Startup atau Bisnis Kecil yang Harus Kamu Mulai Terlebih Dahulu? - IDS Digital College

Startup atau Bisnis Kecil yang Harus Kamu Mulai Terlebih Dahulu?

Startup atau bisnis kecil merupakan bisnis yang mempunyai jumlah tenaga kerja kurang dari 50 orang, atau berdasarkan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1995[1] kategori usaha kecil adalah yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp. 200.000.000,00 (tidak termasuk tanah dan bangunan); penjualan paling banyak Rp. 1.000.000.000,00; milik Warga Negara Indonesia, bukan afiliasi badan usaha lain (berdiri sendiri), dan berbentuk usaha perorangan, badan usaha, atau koperasi.

Sedangkan Menurut Financial Accounting Standard Board (FASB) dalam Ahmed Riahi Balkaoui, mendefinisikan bisnis kecil sebagai berikut: Bisnis kecil adalah sebuah perusahaan kecil yang operasinya relatif kecil, biasanya dengan pendapatan total kurang dari $5 juta. 

Perusahaan itu umumnya dikelola oleh pemilik sendiri, memiliki beberapa pemilik lain, jika ada, semua pemilik secara aktif akan terlibat dalam menjalankan urusan-urusan perusahaan kecuali mungkin anggota keluarga tertentu, jarang terjadi pemindahan hak kepemilikan, dan memiliki struktur modal yang sederhana (Balkaoui, 2000:50).

Startup atau bisnis kecil itu memiliki peran yang penting dalam masyarakat. Karena saat pertama kali didirikan, usaha kecil mewakili cara pemilik bisnis menguji sebuah ide bisnis di pasar. 

Bisnis yang bertahan memberi stabilitas ekonomi bagi pemilik dan keluarganya. Bisnis kecil yang menciptakan kesempatan kerja baik untuk para pekerja maupun pemilik bisnis membuat ekonomi lebih stabil. Menyediakan sumber penghasilan yang stabil bagi pemilik bisnis dan pegawainya hanya satu alasan kenapa usaha kecil dianggap penting.

Startup atau bisnis kecil memberi konsumen banyak pilihan tentang dimana mereka akan membeli barang secara retail. Pasar retail memiliki lebih banyak kesempatan untuk berkembang. 

Bisnis retail sangat mungkin menjadi lebih besar, yang berpotensi berkembang menjadi operasi nasional atau internasional. Konsumen bisa membeli barang seperti pakaian di korporasi berukuran kecil hingga perusahaan besar.

Bisnis kecil umumnya merupakan perusahaan perorangan.

Perusahaan perseorangan adalah suatu bisnis yang dimiliki oleh pemilik tunggal sedangkan pengusaha perorangan adalah pemilik dari suatu perusahaan perseorangan. 

Bagi yang hendak memulai bisnis kecil dan yang harus anda mulai terlebih dahulu yaitu bentuk perusahaan perseorangan atau yang juga dikenal dengan bisnis dagang adalah bentuk yang dipandang paling sesuai.

Perusahaan perseorangan merupakan bentuk badan usaha yang biasanya didirikan oleh individu dan dikelola secara mandiri oleh satu orang. 

Umumnya itu modal untuk sebuah perusahaan perseorangan juga berasal dari satu orang saja. Semua orang bebas berkembang membuat bisnis personal tanpa ada batasan untuk mendirikannya.

Perusahaan perseorangan adalah perusahaan yang paling digemari oleh masyarakat karena bentuk usaha ini di kelola oleh satu orang yang mengendalikan semua keputusan, dan menerima seluruh profit, serta bertanggung jawab atas semua hutang dan kewajiban. Tentu saja, selalu ada nilai lebih dan nilai kurang dari sebuah perusahaan, termasuk perusahaan perseorangan.

Contoh bisnis kecil yang harus anda mulai terlebih dahulu itu seperti berjualan makanan di pagi hari, karena kesibukan para pekerja membuatnya memilih untuk membeli yang instan saja. 

Anda juga bisa membuka bisnis kecil seperti tempat laundry karena zaman sekarang merupakan zaman serba praktis, tidak hanya wanita laki-laki single saja yang terkadang menjadi pelanggan. 

Tapi juga para perempuan yang memang merupakan wanita karir. Mencuci pakaian sepertinya terlalu menyita waktu sehingga membutuhkan jasa yang bisa menjadikan semua cucian beres.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat