Tips dan Cara Agar Email Anti Hacker, Langsung Praktek Yuk! - IDS Digital College

Tips dan Cara Agar Email Anti Hacker, Langsung Praktek Yuk!

Aktivitas di dunia maya kini menjadi trend dan diikuti oleh berbagai kalangan. Semakin banyaknya pengguna, siapa sangka jika penggunaan internet rentan dan tidak jauh dari istilah kebocoran data. Bocornya data sebagian besar berasal dari serangan siber dengan niatan untuk mengambil dokumen tertentu. Salah satu jalan yang digunakan yaitu layanan email berbasis web, termasuk gmail. 

Tak perlu panik dan takut berlebihan. Ada banyak tips agar email dapat terhindari dari peretas. Seperti tidak memberitahu alamat email serta password kepada siapapun, kecuali orang terpercaya. Selain itu, jangan menuliskan alamat email serta password ke web yang tidak terpercaya. Nah, untuk lebih lengkap mengenai cara agar email aman dan anti hacker, bisa cek di ulasan berikut ini. 

1. Pakai Kombinasi Password Sulit
Password atau kata sandi kini menjadi kunci penting dalam sebuah akun. Untuk menghindari email dari peretas, kamu bisa menggunakan kombinasi password yang sulit diketahui orang. Beberapa password yang perlu dihindari atau bahkan diganti yaitu memakai angka berurutan, pakai kata ‘password’, hari ulang tahun hingga hari jadian dengan pasangan. Sebaiknya pakai dengan kombinasi huruf besar kecil dan tidak perlu keluar rumah kalau tidak penting.

2. Aktifkan Verifikasi 2 Langkah
Tips agar email anti hacker yaitu memakai cara verifikasi 2 langka. Cara ini terbilang tepat lantaran kamu dapat mengetahui apa saja transaksi harian dalam email. Saat ada yang mencoba membobol email, kamu juga dapat pemberitahuan. Sehingga dapat meminimalisir angka kebocoran data.

3. Recovery Email dan Phone
Canggihnya teknologi membuat banyak orang dimudahkan dalam menjalankan aktivitas. Namun, lagi-lagi bahaya terus mengintai. Nah, cara lain agar terhindari dari peretas adalah melakukan recovery email dan phone secara berkala. Pastikan kata sandi dan hal penting lainnya disembunyikan dan tidak asal di bagian kepada orang.

4. Pantau Perangkat yang Akses Email
Ketika ada peretas yang mencoba membuka alamat email, pastinya kamu langsung mendapatkan pemberitahuan. Hal ini menjadi keuntungan memakai fitur verifikasi 2 langkah. Namun, cara tersebut bakalan percuma jika kamu tidak memantau perangkat yang mengakses email. Bisa saja, aktivitas mencurigakan telah berlangsung dan membuat data mengalami kebocoran .

5. Hindari Membuka Email Spam
Sebagai pekerja yang menggunakan email sebagai perangkat bekerja, keamanan data perlu dijaga dengan baik-baik. Cara berikutnya agar email anti hacker yaitu menghindari membuka email spam. Pasalnya, bukan tidak mungkin jika email tersebut berisikan link yang berisi phising

Selain email spam, teknik phising juga bisa dilakukan karena pengisian formulir online. Sebagian besar korbannya merupakan orang yang tergiur dengan barang gratis. Nah, salah satu yang terkenal dengan formulir tersebut ada Game Clash of Clans. Hal ini tidak lain karena member diminta memasukkan alamat email dan kata sandi.

6. Ganti Password Secara Berkala
Peretasan dengan email kini memang marak terjadi. Namun, kamu bisa menghindarinya dengan rutin mengganti password email. Pastikan dengan kombinasi sempurna sehingga semakin sulit untuk ditembus. 

Tingkat keamanan data di internet menjadi topik paling menarik. Apalagi setelah banyaknya isu kebocoran data dari aplikasi, baik iOS maupun Android. Tak hanya menyerang aplikasi, email pun menjadi sasaran empuk. Nah, agar terhindar dari peretas, cara di atas bisa dipraktekkan. Sangat mudah dan tidak rumit. Pastinya, data aman dan terkendali. 

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat