5 Jenis Cyber Security untuk Keamanan Perusahan - IDS Digital College

5 Jenis Cyber Security untuk Keamanan Perusahan

Ekonomi global diperkirakan akan menanggung kerugian sebesar 6 Triliun US Dollar akibat serangan siber pada tahun 2021. Selama satu dekade terakhir, peningkatan eksponensial dalam penggunaan internet telah diamati. Konsumsi internet meningkat karena kehadiran smartphone dan laptop yang sudah menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari.

 

Terlepas dari banyaknya atribut internet, tantangan utama yang dihadapi oleh hampir semua perusahaan yaitu terjadinya serangan cyber dan malware. Artikel berikut akan membahas lima jenis teknik keamanan siber yang membantu mengurangi serangan siber di antara perusahaan dan organisasi.

 

Keamanan Siber Infrastruktur Kritis

Teknik keamanan siber infrastruktur kritis digunakan untuk mengamankan sistem yang memiliki infrastruktur kritis (sistem yang sangat diandalkan masyarakat). Beberapa di antaranya, Jaringan Listrik, Penjernihan Air, Lampu Lalu Lintas, Pusat Perbelanjaan, Rumah Sakit, dan lain-lain.

 

Untuk mengurangi kemungkinan malware dunia maya atau mengurangi serangan dunia maya, organisasi bertanggung jawab dalam menjaga infrastruktur dengan mengakses titik-titik rentan untuk melindungi bisnis. Organisasi yang memanfaatkan infrastruktur kritis juga harus mengevaluasi jumlah kerusakan yang disebabkan oleh serangan cyber. Mereka wajib memiliki rencana darurat untuk membantu bisnis supaya tidak menanggung beban serangan dunia maya.

 

Keamanan Jaringan 

Keamanan jaringan merupakan teknik yang memungkinkan organisasi mengamankan jaringan komputer dari penyusup, penyerang yang ditargetkan, dan malware oportunistik. Karena Internet memiliki bermacam-macam jaringan yang terkait dengan berbagai situs web, organisasi kerap menjadi sasaran intrusi yang tidak sah.

 

Selain itu, karena banyak situs web berisi cookie pihak ketiga, aktivitas pengguna juga dilacak. Terkadang hal ini terbukti bermanfaat bagi organisasi untuk mengembangkan bisnis mereka, tetapi seringkali malah menjadi mangsa penipuan dan eksploitasi seksual. Salah satu cara untuk melawan serangan dunia maya dan malware yaitu dengan menggunakan program keamanan untuk memantau jaringan dan infrastruktur internal. Para ahli menyarankan metode berikut untuk meningkatkan keamanan jaringan:

  • Login Ekstra
  • Kata Sandi Baru
  • Program antivirus
  • Firewall
  • Mode penyamaran
  • Akses Internet yang dipantau
  • Enkripsi

Keamanan Cloud

Selain infrastruktur kritis dan keamanan jaringan, ada juga sistem keamanan berupa cloud. Banyaknya jumlah data pada sebagian besar organisasi menjadi sulit bagi mereka untuk menyimpannya dalam bentuk fisik. Seringkali data tidak terstruktur dan berasal dari sumber yang tidak diketahui sehingga menyebabkan potensi ancaman terhadap jaringan.

Oleh karena itu, Amazon Web Services, Microsoft Azure, dan Google Cloud menghadirkan platform komputasi awan (cloud), yang memungkinkan pengguna dapat menyimpan, dan memantau data dengan menerapkan alat keamanan. Kemungkinan serangan cyber dapat berkurang karena pengguna akan diberikan daya yang diamankan dengan mengintegrasikan sistem platform keamanan cloud.

 

Keamanan Internet of Things (IoT)

Internet of Things sedang diamati menjadi alat selanjutnya untuk revolusi teknologi. Bahkan laporan dari Bain and Company memperkirakan ukuran pasar IoT meningkat sebesar 520 Miliar US Dollar pada tahun 2021. Bentuk jaringan keamanan IoT menyediakan berbagai peralatan penting dan non-kritis kepada penggunanya, seperti sensor, printer, dan router wifi diantara router. Organisasi diberikan analitik berwawasan, sistem tertanam lama, dan jaringan aman ketika mulai mengintegrasikan sistem dengan keamanan IoT.

 

Keamanan Aplikasi 

Aplikasi juga rentan terhadap serangan dunia maya atau malware seperti jaringan. Keamanan aplikasi menggagalkan pelanggaran keamanan cyber dengan mengadopsi metode perangkat keras dan perangkat lunak pada fase pengembangan proyek. Perusahaan dan organisasi dapat mendeteksi kumpulan data sensitif dan mengamankannya dengan menggunakan bantuan jaringan keamanan aplikasi khusus. Metode yang berhubungan dengan keamanan aplikasi adalah:

  • Program Anti-virus
  • Firewall
  • Program Enkripsi
Posted in: News


WhatsApp chat