6 Cara Melindungi Bisnis Dari Data Breach - IDS Digital College

6 Cara Melindungi Bisnis Dari Data Breach

Data breaches atau pelanggaran data dapat terjadi ketika hacker berhasil masuk ke sumber data dan mengekstraksi informasi penting di dalamnya. Mereka kemudian akan menyalin, memindah, mencuri, mengubah, dan menggunakan data-data tersebut untuk berbagai tujuan.

Hacker pada umumnya akan mulai melakukan sejumlah serangan ketika mereka mengetahui terdapat kelemahan keamanan dalam suatu sistem. 

Data-data sensitif yang sudah mereka dapat biasanya akan digunakan untuk menggandakan kartu kredit, melakukan penipuan, atau bahkan pemerasan. Data yang dicuri biasanya juga akan berakhir di dalam Dark Web. 

Dark Web tidak dapat diindeks oleh mesin pencari dan Anda memerlukan jenis browser khusus yang untuk bisa melihatnya. Sebagian besar, penjahat menggunakan Dark Web untuk lalu lintas berbagai barang ilegal.

Pelanggaran data dapat merugikan bisnis dan konsumen dalam berbagai cara. Itu adalah biaya mahal yang dapat merusak kehidupan dan reputasi serta membutuhkan waktu untuk memperbaikinya. 

Sepertinya berita tentang pelanggaran data besar-besaran sering muncul di berita akhir-akhir ini. Tapi itu seharusnya tidak terlalu mengejutkan. Seiring kemajuan teknologi, semakin banyak informasi kita telah berpindah ke dunia digital. 

Akibatnya, serangan siber menjadi semakin umum dan mahal. Secara global, biaya total rata-rata yang dikeluarkan perusahaan dari pelanggaran data adalah $ 3,86 juta, menurut sebuah studi oleh Ponemon Institute. 

Ini berarti bahwa $ 148 rata-rata per catatan yang dicuri, kejahatan online adalah ancaman nyata bagi siapa pun di internet. Menurut Symantec, informasi yang dapat diidentifikasi secara pribadi – seperti nama lengkap, nomor kartu kredit, dan nomor Jaminan Sosial – adalah bentuk data paling umum yang hilang karena pelanggaran data pada tahun 2016. 

Dengan informasi keuangan pribadi berada di belakangnya. Korporasi dan bisnis adalah target yang sangat menarik bagi penjahat dunia maya, hanya karena banyaknya data yang dapat ditangkap dalam satu gerakan.

Bagaimana saya bisa membantu melindungi informasi pribadi saya jika terjadi pelanggaran data? Untuk membantu melindungi identitas Anda, penting untuk mengambil langkah-langkah untuk membantu melindungi diri Anda dan informasi pribadi Anda. Berikut adalah 6 cara untuk melindungi bisnis anda dari data breach. 

1. Gunakan kata sandi yang kuat dan aman. 

Gunakan kata sandi yang kompleks dan unik untuk setiap akun online Anda. Melacak semua kata sandi itu bisa jadi sulit, tetapi ada produk, seperti Norton Password Manager, yang dapat membantu membuat tugas ini lebih mudah dikelola.

2. Pantau bank Anda dan rekening keuangan lainnya

Periksa akun Anda secara teratur untuk aktivitas yang tidak biasa. Dan jika perusahaan menawarkan peringatan aktivitas melalui teks atau email, mungkin masuk akal bagi Anda untuk mendaftar.

3. Periksa laporan kredit Anda

Lakukan secara teratur untuk mengetahui apakah pencuri mencoba membuka kartu kredit baru atau rekening lain atas nama Anda. Anda berhak secara hukum atas laporan kredit gratis dari masing-masing dari tiga agen pelaporan kredit utama setiap 12 bulan. Kunjungi annualcreditreport.com untuk informasi lebih lanjut.

4. Ambil tindakan secepat mungkin

Jika Anda melihat aktivitas yang mencurigakan, segera hubungi lembaga keuangan yang terlibat. Jika informasi Anda dicuri karena pelanggaran data, memberi tahu mereka juga. .

5. Amankan ponsel Anda

Jika ponsel Anda tidak memiliki sandi, berikan sandi. Meskipun memasukkan kata sandi setiap kali Anda menggunakan telepon Anda membosankan, ini memberikan garis pertahanan jika perangkat Anda hilang atau dicuri. Pikirkan tentang semua informasi yang dapat diakses penjahat dengan telepon Anda yang tidak dilindungi.

6. Gunakan hanya URL aman

Situs bereputasi baik dimulai dengan https: //. “S” adalah kuncinya. Ini sangat penting saat memasukkan kartu kredit atau informasi pribadi lainnya.

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat