Kenali Fitur Penerjemah Real Time di Google Assistant, Bisa Membantumu Berkomunikasi dengan Orang Asing - IDS Digital College

Kenali Fitur Penerjemah Real Time di Google Assistant, Bisa Membantumu Berkomunikasi dengan Orang Asing

Google merupakan perusahaan raksasa yang memberikan jasa dan produk internet untuk memudahkan kehidupan sehari-hari. Google Assistant termasuk salah satu fitur unggulan dan populer yang diluncurkan Google. Fitur tersebut telah lama ada dan bisa dijumpai pada iOS, smartphone, juga perangkat Android lainnya. Sekarang, Google Assistant menyediakan fitur penerjemah real time yang dapat memudahkanmu. Berikut penjelasan lebih dalam tentang fitur penerjemah real time dan keunggulan apa saja yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan Google Assistant.

1. Menerjemah Secara Real Time
Fitur transkripsi baru Google Translate memungkinkan kamu untuk mengetahui terjemahan dari rekaman audio bahasa asing yang diucapkan lewat sebuah teks. Hasil teks diterjemahkan secara real time oleh kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) tanpa jeda dalam prosesnya. Fitur yang bisa dijumpai pada Google Assistant ini memudahkan penggunanya untuk berbicara dengan bahasa apapun dan melakukan percakapan dengan orang asing secara langsung. Tersedia 44 bahasa yang dapat diterjemah mulai dari Inggris, Perancis, Jerman, India, Portugis, Rusia, Spanyol, bahkan Thailand. Hal tersebut berarti, kamu bisa mengerti berbagai bahasa yang diucapkan dari hasil terjemahan Google.

2. Dapat Digunakan Untuk Berbagai Kepentingan
Penerjemah real time dapat digunakan di berbagai kondisi dan kepentingan umum lainnya. Mulai dari pidato, perkuliahan, hingga hasil rekaman audio bahasa asing dari sejumlah acara. Penggunaannya juga mudah. Kamu cukup memegang ponsel yang didekatkan ke pengeras suara atau objek tertentu, lalu kamu sudah bisa mengetahui terjemahan dari audio melalui bantuan Google Assistant tanpa harus mengetik kata per kata. Sungguh praktis bukan?

3. Berguna Saat Traveling
Bagi ingin bepergian ke luar negeri, kamu akan dibantu dengan fitur penerjemah real time ini. Kamu bisa melakukan percakapan dengan orang lain menggunakan bahasa asing. Google Assistant hadir di smartphone siapapun untuk menemani pengguna pergi kemanapun. Cara penggunaannya praktis dan tidak butuh aplikasi tambahan. Sehingga tidak memakan terlalu banyak ruang penyimpanan di smartphone-mu. Fitur ini juga bisa dijadikan sebagai sarana pembelajaran bagi kamu yang ingin memahami bahasa asing. Untuk memulainya, ponselmu harus terkoneksi dengan internet.  

4. Bebas Melakukan Custom
Tidak hanya bisa menerjemah bahasa secara real time atau langsung tanpa jeda, fitur ini juga memberikan sejumlah opsi yang bisa dicustom penggunanya. Kamu dapat menjeda atau memulai ulang transkripsi dengan mengetuk ikon mic. Tersedia tampilan dark mode dan pengguna bebas menyesuaikan ukuran teks. Namun perlu diperhatikan, hasil terjemahannya tidak terlalu akurat. Sehingga akan lebih baik jika tidak menerjemahkan kalimat yang kompleks. Google juga menyarankan untuk berhati-hati ketika ingin menggunakannya dalam diskusi penting karena bisa saja terjadi misleading (kesalahan) dalam penyampaian informasi.

5. Cara Menggunakan
Cara menggunakan fitur penerjemah real time sangat mudah. Pertama, buka aplikasi atau layanan Google Assistant pada perangkatmu. Bagi pengguna Android cukup tekan tombol home (utama) beberapa lama. Setelah muncul tampilan Google Assistant, tinggal katakana “Hai Google, jadilah penerjemah bahasa Jerman” atau bahasa yang ingin kamu terjemahkan. Setelah mengucapkan kata tersebut, maka akan muncul pilihan transkrip melalui audio terjemahan pada tampilan. Setelah itu, kamu sudah bisa menggunakannya untuk menerjemahkan bahasa asing. Fitur ini juga menawarkan beberapa balasan default pada Gmail agar membantu percakapan terus berjalan.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat