5 Apps yang Membantu Mahasiswa dalam Perkuliahan - IDS Digital College

5 Apps yang Membantu Mahasiswa dalam Perkuliahan

Di zaman sekarang tak lagi buat para mahasiswa mengerjakan tugasnya, mencatat materi dan sebagainya dengan cara manual (menulis di buku). Meski sekarang kebanyakan mahasiswa masih mengandalkan laptop, ternyata ada loh aplikasi – aplikasi smartphone yang bisa membantu para mahasiswa untuk menyelesaikan tugas perkuliahannya dan segala kegiatan perkuliahannya menjadi lebih mudah dan fleksibel.

Dan bagi mahasiswa sekarang tak perlu repot-repot bawa laptop, sebab cukup dengan mengunduh serba-serbi aplikasi yang dibutuhkan mahasiswa di smartphone yang anda miliki semua tugas dan kegiatan kuliah akan teratasi dengan baik.

Sekarang anda harus lebih memanfaatkan aplikasi smartphone untuk membantu pembelajaran kuliah. Jangan cuma hanya memaksimalkan media sosial saja untuk kegiatan kampus sehari-sehari.

Berikut beberapa aplikasi smartphone yang harus dimiliki mahasiswa untuk membantu perkuliahannya. 

1. Google Drive

Jika pada umumnya untuk menyimpan file seperti tugas-tugas kuliah atau foto kegiatan di memory internal atau memory card smartphone mudah terhapus, smartphone rusak atau eror. 

Sebaiknya biar lebih aman simpan segala dokumen penting kamu di Google Drive. Akun Google Drive ini akan tersambung otomatis dengan akun Gmail.

Dengan aplikasi Google Drive, kamu juga bisa lebih mudah berbagi file ke siapapun. Misalnya antara dosen dengan mahasiswa, antar teman dan sebagainya. 

Biasanya, aplikasi penyimpanan ini sudah terpasang di smartphone milik anda, tapi bagi yang belum memiliki atau sebelumnya tak sengaja terhapus, download di Google Play Store bagi pengguna Android ataupun App Store pengguna iOs.

2. WPS Office – Word, Docs, PDF, Note, Slide & Sheet

Namanya juga mahasiswa, pastinya tak lepas dengan banyaknya tugas-tugas dari setiap mata kuliah. Biasanya tugas-tugas yang diberikan dosen bisa berupa word, excel maupun powerpoint. Nah, bagi anda sekarang bisa menggunakan aplikasi WPS Office + PDF untuk mengerjakan tugas dengan model file apapun. 

Cara kerja WPS Office – PDF sama halnya dengan Microsoft Office yang biasa kamu gunakan di laptop, yaitu kamu bisa membuat dokumen baru, mengedit file, mengubah file dokumen menjadi PDF atau sebaliknya dan sebagainya. Selain itu, anda juga bisa mengirim file langsung ke gmail, whatsapp, google drive dan lainnya.

Tak perlu khawatir, aplikasi WPS Office + PDF ini tersedia untuk semua pengguna smartphone, baik untuk Android atau pun iOs.

3. iPusnas: Perpustakaan Digital Indonesia

Untuk memudahkan anda dalam mengumpulkan berbagai referensi dan bahan-bahan perkuliahan, kamu dapat mengunduh aplikasi iPusnas di smartphonemu.

Aplikasi perpustakaan digital Indonesia yang satu ini selain dapat diakses melalui smartphone juga dapat kamu akses melalui laptop.

Kamu juga dapat menemukan berbagai buku fiksi, kumpulan puisi, refrensi untuk tugas akhir kuliah (Skripsi) dan lain-lain hanya dengan menggunakan aplikasi iPusnas. Tinggal register dengan email atau facebook, kamu sudah bisa mengakses ribuan e-book yang tersedia.

4. Gmail

Di zaman sekarang ini, tentu memiliki email juga telah menjadi suatu keharusan. Hampir seluruh mahasiswa biasanya menggunakan Gmail sebagai surat elektronik mereka untuk mengirimkan beberapa file.

Nah sekarang, untuk itu anda juga wajib dan harus mendownload aplikasi Gmail ini di smartphone. Nantinya anda akan lebih mudah menerima berita dengan leluasa hanya dengan modal jaringan internet dan ponsel saja. Anda pun akan selalu mudah untuk mengirimkan berbagai tugas ke dosen anda.

5. Programming Hub

Bagi anda yang menempuh studi di jurusan IT, rasanya aplikasi ini sangat wajib hukumnya ada di smartphone anda. Lewat aplikasi ini kamu bisa ‘mencontek’ ribuan skrip pemograman dari berbagai bahasa pemrograman populer.

Seperti HTML, PHP, Phyton, Java, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini bagaikan kamus pemrograman yang disimpan dalam smartphone kamu.

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat