang trafficnya tinggi.

Web hosting sangat memerlukan keamanan yang sangat penting dan wajib untuk diperhatikan. Web hosting harus menyediakan keamanan yang maksimal untuk melindungi data pelanggan yang tersimpan di server.

Untuk anda yang menggunakan web hosting, anda harus memperhatikan keamanan dari web hosting yang anda gunakan. Berikut ada 4 masalah yang harus anda perhatikan dari keamanan web hosting. 

1. Selalu perbaharui aplikasi yang ada di website kalian, baik itu update wordpress dan update plugin yang kalian gunakan.

2. Jangan lupa untuk menghapus plugin yang sudah tidak digunakan, aplikasi yang lama dan tidak diperbaharui menjadi celah bagi penyusup yang dapat mengacak acak website kita.

3. Gunakan password yang unik dengan beberapa kombinasi huruf besar, angka dan karakter lainnya. 

4. Pastikan computer yang kalian gunakan dalam membuat website bebas dari virus dengan menginstall antivirus, karena virus dalam computer kalian dapat menjadi ancaman terhadap website kalian nantinya.

Itulah 4 masalah yang harus anda perhatikan agar keamanan web hosting anda terjaga.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat