Mengenal Career Apa Saja Dalam Industri Game - IDS Digital College

Mengenal Career Apa Saja Dalam Industri Game

Dari sebuah hobi bermain game hingga pekerjaan penuh waktu, transisi dalam pilihan karier telah terbukti dalam beberapa tahun terakhir. Bidang yang mulanya tidak terpikirkan sama sekali untuk dijadikan sebagai pekerjaan tetap memenuhi mata pencaharian, bidang games kini tidak lagi sekedar hobi, namun mampu menghasilkan pundi-pundi uang.

Industri game adalah sektor besar yang tidak hanya mencakup pengembangan, pemasaran, dan monetisasi game video, tetapi juga produksi, distribusi, dan konsumsi konten yang dihasilkan oleh game video.

Industri video game saat ini sedang berkembang pesat. Seiring dengan perkembangan tersebut maka tentu saja dibutuhkan sumber daya manusia yang kompeten. 

Jika kamu memiliki passion di dunia game, tidak ada salahnya mencoba berkarir di sini. Selain passion kamu juga harus memiliki kemampuan yang bisa kamu dapatkan dari belajar otodidak atau akademis.

Berikut ini adalah beberapa karir yang terdapat dalam industri game yang harus anda kenali. 

1. Game programmer

Salah satu peran yang paling penting dalam industri game adalah game programmer, tanpa programmer maka sebuah game tidak akan bisa diwujudkan. Jika video game artist telah membuat karakter dan animasinya, maka seorang programmer memastikan bahwa karakter dapat dimainkan dan dapat dikontrol dengan baik. Kamu harus memiliki logika pemrograman yang baik dan kemampuan coding untuk menjadi seorang programmer.

Game programmer merupakan bagian dari pengembangan game , adalah pengembangan perangkat lunak video game . Pemrograman game membutuhkan keterampilan substansial dalam rekayasa perangkat lunak dan pemrograman komputer dalam bahasa tertentu, serta spesialisasi dalam satu atau lebih bidang berikut: simulasi , grafik komputer , kecerdasan buatan , fisika , pemrograman audio , dan input .

Untuk game online multipemain masif (MMOG), diperlukan pengetahuan tentang area tambahan seperti pemrograman jaringan dan pemrograman database . Meskipun sering digunakan oleh programmer game profesional, beberapa mungkin memprogram game sebagai hobi.

2. Audio engineer

Audio engineer membantu menghasilkan rekaman atau pertunjukan langsung, menyeimbangkan dan menyesuaikan sumber suara menggunakan ekualisasi dan efek audio, pencampuran, reproduksi, dan penguatan suara. 

Audio engineer mengerjakan “… aspek teknis perekaman — penempatan mikrofon, kenop pre-amp, pengaturan level. Rekaman fisik dari setiap proyek dilakukan oleh seorang insinyur … mur dan baut.” 

Ini adalah hobi dan profesi kreatif di mana alat musik dan teknologi digunakan untuk menghasilkan suara untuk film, radio, televisi, musik, dan video game. 

Audio engineer juga mengatur, memeriksa suara, dan melakukan pencampuran suara langsung menggunakan konsol pencampuran dan sistem penguatan suara untuk konser musik, teater, permainan olahraga, dan acara perusahaan. 

Sebagai alternatif, audio engineer dapat merujuk pada seorang ilmuwan atau insinyur profesional yang memiliki gelar teknik dan yang merancang, mengembangkan, dan membangun teknologi audio atau musik yang bekerja di bawah istilah seperti teknik akustik, teknik elektronik / listrik atau pemrosesan sinyal (musik).

Seorang audio engineer bertanggung jawab untuk merekam musik, suara efek, dan pengisi suara untuk mendukung sebuah game. Selain itu, kamu harus bisa menciptakan suasana dan pengalaman bermain yang sempurna dalam game melalui musik yang kamu buat.

3. Professional gamer

Menjadi seorang gamer professional perlu latihan yang rutin dan berat, game yang kamu kuasai pun tidak bisa asal-asalan. Menjadi professional gamer membuat hidup kamu sepenuhnya hanya untuk bermain. 

Akan ada kepuasan sendiri saat kamu memenangkan sebuah kompetisi game. Professional gamer juga dapat menghasilkan ratusan juta bahkan milyaran rupiah melalui kemenangan turnamen yang disponsori.

4. Game producer

Game Producer bertanggung jawab atas berjalannya sebuah project game. Produser akan menjadi orang yang paling aktif berkomunikasi dengan publisher ataupun perwakilan dari studio luar yang ikut terlibat dalam pengembangan (untuk tim berskala besar). Selain itu kamu akan mempunyai keterlibatan langsung dalam urusan anggaran, manajemen proyek, dan promosi.

5. Video game artist

Seniman yang menciptakan seni untuk satu atau lebih jenis permainan. Dalam video game, artist game bertanggung jawab atas semua aspek pengembangan game yang membutuhkan seni visual.

Setiap video game membutuhkan seniman berbakat untuk menghidupkan ide-ide desainer dengan menciptakan karakter-karakter yang mendukung sebuah game. Tugas seorang video game artist adalah untuk menghasilkan visual dalam game, baik itu 3D ataupun 2D. Jika kamu memiliki kemampuan menggambar yang baik, kamu bisa memilih pekerjaan ini sebagai karier.

6. Game designer

Game designer bagian dari pengembangan permainan, adalah proses mendesain atau merancang konten dan peraturan permainan dalam tahap pra-pembuatan dan perancangan tata permainan, lingkungan, alur cerita, dan karakter selama tahap pembuatan. 

Istilah ini juga digunakan untuk menjelaskan desain permainan yang ada di dalam suatu permainan dan dokumentasi yang menjelaskan desain seperti itu. Desain permainan memerlukan keahlian artistik dan teknis serta kemampuan menulis yang baik.

Banyak orang yang beranggapan seorang game designer berhubungan langsung dengan visual atau desain grafis suatu game. Pada kenyataannya profesi ini bertanggung jawab atas alur permainan dan memastikan para pemainnya dapat menikmati game yang dimainkan. 

Tugas kamu adalah menggambarkan karakter, lingkungan, level permainan, dan visi misi permainan yang akan dibuat. Semuanya digambarkan dalam bentuk ide atau flowchart.

7. Game tester

Jika kamu senang bermain game, maka game tester menjadi profesi yang sangat menarik untuk kamu. Peran seorang game tester sangatlah penting. Kamu harus memainkan game yang sama setiap hari, mengulanginya terus menerus, dan mencoba melakukan hal-hal aneh yang bisa merusak game untuk mencari celah di game yang sedang dikembangkan.

Kamu juga harus memiliki kemampuan bermain game yang baik, ketelitian yang detail, serta harus mampu menjelaskan masalah yang kamu temukan dengan sangat jelas ke programmer untuk diperbaiki.

8. Game journalist

Jika kamu tertarik dengan dunia game dan jurnalistik, tidak ada salahnya mengambil profesi yang satu ini. Profesi ini meliputi pembuatan review game, menulis berita tentang video game, melakukan wawancara dengan pelaku-pelaku di industri game, hingga menyajikan konten-konten yang menarik.

9. Game writer

Game writer harus membuat naskah untuk menguatkan cerita di dalam game. Selain itu kamu juga akan bertanggung jawab untuk membuat semua dokumentasi permainan, seperti instruksi manual dan menu dalam game. Bagi kamu yang hobi menulis tidak ada salahnya untuk mencoba profesi ini.

10. Gamer Youtuber

Siapa sih yang nggak kenal sama Jessnolimit ? Jessnolimit melejit sebagai gamer Youtuber yang memiliki angka subscription fantastis! “Hanya” dari main game di rumah, kamu juga bisa kok menekuni karir bidang video game di dunia maya ini.

Tentu caranya nggak mudah, kamu tetap perlu ketekunan, konsistensi, dan inovasi untuk memberikan konten video yang berbeda dari ribuan gamer Youtuber lain. Tapi, kalau konten videomu menarik, pasti jumlah subscriber pun akan merangkak naik perlahan-lahan, guys!

Apalagi kalau kamu udah sering ikutan kompetisi gaming profesional seperti Piala Presiden, pastinya banyak yang berminat untuk meniru skill gaming-mu!

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat