5 Aplikasi Rekam Layar Terbaik di Android, Gratis dan Tidak Ribet! - IDS Digital College

5 Aplikasi Rekam Layar Terbaik di Android, Gratis dan Tidak Ribet!

Pengguna smartphone pasti sudah tak asing lagi dengan aplikasi perekam layar atau screen recorder. Aplikasi tersebut berguna bagi kamu yang ingin merekam video, foto, dan file penting lainnya untuk disimpan di galeri atau dibagikan ke platform lain. Terutama bagi yang suka mendemonstrasikan sesuatu. Jika smartphone mu tidak tersedia fitur screen recorder, berikut daftar aplikasi perekam layar terbaik untuk Android yang bisa didapat dengan gratis di Playstore.

1. XRecorder
XRecorder termasuk salah satu dari sekian banyak aplikasi perekam layar yang bisa diunduh secara gratis di Playstore. Aplikasi ini menjadi menarik karena kamu bisa merekam layar tanpa watermark, tidak membutuhkan akses root, dan tidak ada batasan waktu perekam. Pengguna bebas memilih resolusi video hasil rekaman mulai dari 240p.360p, hingga 1080p, 60fps, dan bitrate 12Mbps. Ukuran aplikasinya juga terbilang ringan karena hanya sebesar 10 MB.

2. Mobizen
Diunduh lebih dari 100 juta pengguna, Mobizen bisa didapatkan secara gratis di Playstore. Aplikasi ini pernah mendapatkan penghargaan App Terbaik di tahun 2016, sehingga tidak perlu diragukan lagi kepraktisannya. Beberapa fitur yang ditemui pada Mobizen, yakni adanya opsi penambahan facecam saat melakukan rekaman layar, opsi hasil video dengan resolusi tinggi, dan editing hasil rekaman. Kualitas tertinggi dalam perekaman video Full HD 1080p, bitrate 12Mbps, dan 60 fps sehingga hasil rekaman tampak jernih. Namun, yang perlu diperhatikan Mobizen meninggalkan watermark jika tidak mengaktifkan mode tertentu.  

3. AZ Screen Recorder
AZ Recorder memberikan tampilan yang sederhana. Kamu dapat menikmati sejumlah fitur seperti menjeda saat merekam, tidak ada watermark, antarmuka, Magic Button, Countdown Timer, Trim Videos, dan tidak perlu akses root di perangkatmu. Ukuran aplikasinya memakan memori sebanyak 18 MB. Kamu dapat merekam layar dengan hasil video HD dan Full HD, serta merekam audio lewat mic dan otomatis ditambahkan ke video screencast.

4. DU Screen Recorder
Aplikasi satu ini memang populer di kalangan pengguna Android. DU Screen Recorder mengutamakan berbagai fitur dan kemudahan bagi penggunanya. Dengan sekali sentuhan, kamu sudah bisa mulai untuk merekam layar. Kelebihan dari aplikasi perekam layar DU Screen Recorder, yakni mendukung lebih dari 20 bahasa dalam satu aplikasi, memberikan hasil video rekaman dengan kualitas tinggi, tidak membutuhkan akses root, dan minim iklan. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur editing dan fitur khusus untuk melakukan streaming. Tak heran, dengan berbagai keunggulan yang ada membuat DU Screen Recorder diunduh. Aplikasi ini menyisakan watermark di hasil video.

5. Google Play Games
Bagi yang tak ingin ribet menginstall aplikasi baru di Android mu, Google sudah menyiapkan aplikasi bawaan di Google Play Games. Aplikasi ini ternyata menyediakan fitur perekam layar yang tampilan dan cara penggunaannya mudah. Perekam layar Google Play Games mendapat dukungan langsung dari Google sehingga memiliki sistem keamanan terjamin, menghemat data, dan tidak menguras RAM. Menariknya lagi, aplikasi ini juga terintegrasi dengan berbagai games yang terpasang di smartphone, ukurannya ringan, dan mudah digunakan. Selain itu, tersedia fitur kamera dan suara mic yang bisa diaktifkan dan nonaktifkan. Namun, kamu belum bisa mendapatkan hasil video rekaman dengan kualitas tinggi. Screen Recorder pada Google Play Games hanya menyediakan kualitas video SD 480p dan HD 720p. Selain itu, fitur bawaan dari Google ini hanya bisa digunakan untuk merekam permainan saja.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat